Implementasi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda

  • Muthia Umi Setyoningrum UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ifah Khoirunnikmah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nabila Syahrani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Su’aibatul Aslamiyah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: supervisi, supervisi pendidikan, kepala sekolah madrasah, supervisi guru, supervisi kepala sekolah, kepala sekolah

Abstract

Supervisi adalah proses mengawasi kegiatan yang ada di madrasah. Pada supervisi terdapat proses pelayanan untuk dapat membantu atau membina guru-guru untuk dapat meningkatkan kualitas dalam proses pengajaran. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengimplementasian supervisi kepala madrasah terhadap guru di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda. Peneliti menggunakan metode kualitatif dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi lapangan dan wawancara, dengan teknik analisis data berupa teknik analisis isi dari data yang telah dikumpulkan dari hasil penelitian literatur, observasi dan wawancara. Adapun hasil penelitian ini yaitu kegiatan supervisi di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda sudah terlaksana dengan menerapkan supervisi akademik dan juga supervisi manejerial. Serta teknik yang dipakai ketika supervisor melakukan supervisi akademik terhadap guru ialah teknik supervisi individual berupa kunjungan kelas. Kegiatan supervisi yang telah diselenggarakan oleh kepala madrasah diantaranya seperti dilangsungkannya rapat untuk melihat perkembangan siswa, mengamati proses pembelajaran secara rutin untuk melihat terselenggara dengan baik atau tidaknya, mengetahui sarana dan prasarana yang dibutuhkan di dalam kelas maupun di luar kelas.  Menilai kehadiran guru dengan merekap absen guru setiap minggunya, kesiapan RPP yang digunakan dalam pembelajaran, menyusun program semester, dan program tahunanr. Supervisi yang dilaksanakan oleh kepala madrasah telah berjalan dengan efektif selama proses pembelajaran di madrasah.

 Abstract

 Supervision is the process of supervising activities in the school. In supervision there is a service process to be able to help or foster teachers to be able to improve their quality in the teaching process. This study aimed to analyze the implementation of the supervision of the head of the school towards teachers at Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda. The author uses qualitative methods in this study. Data collection techniques through field observations and interviews, with data analysis techniques in the form of content analysis techniques from data that has been collected from the results of literature research, observations, and interviews. The results of this study are that supervision activities at Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda have been carried out by applying academic supervision and also managerial supervision. As well as the technique used when supervisors carry out academic supervision of teachers is individual supervision techniques in the form of class visits. Supervision activities that have been organized by the head of the school include holding meetings to see student progress, observing the learning process regularly to see whether it is being implemented properly or not, and knowing the facilities and infrastructure needed in class and outside the classroom. Assess teacher attendance by recording teacher absences every week, the readiness of lesson plans used in learning, and preparing semester and annual programs. Supervision carried out by the head of the school has been running effectively during the learning process at the school.

References

Aqil, Deden Ibnu, Nur Amega Setiawati, and Fajar Kurniadi. ‘The Implication Of Teacher Professionalism Improvement and Learning Evaluation Techniques’ 9, no. 2 (2020): 123–29.
Asmani, J. M. Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: DIVA Press, 2012.
Cecep, H, Hani Subakti, Muhammad Nurtanto, and Sukarman Purba. Manajemen Supervisi Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis, 2021.
Dea Putri Wahdatul Adla, Kautsar Eka Wardhana, Imam Mustafa Syarif, Kiki Amelia, and Norlita Norlita. ‘Peran Pendidikan Multikultural Di SMA Negeri 17 Samarinda Dalam Menerapkan Sifat Toleransi Beragama’. EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran 5, no. 3 (31 December 2020). https://doi.org/10.21462/educasia.v5i3.125.
Inah, Ety Nur. ‘Peran Komunikasi Dalam Interaksi Guru Dan Siswa’. Jurnal At-Ta’dib 8, no. 2 (2015): 150–67.
Kusumawati, Desi. ‘Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Manajemen Pembelajaran PAUD’. Satya Widya 32, no. 1 (2016): 40–48.
Mudzakir, Dede. ‘Implementasi Supervisi Manajerial Dan Akademik Pengawas Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam Madrasah Ibtidayah’. Jurnal Studia Didkatika 10, no. 2 (2016): 33–47. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.281.
Purwanto, Ngalim. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008.
Sari, Irna. ‘ADMINISTRASI DAN SUPERVISI PENDIDIKAN’, 2019, 1–8.
Setiyadi, Bradley, and Viona Rosalina. ‘Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru’ 2, no. 1 (2021): 75–84.
Setyoningrum, Muthia Umi. ‘Keefektifan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 Di SMA Negeri Kabupaten Sleman’. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2018): 22–37.
Sitaasih, Desak Ketut. ‘Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Di SD’. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 2 (2020): 241. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25461.
Sohiron. Administrasi Dan Supervisi Pendidikan. Vol. 4. Pekanbaru: Kreasi Edukasi, 2015.
Suarniti, L., I.N. Natajaya, and A.A.G. Agung. ‘Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi Dan Komitmen Kerja Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar’. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia 11, no. 2 (2020): 159–68.
Winarno, Joko, Happy Fitria, and Yessi Fitriani. ‘The Role of Principal Academic Supervision in Improving the Professionalism of Teachers of State Junior High Schools’. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia) 6, no. 2 (2021): 478. https://doi.org/10.29210/021074jpgi0005.
Zaki, Ahmad. ‘Penerapan Supervisi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kompetensi Guru Dan Profesionalitas Guru’, 2019, 1–4.
Published
2022-06-25
How to Cite
Setyoningrum, M., Khoirunnikmah, I., Syahrani, N., & Aslamiyah, S. (2022). Implementasi Supervisi Kepala Madrasah terhadap Guru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(2), 123-131. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i2.6321

Most read articles by the same author(s)