Pengaruh Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Tenaga Pendidik di SMK Negeri 14 Samarinda
Abstract
Abstract
Among the many things that can influence the performance of teaching staff, one of them is the work environment. The performance of teaching staff can be influenced by the quality of their working conditions, so that improving the quality of the workplace will have a positive impact on teacher performance. Based on initial observations, the conditions of the teacher's working environment at SMK Negeri 14 Samarinda, namely the teacher's room, are good. Some teachers stated that they were comfortable working in the teacher's room, but some preferred working outside the teacher's room. This encouraged researchers to investigate the influence of the work environment on the performance of teaching staff at SMK Negeri 14 Samarinda. This research is quantitative descriptive. This research was conducted at SMK Negeri 14 Samarinda. Using a saturated sampling technique from a population of 46 teaching staff. Data collection methods include questionnaires and documentation. The data analysis techniques used include prerequisite testing and hypothesis testing. The results obtained from this research show that the work environment influences the performance of teaching staff by 9.78% while the remaining 90.22% is influenced by other factors. The research produced an rxy value of 0.312 based on this data. If referring to the interpretation table, a correlation with an r value between 0.20 to 0.40 can be considered a weak correlation and has a positive nature. This means that there is a relatively weak relationship between two variables and the direction of the relationship is positive, meaning that when the value of one variable increases, the value of the other variable tends to also increase, even though the relationship is not as strong. From the results of the t test, it is known that the tcount value is 2.295 and the ttable value is 1.681. With these results, we reject Ho and accept Ha, and draw the conclusion that there is a positive and significant influence between the work environment on the performance of teaching staff at SMK Negeri 14 Samarinda.
Keywords: Work Environment, Performance, Educator
Abstrak
Di antara banyak hal yang dapat mempengaruhi kinerja tenaga pendidik salah satunya ialah lingkungan kerja. Kinerja tenaga pendidik dapat dipengaruhi oleh kualitas kondisi kerjanya, sehingga peningkatan kualitas tempat kerja akan berdampak positif terhadap kinerja guru. Berdasarkan pengamatan awal, kondisi lingkungan kerja guru di SMK Negeri 14 Samarinda yakni ruang guru baik. Beberapa guru menyatakan nyaman bekerja di ruang guru namun beberapa lebih senang bekerja di luar ruang guru. Hal ini mendorong peneliti untuk menyelidiki pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik di SMK Negeri 14 Samarinda. Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 14 Samarinda. Menggunakan teknik sampling jenuh dari 46 populasi tenaga pendidik. Metode pengumpulan data meliputi angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik sebesar 9,78% sementara sisanya 90,22% dipengaruhi oleh faktor lain. Penelitian menghasilkan nilai rxy sebesar 0,312. Jika mengacu pada tabel interpretasi, korelasi dengan nilai r antara 0,20 hingga 0,40 dapat dianggap sebagai korelasi yang lemah dan memiliki sifat positif. Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang relatif lemah antara dua variabel dan arah hubungannya adalah positif, yang berarti bahwa saat nilai satu variabel meningkat, nilai variabel lainnya cenderung juga meningkat, meskipun hubungan tersebut tidak begitu kuat. Dari hasil uji t, diketahui nilau thitung sebesar 2,295 dan nilai ttabel sebesar 1,681. Dengan hasil ini maka menolak Ho dan menerima Ha, dan menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik di SMK Negeri 14 Samarinda.
Kata kunci: Lingkungan Kerja, Kinerja, Tenaga Pendidik
References
Asnawi, M. A. (2019). Kinerja Karyawan Perseoran Terbatas : Studi Kasus Atas Pengaruh Fasilitas Kerja dan Karakteristik Pekerjaan. CV. Athra Samudra.
Astusi, R. Y. (2021). Manajemen Kinerja. CV. Nata Karya.
Dzikra, F. M. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada SMP Negeri 2 Bangko Bagansiapi-Api. Jurnal Eko Dan Bisnis (Riau Economics and Business Review), 13(2).
Elfita, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam di MTs Negeri Sentajo Filial Singingi Kecamatan Singingi Kabupatem Kuantan Singingi. Jurnal AL-Hikmah, 1(1).
Farida, U., & Hartono, S. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia II. Umpo Press.
Febriana, R. (2019). Kompetensi Guru. PT. Bumi Aksara.
Fieldman. (2011). Human Stress, Work and Job Statisfication (L. Mulyana (ed.)). Pustakan Binaman Presindo.
Hafidulloh, Iradawaty, S. N., & Mochklas, M. (2021). Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin dan Kinerja Guru. Bintang Pustaka Madani.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya". LPPPI.
Lestary, L., & Harmon. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Riset Bisnis & Inventasi, 3(2).
Marzani, N., & Dharmawan, D. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Sinar Mas Land. Tbk Tangerang. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 5(3).
Masrun. (2021). Kinerja Guru Profesional. Eureka Media Aksara.
Munardi, H. T., T, D., & N, S. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT National Finance. Jurnal ARASTIRMA, 1(2).
Muspawi, M. (2021a). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1).
Muspawi, M. (2021b). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Hambi, 21(1).
Naa, A. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Kerja, dan Pelatihan terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Distrik Bintuni Kabupaten Teluk Bintuni. Jurnal Renaissance, 2(2).
Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Prenada Media Group.
Pandi Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Konsep dan Indikator. Zanafa Publishing.
Prasetyono, H., IP, R., & W, E. (2020). No Title. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(3).
Purwanto, M. N. (2017). Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.
Sedarmayanti. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia. Refika Aditama.
Surijadi, H., & Idris, Y. (2020). Dampak Lingkungan Kerja Fisik dan Lingkungan Kerja Non Fisik terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 1(1).
Susanto, H. (2020). Profesi Keguruan. Universitas Lambung Mangkurat.
Susmiyati, S., & Zurqoni. (2020). Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 2(2).
Sutrisno. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana.
Suwondo, D. I., & Sutanto, E. M. (2017). Hubungan Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja, dan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 17(2).
Syarief, F. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Widina Bhakti Persada.
Umar, B. (2010). Ilmu Pendidikan Islam. Amzah.
Utari, K. T., & Rasto. (2019). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(2), 98–108.
Wahyuningrum, S. N., Sudarso, Y., & Jumi. (2020). Pengaruh Lingkungan Kerja Non Fisik,Reward dan Punishment terhadap Disiplin Kerja Karyawan. Jurnal ISAS Publishing, 6(2).
Widagdo, S., MA, M., & E, K. (2020). Penilaian Kinerja, Budaya Kerja & Kepemimpinan (Optimalisasi Peningkatan Kinerja Guru). Mandala Press.
Wihardjo, S. D., & Rahmayanti, H. (2021). Pendidikan Lingkungan Hidup. NEM.
Yumaroh, M., & Andriani, L. (2017). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMK Negeri 10 Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi. Journals of Economic Education, 1(1).
Zuhriyah, S. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Guru SMK Negeri Kelompok Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Literasi, 6(2), 120–131.