Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI MIN 1 Kutai Kartanegara

  • Muhammad Idris MIN 1 Kutai Kartanegara
  • Lailatul Fitri UIN Sultan Aji Muhammmad Idris Samarinda
  • Ahmad Fadhel Syakir Hidayat UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pembelajaran PPKn, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap profesionalitas guru dan meningkatkan kualitas pembelajaran agar mampu memiliki nilai akademik yang baik dan untuk mengetahui apakah penggunaan Problem Based Learning pada Mata Pelajaran PPKN dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa Kelas VI MIN 1 Kutai Kartanegara. Penelitian ini  merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti Dan guru, Dengan subyek  penelitiannya  adalah  siswa Kelas VI MIN 1 Kutai Kartanegara yang berjumlah 17 anak. Pengumpulan data  dilakukan  dengan  observasi dan  tes. Penelitian ini dilakukan melalui dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Hasil   penelitian   menunjukan   bahwa metode Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar  siswa pada  mata  pelajaran  PPKN.   Hal   ini ditunjukkan   dengan   adanya   peningkatan hasil belajar  siswa.  Penelitian Tindakan Kelas mengenai peningkatan hasil belajar siswa diperoleh hasil bahwa rerata kelas pada kondisi awal sebesar 66,3 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 24% Pada siklus I, rerata kelas sebesar 72,0 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 65%. Pada siklus II, rerata kelas sebesar 86,4 dengan tingkat ketuntasan secara klasikal sebesar 100%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas yang dilakukan dari kondisi awal sampai pada akhir siklus II menunjukkan adanya peningkatan baik dari segi aktivitas maupun kemampuan siswa.

References

Amir, M. T. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Prenada Media, 2016. https://books.google.co.id/books?id=qv-iDwAAQBAJ.
Anadiroh, Manapiah. “Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL).” Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019.
Aritonang, Keke T. “Minat Dan Motivasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Pendidikan Penabur 7, no. 10 (2008): 11–21.
Asyafah, Abas. “Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam).” TARBAWY: Indonesian Journal of Islamic Education 6, no. 1 (2019): 19–32.
Audie, Nurul. “Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2:586–95, 2019.
AWALIYAH, S., EDI SUHARTONO, and M. M. S. R. P. M. M. Hidayat. Literasi Pancasila : Inovasi Praktis Pembelajaran PPKn. Penerbit P4I, 2023. https://books.google.co.id/books?id=q3-zEAAAQBAJ.
Dahliana, Dahliana, Firnanda Pradana Putra, and Ahmad Maulana Syafi’i. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING KELAS V MI NURUDDIN I BANJARMASIN.” Jurnal SIPPG: Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru 1, no. 1 (2023): 47–61.
Hanafiah, Nanang, and Cucu Suhana. “Konsep Strategi Pembelajaran.” Bandung: Refika Aditama, 2009.
Hotimah, Husnul. “Penerapan Metode Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Bercerita Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edukasi 7, no. 2 (2020): 5–11.
Karmila, Karmila, Nurul Fauziah, Elsa Safira, M. Nur Atdeni Sadikin, and Kautsar Eka Wardhana. “Diskriminasi Pendidikan Di Indonesia.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 6, no. 3 (2021): 191–203.
Kosilah, Kosilah, and Septian Septian. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Assure Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Inovasi Penelitian 1, no. 6 (2020): 1139–48.
Magdalena, Ina, Ahmad Syaiful Haq, and Fadlatul Ramdhan. “Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang.” Bintang 2, no. 3 (2020): 418–30.
Maruwae, A. TELAAH HASIL BELAJAR: STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF. CV Literasi Nusantara Abadi, 2022. https://books.google.co.id/books?id=O0CDEAAAQBAJ.
Masrinah, Enok Noni, Ipin Aripin, and Aden Arif Gaffar. “Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1:924–32, 2019.
Mulyani, Dessy. “Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar.” Konselor 2, no. 1 (2013).
Nabillah, Tasya, and Agung Prasetyo Abadi. “Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.” Prosiding Sesiomadika 2, no. 1c (2020).
Nasional, Kementerian Pendidikan, and DANTK Pendidikan. “Model-Model Pembelajaran.” Disajikan Pada TOT Guru Pemandu MGMP SMP Serv 1 (2010).
Nurgiansah, T. Heru. Pendidikan Pancasila. CV. Mitra Cendekia Media, 2021.
Ramli, Muhamad. “Hakikat Pendidik Dan Peserta Didik.” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 5, no. 1 (2015).
Razak, Abdul, Siti Nasiah, Kautsar Eka Wardhana, Indriana Rahmawati, Diva Ramadhan, and Munirohwati Munirohwati. “Diseminasi Pembelajaran Mikir Di Madrasah Ibtidaiyah.” SIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2022): 13–16.
Setiawan, Hasrian Rudi, and Danny Abrianto. Menjadi Pendidik Profesional. Vol. 1. umsu press, 2021.
Setyorini, Happy Wahyuni. “UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN HASIL BELAJAR PKn KOMPETENSI BENTUK-BENTUK USAHA PEMBELAAN NEGARA MELALUI METODE TIME TOKEN BAGI SISWA KELAS IXA SMP MURNI 1 SURAKARTA SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2015/2016.” Jurnal Pendidikan Dwija Utama: Edisi Mei 2018, 2018, 61.
Siswinarti, Pt Ratih. “Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique Bermediakan Video Terhadap Hasil Belajar Pkn.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 2, no. 1 (2019): 41–49.
Suriansyah, Ahmad. Landasan Pendidikan. Comdes, 2011.
Suryadi, Rudi Ahmad. Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish, 2018.
Widiyanto, Delfiyan, and Annisa Istiqomah. “Evaluasi Penilaian Proses Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn.” Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan 8, no. 1 (2020): 51–61.
Published
2023-08-09
How to Cite
Idris, M., Fitri, L., & Hidayat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas VI MIN 1 Kutai Kartanegara. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 161-172. https://doi.org/10.21093/sippg.v1i1.6298

Most read articles by the same author(s)