Implementasi Administrasi Kesiswaan Pada Sekolah Atau Madrasah

  • Muthia Umi Setyoningrum UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Rini Eka Lestari UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Winda Islamitha Nurhamidah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Nela Syntha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Administrasi, Kesiswaan, Administrasi Kesiswaan, Administrasi Sekolah, Administrasi Madrasah, Administrasi Pendidikan

Abstract

Abstrak

Administrasi kesiswaan merupakan bagian dari administrasi pendidikan yang bertugas memecahkan masalah yang berkaitan dengan siswa. Mulai dari penerimaan, pembelajaran hingga kelulusan peserta, hingga tercapainya tujuan yang ingin dicapai secara efisien dan efektif. Tujuan peneliti melakukan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) Bagaimana pelaksanaan administrasi kesiswaan dalam mengelola sekolah atau madrasah 2) Tujuan administrasi kesiswaan di sekolah atau madrasah. Jenis penelitian ini menggunakan studi literatur kualitatif atau penelitian kepustakaan, teknis pengumpulan data melalui sumber data primer dan sekunder dengan pendekatan deskriptif. Teknik analisis data menggunakan analisis isi untuk menarik kesimpulan dari hasil penelitian. Hasil penelitian ini adalah 1) Manajemen pelaksanaan administrasi kesiswaan di sekolah atau madrasah meliputi perencanaan siswa, proses administrasi siswa, penerimaan siswa baru, absensi siswa, pembinaan kedisiplinan siswa, kenaikan kelas serta jurusan, siswa mutasi, dan wisuda serta alumni. 2) Administrasi kesiswaan selama pembelajaran di sekolah atau madrasah harus dapat berjalan dengan lancar dan baik sehingga tujuan pendidikan dalam administrasi kesiswaan dapat terlaksana dengan semaksimal mungkin, seperti membantu siswa untuk menambah dan meningkatkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan dalam segala hal guna membantu siswa untuk meningkatkan minat, bakat sesuai dengan kemampuannya, mengembangkan sikap positif dan realistis dalam memanfaatkan waktu luangnya, melatih siswa untuk disiplin, membantu siswa dalam memperoleh kebahagiaan dan kesejahteraan hidup dalam mencapai dan melaksanakan pendidikan secara optimal. 

Abstract

Student administration is a part of educational administration, tasked with solving problems related to students. Starting from acceptance, learning to graduation of participants, to achieve the goals to be achieved both efficiently and effectively. The purpose of the researcher conducting this study is to analyze 1) What are the implementation of student administration in managing schools or madrasahs 2) The purpose of student administration in schools or madrasahs. This type of research uses qualitative literature studies or literature research, technical data collection through primary and secondary data sources with a descriptive approach. The data analysis technique uses content analysis to draw conclusions from the research results.         The results of this study are that 1) The management of the implementation of student administration in schools or madrasahs includes student planning, student administration processes, admission of new students, student attendance, discipline coaching for students, class advancement as well as majors, student transfer, and graduation and alumni. 2) Student administration during learning in schools or madrasahs must be able to run smoothly and well so that the objectives of education in student administration can be carried out as much as possible, such as helping students to add and improve their abilities, knowledge, attitudes and skills in all respects in order to help students to increase their interests, talents according to their abilities, develop a positive and realistic attitude in utilizing their free time,  Train students to be disciplined, assist students in obtaining happiness and well-being in life in achieving and implementing education optimally.

References

Adi, Ilham Wardi dan Nelfia. ‘Pembinaan Disiplin Siswa Oleh Guru Di SMK Negeri 1 Gunung Tuleh Kabupaten Pasaman Barat’. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan. 8, no. 1 (2019).
Hasanah, Dwi Asih dan Enung. ‘Manajemen Kesiswaan Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Sekolah Dasar’. Academy of Education Journal 12, no. 2 (2021): 205–14.
Hasbiyallah, and Mahlil Nurul Ihsan. Administrasi Pendidikan Perspektif Ilmu Pendidikan Islam, 2019.
Hermawan, Ade. ‘Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Administrasi Kesiswaan Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kusan Halir Kabupaten Tanah Bumbu’. Jurnal Al-Ulum Ilmu Sosial Dan Humaniora 5, no. 2 (2019).
———. ‘Evaluasi Terhadap Pelaksanaan Administrasi Kesiswaann Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu’. Al-Ulum: Ilmu Sosial Dan Humaniora 5, no. 2 (2019): 2013–15.
Ilyasin, Mukhamad. ‘Manajemen Peserta Didik Dalam Mengaktualisasikan Nilai-Nilai Karakter Di Satuan Pendidikan’. Fenomena: Jurnal Penelitian 11, no. 1 (2019): 69–79.
Jaja Jahari, Heri Khoiruddin dan Hany Nurjanah. ‘Manajemen Peserta Didik’. Jurnal Islamic Education Management. 3, no. 2 (2018).
Muhammad Fasli, Nasuha dan Muhammad Asyam. ‘Administrasi Kesiswaan Dalam Pendidikan’. Jurnal Administrasi Tata Klelola Dalam Pendidikan, 2021.
Munawaroh, Lailatul. ‘Implementasi Pengelolaan Dan Administrasi Kesiswaan Di SMP’. Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 2, no. September (2021).
Nizarman. ‘Manajemen Penerimaan Siswa Baru’. Menejer Pendidikan 9, no. 2 (2018).
Roni Fitriadi, Nurhasanah dan Martunis. ‘Analisis Faktor-Faktor Penyebab Ketidakhadiran Siawa Di Sekolah Dan Upaya Guru BK Dalam Mengatasinya’. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling 4, no. 3 (2019).
Satrio, Lias Hasibuan, Kasful Anwar Us, and Ahmad Fadhil Rizki. ‘Administrasi Kurikulum, Kesiswaan, Pendidikdan Tenaga Kependidikandalam Tinjauan Administasi Sekolah’. Indonesian Journal of Islamic Educational Management 4, no. 2 (2021): 92–101.
Setiawan, Heru. ‘Administrasi Peserta Didik’. At – Ta’lim Jurnal Kajian Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (2021): 41–49. https://doi.org/10.17605/OSF.IO/NRXH8.
Setyoningrum, Muthia Umi. ‘Keefektifan Implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2008 Di SMA Negeri Kabupaten Sleman’. Akuntabilitas Manajemen Pendidikan 6, no. 1 (2018): 22–37.
Subandho, Siti Aminah. ‘Penyesuaiaan Diri Siswa Mutasi Di SMA Muhammadiyah 6 Surakarta’, 2019.
Syarifuddin Cn, Sida. ‘Pengaruh Administrasi Kesiswaan Terhadap Kepuasan Siswa’. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 2021, 157–72.
Wardhana, Kautsar Eka, and S. Sukamto. ‘Regional-Potential-Based Plantation Vocation Education Analysis in East Kalimantan Province’. Jurnal Pendidikan Vokasi 8, no. 1 (2018): 88–96.
Wathomi, Kharisul. ‘Alumni Menurut Perspektif Total Quality Management (TQM)’. Jurnal Pendidikan Islam. 2, no. 1 (2021).
Yasin, Muhammad. ‘Sosiologi Pendidkan Sebagai Bisnis Manajemen Pendidikan Dalam Penguatan Karakter Siswa’. Jurnal Al-Rabwah XIII, no. 2 (2019): 103–21.
Yasir, Muhammad. ‘Pentingnya Administrasi Kesiswaan Bagi Lembaga Pendidikan’. Jurnal Membuat Artikel, 2020.
Yasmihan, Belly, and Zulfi Azhar. ‘Sistem Informasi Administrasi Kesiswaan Di SMA Swasta Nusantara Setia Janji’. Jurnal Digital Transformstion Technology 1, no. 2 (2021): 45–54.
Abusyairi, K., & Iskandar, I. (2021). PENDIDIKAN HUKUM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.12
Astutik, U. P., & Khojir, K. (2023). Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504
Fajri, M., & Mujib, A. (2022). ANALYSIS OF RESEARCH RESULTS OF ISLAMIC EDUCATION A PHILOSOPHICAL APPROACH. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 290–320.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Hadi, N. F., & Iskandar, I. (2021). Art Education in the Perspective of the Quran and Hadith. Sultra Educational Journal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.205
Hadi, N. F., & Khojir. (2021). Analysis of the Relationship between “merdeka belajar” and the Progressivism Philosophy. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), Article 2.
Irhas, M., Mahmud, M. E., & Rumainur, R. (2021). Peningkatan Kualitas Hafalan Al—Quran Melalui Media Audio Speaker Al-Quran Di Hsg Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i1.3133
Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). AKAL DAN KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13
Isnaini, M., & Khojir, K. (2021). HAKEKAT DAN SISTEM NILAI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Maky, A. Y. H., & Khojir, K. (2021). NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ISLAMISASI DAN INTEGRASI ILMU (ISMAIL RAJI AL FARUQI, SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS, AMIN ABDULLAH). Cross-Border, 4(2), Article 2.
Marzuqi, A., Julaiha, S., & Rumainur, R. (2021). Strategi Kepala Sekolah Ddalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3206
Nasikin, M., & Iskandar, I. (2021). HATI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.10
Nasikin, M., & Khojir, K. (2021). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Nazili, M. A. H., Khojir, K., & Rumainur, R. (2021). Etika Pendidik dalam Pendidikan Islam (Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-Saadah Al-Ba’alawi Karya Habib Zain Bin Smith). Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3146
Nur, M. H. (2022). PENERAPAN METODE AT-TIKROOR HATTAL MUTQIN (AHM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA KELAS IX-B SMPN 15 SAMARINDA. Maktabah Borneo, 1(1), Article 1.
Nursalim, E., & Iskandar, I. (2021). KONSEP FITRAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.8
Nursalim, E., & Khojir, K. (2021). ALIRAN PERENIALISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Nursalim, E., Zulaiha, L., Surana, S., Sinta, D., Novita, D., Paujiah, P., Jumaidah, J., & Makhrus, A. (2021). Penyuluhan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.167-172.2021
Rumainur, R., Fauzan, U., & Malihah, N. (2022). Characteristics of Islamic Religious Education in Boarding School Curriculum. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/sajie.v4i2.4593
Saleh, K., Rukiyah, I., & Arbain, M. (2021). Blended Learning as a Developmental Model Strategy of Teaching and Learning in Islamic Universities in Indonesia. Dinamika Ilmu, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3809
Setiawan, A., Bukhari, A., Arbain, M., Saleh, K., Zulkifli, Rasyidi, A., Anshari, M., & Hafiz, M. (2021). Strategy of Online-Based Learning in Overcoming Facing the COVID-19 Pandemic. I T A L I E N I S C H, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.1115/italienisch.v11i2.159
Sugiyono, S., & Iskandar, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Wahid, A. H., Fajri, M., Baharun, H., Fitriyah, R. I., & Risqiyah, A. (2022). Adaptation of BCCT Learning Model in Developing Religious Aspects of Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2073
Yusuf, I., & Iskandar, I. (2021). GURU DAN MURID DALAM PERSEKTIF AL QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.14
Yusuf, I., & Khojir, K. (2021). PENDIDIKAN MENURUT FILSAFAT IBNU SINA (980 M-1037 M). Cross-Border, 4(2), Article 2.
Published
2022-10-10
How to Cite
Setyoningrum, M., Lestari, R., Nurhamidah, W., & Syntha, N. (2022). Implementasi Administrasi Kesiswaan Pada Sekolah Atau Madrasah. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 169-179. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.6320

Most read articles by the same author(s)