Eksistensi Kurikulum Diniyah Santri Asrama Ali Bin Abi Thalib di SMP IT Madina Samarinda

  • Suratman Suratman IAIN Samarinda
  • Mohamad Andas IAIN Samarinda
  • Syahril Syahril IAIN Samarinda
  • Putra Hadi IAIN Samarinda
Keywords: kurikulum diniyah, santri asrama, SMP IT Madina

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Asrama Ali bin Abi Thalib merupakan asrama yang dikhususkan untuk santri yang baru menempuh jenjang SMP, namun mampu menjadi asrama terbaik dua mengalahkan santri yang sudah lebih lama berada di pondok tersebut. Mengetahui eksistensi kurikulum Diniyah di Asrama Ali bin Abi Thalib di SMP IT Madina Samarinda merupakan inti dari tujuan penelitian ini. Penelitian ini berlangsung dengan menerapkan metode kualitatif deskriptif dengan menjadikan kepala pondok madina dan wali asrama atau musyrif asrama Ali bin Abi Thalib sebagai subjek penelitian. Data pada penelitian ini didapatkan melalui pengamatan, Tanya jawab dengan pihak terkait, dan pengumpulan dokumen-dokumen. Analisa data pada penilitian ini menggunakan model Miles Huberman yaitu penyaringan data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini adalah Kurikulum asrama Ali bin Abi Thalib telah eksis sebagai sebuah program yang membimbing dan mengarahkan santri asrama Ali bin Abi Thalib serta menjadi pedoman kegiatan asrama yang telah mengantarkan mereka menjadi pribadi yang berkarakter dan mengantarkan mereka sebagai asrama terbaik.

References

Chaer, Moh. Toriqul dan Fitriah M. Suud, Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Pendidikan Anak Perspektif Hamka (Kajian Q.S. Luqman/31: 12 -19 Dalam Tafsir Al-Azhar). Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Departemen Agama RI. Al-Quran dan Terjemahnya. Bandung: CV Penerbit Diponegoro. 2010
Gianto. Upaya Sekolah dalam Peningkatan Profesionalisme Guru di Madrasah. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 01, No. 01, 2018.
Hasbullah. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2012
Hamalik, Oemar. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Remaja Rosdakarya, 2014.
Hutagalung, Ahmad Ichsan Yafi dan Bayu Suratman, Peran Pendiri Sekolah dalam Mengembangkan Kinerja Guru di KB Fun Islamic School Suronegaran Purworejo, Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 02, No. 01, 2019, hlm. 33-50.
Karwati, Euis dan Juni Priansa, Donni. Manajemen Kelas Classroom Management. Bandung: Alfabeta, 2015.
Malayu, H. Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Bandung: Alfabeta, 2015
Maryam, Siti, Ahmad Riyadi, dan Wildan Saugi. Implementasi Pendidikan Berbasis Sistematika Wahyu, Jurnal El-Buhuth: Borneo Journal of Islamic Studies, Vol. 2, No. 1, 2019.
Nuryanto, Sidik. Partisipasi Masyarakat dalam Gerakan Kelas Inspirasi. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, 2019.
Rusman. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009.
Saefullah, U. Manajemen Pendidikan Islam. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012
Saugi, Wildan. Implementation of Curriculum Kuttab Al-Fatih on Children at an Early Age. Jurnal Obsesi, Volume 5 Issue 1, 2020. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.510
Soetjipto dan Kosasi, Raflis. Profesi Keguruan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya, 2004
Taufikin. Hermeneutic Of Pesantren With The "Fusion Of Horizons" Gadamer’s Theory, Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 1, 2018, hlm.
Torang, Syamsir. Organisasi dan Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2014
Published
2020-06-09
How to Cite
Suratman, S., Andas, M., Syahril, S., & Hadi, P. (2020). Eksistensi Kurikulum Diniyah Santri Asrama Ali Bin Abi Thalib di SMP IT Madina Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(3), 191-201. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i3.2323

Most read articles by the same author(s)