Implementasi Sistem Computer-Based Test (CBT) Dalam Pengelolaan Ujian di MAN Insan Cendekia Paser
Abstract
Penelitian ini menyelidiki penggunaan sistem pengujian berbasis komputer (CBT) dalam manajemen ujian di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Paser. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa efektif, efisien, dan berdampak penggunaan CBT dalam ujian sekolah menengah. Metodologi penelitian meliputi observasi, wawancara, dan analisis dokumen yang berkaitan dengan pelaksanaan CBT di MAN Insan Cendekia Paser. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan CBT berhasil meningkatkan efisiensi manajemen ujian karena pengawasan manual menjadi kurang penting dan soal ujian menjadi lebih fleksibel.
Selain itu, terlihat dampak positif pada partisipasi siswa dan pemahaman mereka tentang materi ujian. Namun demikian, penelitian ini juga menunjukkan beberapa masalah teknis dan kebijakan yang dihadapi selama proses implementasi. Beberapa di antaranya adalah ketersediaan infrastruktur teknologi dan kebutuhan pelatihan staf. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan wawasan menyeluruh tentang penggunaan CBT di MAN Insan Cendekia Paser dan menawarkan saran tentang cara memasukkan teknologi ini ke dalam sistem pendidikan setempat untuk meningkatkan manajemen.
References
Al, M. D. B. (2023). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3),
Arianti, B. D. D., Kholisho, Y. N., Ismatulloh, K., Wirasasmita, R. H., Uska, M. Z., Fathoni, A., & Jamaluddin, J. (2020). Pelatihan Computer Based Test (CBT) Ujian Nasional untuk siswa SMK di Lombok Timur. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1),
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1),
Hidayat, R., & Abdillah, A. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori Dan Aplikasinya (C. Wijaya & A. -, Ed.). Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI). http://repository.uinsu.ac.id/8064/
Megasari, R. (2020). Peningkatan Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMPN 5 Bukit Tinggi. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1),
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2),
Mustofa, Z. (2020). Evaluasi Penyelenggaraan Ujian Semester Berbasis Komputer (USBK) Menggunakan Model CIPP. Jurnal Teknodik, 15–26.
Novrianti, N. (2014). Pengembangan Computer Based Testing (CBT) Sebagai Alternatif Teknik Penilaian Hasil Belajar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(1),
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal kependidikan, 1(1), 24–44.
Oktavia, B. P., Wibowo, S. B., & Astuti, E. (2020). Evektivitas Implementasi CBT pada Siswa Akuntansi di SMKN A Madiun. JAK (Jurnal Akuntansi) Kajian Ilmiah Akuntansi, 7(2),
Pranata, B., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2023). Pengembangan asesmen higher order thinking skills (hots) berbasis computer based test (cbt) pada materi induksi elektromagnetik. JP3I (Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia).
Putri, M. A., Sabrifha, E., Irawati, I., & Setyaningsih, R. (2022). Computer Based Test: Analysis Of Program Application Selection Of Admission Of New Students In Madrasah Aliyah. Jurnal At-Tarbiyat :Jurnal Pendidikan Islam, 5(2),
Syaifuddin, R., Faza, F., Diah, D., & Hamidah, N. (2022). Analisis Pemanfaatan Aplikasi CBT Sebagai SaranaTes Di MI Badrussalam Surabaya. Jurnal PTK Dan Pendidikan, 8(2).
Triwiyanto, T. (2022). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.
Wati, L. L., Kasmawi, K., & Mawarni, S. (2018). Implementasi Computer Based Test (CBT) di Sekolah Menengah Kejuruan. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1),
Zeniarja, J., Salam, A., & Achsanu, I. (2020). Sistem Koreksi Jawaban Esai Otomatis (E-Valuation) dengan Vector Space Model pada Computer Based Test (CBT). Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika, 4(1),