Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang)

  • Nur Rasyidatul Muqit Telda IAIN Samarinda
  • Rika Wahyuni IAIN Samarinda
  • Dida Alifvia Mutiara Fajar Devega IAIN samarinda
  • Suratman Suratman IAIN Samarinda
Keywords: Pembelajaran PAI, Boarding School, Karakter

Abstract

Sistem Boarding pada SMA IT DHBS Bontang mengedepankan konsep pendidikan yang memiliki pemikiran modern yang diharapkan mampu menjawab kebutuhan dan tantangan perkembangan zaman. Dengan hadirnya sistem Boarding School sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas siswa dan kualitas pembelajaran ditengah krisis multidimensional yang sedang dihadapi bangsa Indonesia. Sistem Boarding School diharapkan mampu menjadi solusi alternatif untuk memenuhi tuntutan masyarakat. Dalam hal ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskrpitif. Di sini peneliti memakai observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data, kemudian data yang sudah dikumpulkan di analisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sistem Boarding School yang digunakan di SMA IT DHBS Bontang merupakan penerapan nilai-nilai religius yang didasarkan kepada paradigma Islam Terpadu (IT) yang diimplementasikan pada Visi dan Misi serta tujuan dari Yayasan Asy Syaamil yang termasuk didalamnya SMA IT DHBS. Pengamatan Visi dan Misi tersebut diterapkan pada penyelenggaraan pendidikan di SMA IT DHBS Bontang dalam bentuk pendidikan dan pembinaan Islam, didalam kelas, maupun di asrama, sholat berjamaah baik wajib maupun sunnah, puasa sunnah, Doa, Dzikir Al Ma’tsurat bersama, Muhadharah dan Pembinaan Akhlak Islami. Hal ini akan berpengaruh terhadap karakter bagi siswa.

References

Barnawi. dan M. Arifin. Strategi & Kebijakan. Pembelajaran Pendidikan. Karakter. Yogyakarta : Ar Ruzz. Media. 2012.
Budianingsih, Asri. Pembelajaran Moral. Jakarta: Rienka Putra. 2008.
Chaer, Moh. Toriqul dan Fitriah M. Suud, Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12 -19 Dalam Tafsir Al-Azhar). Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Damsar. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta : Kencana. 2011.
Echole, Jhon M. dan Hasan. Sadili. Kamus. Inggris-Indonesia : An English-Indonesian Dictionary. Jakarta.: Gramedia. 2010.
Ezra, Jakoep. “Kekuatan Karakter”. Diunduh pada tanggal 1 April 2020. http://www.andrewongso.com//awartikel-124-artikel_Tetap-Kekuatan_Karakter.artikel
Hasbullah. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta : Kencana. 2011.
Jahja, Yudrik. Psikologi. Perkembangan. Jakarta.: Prenada. Media Group. 2010.
Kamus Besar Bahasa Indonesia. “Hasil Pencarian - KBBI Daring,” diunduh 2 April 2020. https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/karakter.
M. Ziemek. Pesantren. dalam Perubahan. Sosial. terj. Burche. B. Soendjojo. Jakarta.: P3M. 1986.
Maksudin. “Pendidikan Nilai Boarding School di SMPIT Yogyakarta”. Disertasi. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga. 2008.
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, dan Wildan Saugi. Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu, Jurnal El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, Vol. 2, No. 1, 2019.
Mastuhu. Dinamika. Sistem Pendidikan. Pesantren. Jakarta : INIS. 1994.
Munawwir, Ahmad. Warson. Al-Munawwir : Kamus. Arab-Indonesia Terlengkap. Surabaya.: Pustaka. Progressif. 1997.
Murtadho. Kumpulan Sinopsis. Hasil-hasil Penelitian. Pendidikan Agama dan Keagamaan. Program Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik : Badan Litbang dan Diklat Departemen RI. Tahun 2006.
Muti, Abdul. Lemahnya Pendidikan .Karakter Bangsa dalam Majalah. Smart: Cerdas mengkaji dan menginformasikan. Semarang : Balai Penelitian dan Pengembangan Agama. 2011. No.1. Vol. II.
Nugraha, Ahmad. “Intregrasi Kurikulium 2013 dan Kurikulum Pondok Pesantren di MTs Fadillah, Tambak Sumur, Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. 2017.
Nuryanto, Sidik. Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, 2019.
Roqib, Moh. Propethic Education : Kontekstualisasi. Filsafat dan Budaya. Profetik dalam Pendidikan. Yogyakarta : Stainpress. 2011.
Saebani, A., dan A. Hamid. Ilmu Akhlak. Bandung : CV. Pustaka Setia. 2010.
Saha, M. Ishom El. Manajemen. Kependidikan Pesantren. Jakarta : Transwacana. 2008.
Salim, Moh. Haitami, dan Syamsul. Kurniawan. Studi Ilmu. Pendidikan Islam. Jogyakarta : Ar Ruzz Meedia. 2012.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2013.
Saugi, Wildan. Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age. Jurnal Obsesi, Volume 5 Issue 1, 2020. DOI : https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.510
Setiawan, Irfan. Pembinaan Dan. Bimbingan Peserta. Didik Pada. Institusi Pendidikan. Berasrama. t.tp. : Gramedia. 2009.
Suyanto. “Urgensi Pendidikan Karakter. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan Nasional”. Dalam http://mandikdasmen.kemdiknas.go.id/web/pages/urgensi.html diunduh pada tanggal 1 April 2020.
Syahroni, dan M. Zaini Miftah. “Pengembanagan Kurikulum PAI di sekolah Model Boarding School Kab. Lamongan”. dalam Al Hikmah: Jurnal Studi Keislmaan. No. 7. Vol I. 2017.
Taufikin. Hermeneutic Of Pesantren With The "Fusion Of Horizons" Gadamer’s Theory, Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1, 2018, hlm.
UU RI tentang. SISDIKNAS. Sistem. Pendidikan Nasional. Pasal. I. Surabaya : Karina. 2003.
Yahya. Boarding School dan Pendidikan Karakter. 2009.
Zahra, Arsy Karima. Mengapa. Harus Boarding. School. Bandung : Widya. Pustaka. 2008.
Published
2020-06-07
How to Cite
Telda, N. R., Wahyuni, R., Devega, D. A., & Suratman, S. (2020). Sistem Boarding School (Studi Kasus Pembelajaran PAI dalam Pembentukan Karakter di SMA IT DBHS Bontang). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 99-115. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2313

Most read articles by the same author(s)