Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ayo Membayar Zakat SDN Sebatik Tengah

  • Mappewali Mappewali SDN 001 Sebatik Tengah
  • Ifah Khoirunnikmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muhammad Iwan Abdi SDN 001 Sebatik Tengah
  • Muhammad Subni SDN 001 Sebatik Tengah
Keywords: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa

Abstract

Pendidikan di era kontemporer memerlukan pendekatan inovatif untuk memastikan hasil belajar siswa yang optimal. Model pembelajaran memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar karena berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh model yang digunakan. Salah satu model pembelajaran inovatif saat ini ialah model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ayo Membayar Zakat kelas VI SD Negeri 001 Sebatik Tengah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan peneliti yakni dengan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar siswa SDN 001 Sebatik Tengah kelas VI pada pembelajaran PAI materi zakat secara signifikan dengan menerapkan Model Problem Based Learning pada proses pembelajaran peserta didik.

References

E. Mulyasa, Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya, 2002.
E. Setiabudi, ‘Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Fiqih di Kelas V MI Sabilun Najah Penataran 02’, Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, vol. 1, no. 1, pp. 147–168, 2020.
Kamdi, Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT. Grafindo, 2007.
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana, 2010.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan, ‘Kamus Besar Bahasa Indonesia’. Balai Pustaka, Jakarta, p. 300, 1998.
Purwanto, Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009.
A. Sabri, Psikologi Pendidikan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 2007.
M. Syah, Psikologi Pendidikan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2004.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
E. Mulyasa, Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Dimyati and Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.
N. Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Penerbit Rosdakarya, 2011.
E. Mulyasa, ‘Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik, dan Implementasi’, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008, pp. 100–102.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Tim Pengembang MKDP Kurikulum dan Pembelajaran, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2011.
M. T. Amir, Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana, 2010.
A. Mudlofir, Aplikasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Bahan Ajar dalam Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pres, 2011.
M. Yamin, Strategi dan Metode dalam Pembelajaran. Jakarta: GP Press Group, 2013.
Sudarman, ‘Problem Based Learning: Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah’, Jurnal Pendidikan Inovatif, vol. 2, no. 2, 2007.
Muhson, ‘Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem Based Learning’, Jurnal Kependidikan, vol. 39, no. 2, pp. 71–182, 2009.
Maryono, ‘Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VI SDN 1 Mulyosari’, Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), vol. 2, no. 2, 2022, Accessed: Dec. 02, 2023. [Online]. Available: https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/1108
R. Adawiyah, ‘Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa’, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2012. Accessed: Dec. 02, 2023. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/5260
N. Syafi’i, ‘Pengaruh Metode Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Kimia Pada Pembelajaran Kimia Terintegrasi Nilai’, UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2009. Accessed: Dec. 02, 2023. [Online]. Available: https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/14570
S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Published
2024-01-31
How to Cite
Mappewali, M., Khoirunnikmah, I., Abdi, M., & Subni, M. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ayo Membayar Zakat SDN Sebatik Tengah. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 29-47. https://doi.org/10.21093/si-ppg.v2i1.7742