Implementasi Program Tahfiz Al Quran di SDN 013 Penajam, Penajam Paser Utara

  • Abu Hasan Mubarok IAIN Samarinda
  • Sonhaji Sonhaji IAIN Samarinda
  • Emma Nur Aini IAIN Samarinda
  • Suratman Suratman IAIN Samarinda
Keywords: Quran corner, Menghafal, Mushaf latin

Abstract

Lembaga-lembaga pendidikan al qur’an di sekitar SDN 013 Penajam terbilang cukup banyak. Menurut data yang ada, jumlah siswa SDN 013 Penajam yang mengikuti kegiatan sekolah sore (pendidikan al qur’an) lebih dari 96% dari total jumlah siswa yang ada. Tingkat penguasaan literasi al qur’an di SDN 013 Penajam cukup bagus. Bisa dikatakan bahwa apabila ada anak yang tidak bisa membaca al qur’an itu karena tidak mengikuti pembelajaran al qur’an di sore hari. Program tahfiz al qur’an juz 30 yang diselenggarakan oleh SDN 013 Penajam bermaksud untuk menyiapkan peserta didik yang memiliki kemampuan hafalan al qur’an dengan baik dan benar. Sekaligus sebagia persiapan diri untuk ajang Pentas Pendidikan Agama Islam yang diselenggarakan secara bertahap. Metode yang diguanakn adalah campuran dari berbagai metode menghafal al qur’an, seperti tikrar, bagdadiyah, yadain dan setiap anak didik diberikan mushaf al qur’an latin dan buku prestasi siswa sebagai alat control pencapaian hafalan.

References

Abu Abdillah, Muhammad bin Ahmad bin Abi Bakar bin Farah al Anshari al Khazraji, Syamsuddin al Qurthubi al Jamil li Ahkam al Qur’an (Cairo: Daar al Kutub al Mishriyah, 1964)

Arbain, Syekh H. Hamzah, & Imroh A. Musfirah, “Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga terhadap Pengembangan Karakter Anak”, dalam Jurnal Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, edisi no. 3, Vol. 5, 2018.

Arikunto, Suharsimi dan Cepi Saifudin, Evaluasi Program Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 2010) Cek. Ke-2.

Indah, Ariski Nuril, Isna Niah, & Muhammad K. Rijal, “Tantangan dan Solusi bagi Madrasah dan Pesantren dalam Menghadapi Era Globalisasi”, dalam Jurnal Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, edisi no. 1, Vol. 5, 2018.

Buga, Mustafa Diib , Muhyiuddin Diib Mastu. al Wadih fi ‘Ulum al Qur’an (Damasqus: Darul Ulum al Insyaniyah, 1998).

Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia (Jakarta: Balai Pusataka, 2005)

ZR, Hirdha Nurfarini, Fitriyah, Mardiana, Muhammad K. Rijal, “Tindakan Preventif Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Eksistensi Paham Radikal di Sekolah” , dalam Jurnal Tarbiyah wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, edisi no. 1, Vol. 5, 2018.

Ibrahim bin al Husain as Syinqiti Thoriqat Hifzil al Qur’an ‘inda as Syanathiqah

Kuncoro, Metodologi Penelitian (diktat)

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif (Bandung: Remaja Rosdakarya, 1996)

Muhaimin, dkk. Manajemen Pendidikan: Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah (Jakarta: Kencana, 2009)

Naskah Akademik RPJMD Kab. PPU Tahun 2018-2023

Nata, Abuddin. Ilmu Pendidikan Islam (Jakarta: Kencana Pradana Media Grup, 2010)

Sudrajat, Suhud. Pembelajaran Tahfiz Juz Amma Kelas V di MI Darussalam Sibrama Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas (Purwokerto: IAIN Purwokerto, 2015)

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R dan D (Bandung: Alfabeta, 2009)

Sukmadinata, Nana Syaodih. Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Tim Yayasan Muntada Islam, Panduan Mengelola Sekolah Tahfiz (Solo: al Aqwam, 2012).

Widoyoko, Eko Putra. Evaluasi Program Pembelajaran; Panduan Praktis bagi pendidik dan Calon Pendidik (Yogyakarta: Pusataka Belajar, 2005)
Published
2019-06-12
How to Cite
Mubarok, A., Sonhaji, S., Aini, E., & Suratman, S. (2019). Implementasi Program Tahfiz Al Quran di SDN 013 Penajam, Penajam Paser Utara. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 63-75. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.2335

Most read articles by the same author(s)