Manajemen Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 7 Samarinda

  • Riduan Riduan UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Etty Nurbayani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Muthia Umi Setyoningrum UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Pendidikan Inklusi, Manajemen Pendidikan, Sekolah Inklusi

Abstract

Abstract

This study is motivated by the importance of inclusive education to ensure that every child, including children with special needs, has the same rights in education. SMP Negeri 7 Samarinda has been designated as an inclusive school since 2011 and in 2023 will become one of the inclusion coordinators in Samarinda City. This study aims to examine the management of inclusive education at SMP Negeri 7 Samarinda. The type of research used is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation. Data analysis techniques use the Miles, Huberman and Saldana models, namely data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Data validity techniques use source triangulation and technique triangulation. The results of this study indicate that SMP Negeri 7 Samarinda implements inclusive education through various aspects of management. At the planning stage, schools conduct assessments of students with special needs to identify students with special needs, plan individual support, and provide opportunities for students to participate in extracurricular activities and competitions. At the organizing stage, the division of tasks between teachers and the inclusion team is carried out clearly and the grouping of tasks based on function reflects the management of education personnel. At the implementation stage, teacher motivation is increased through training in the context of education personnel management, while effective communication between schools shows the implementation of supportive communication. At the monitoring stage, there are performance standards and monitoring mechanisms in the curriculum and education personnel management, with periodic evaluations involving joint reflection, indicating sustainable environmental management and performance. The implications of this study are the need to strengthen teacher capacity through inclusive leadership, as well as continuous evaluation. Recommendations for schools include increasing training, establishing partnerships, improving inclusive facilities, and disseminating good practices to other schools.

Keywords: Inclusive Education, Educational Management, Inclusive School

 

Abstrak

Studi ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan inklusif yang menjamin bahwa setiap anak berhak memperoleh layanan yang sama dalam Pendidikan termasuk bagi anak berkebutuhan khusus. SMP Negeri 7 Samarinda ditunjuk sebagai sekolah inklusif sejak tahun 2011 dan pada tahun 2023 akan menjadi salah satu koordinator inklusi di Kota Samarinda. Penelitian ini bermaksud untuk mengkaji manajemen pendidikan inklusif di SMP Negeri 7 Samarinda. Penelitian deskriptif kualitatif ini menguunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengumpulan data. Teknik analisis data melalui kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Triangulasi sumber dan triangulasi Teknik digunakan dalam mencari data yang sah/ valid. Hasil  penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Negeri 7 Samarinda melaksanakan pendidikan inklusif melalui berbagai aspek manajemen. Pada tahap perencanaan, sekolah melakukan asesmen siswa berkebutuhan khusus untuk mengidentifikasi siswa berkebutuhan khusus, merencanakan dukungan individual, dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan perlombaan, Pada tahap pengorganisasian, pembagian tugas antara guru dan tim inklusi dilakukan dengan jelas dan pengelompokan tugas berdasarkan fungsi mencerminkan pengelolaan tenaga kependidikan. Pada tahap pelaksanaan, motivasi guru ditingkatkan melalui pelatihan dalam konteks manajemen tenaga kependidikan, sedangkan komunikasi efektif antar sekolah menunjukkan terlaksananya komunikasi yang mendukung. Pada tahap pemantauan, terdapat standar kinerja dan mekanisme pemantauan dalam kurikulum dan manajemen tenaga kependidikan, dengan evaluasi berkala yang melibatkan refleksi bersama, menunjukkan pengelolaan lingkungan dan kinerja yang berkelanjutan. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya penguatan kapasitas guru melalui kepemimpinan yang inklusif, serta evaluasi berkelanjutan. Rekomendasi  bagi sekolah yaitu meningkatkan pelatihan, menjalin kemitraan, memperbaiki sarana inklusif, dan mendiseminasikan praktik baik ke sekolah lain.

Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, Manajemen Pendidikan, Sekolah Inklusi

References

Alfikri, F., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusi. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(6), 7962–7963.

Amelya, T. D., & Roesminingsih, E. (2023). Manajemen Pendidikan Inklusif Dalam Mewujudkan Potensi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 47 Surabaya. Journal of Education and Learning, 2(1).

Anggara, D. (2023). Manajemen Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah 3 Samarinda. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Ashari, Y. (2024). Wali Kota Samarinda Berharap PLDPI Jadi Pusat Layanan Inklusif Dan Berkualitas Bagi ABK. Niaga.Asia. https://www.niaga.asia/wali-kota-samarinda-berharap-pldpi-jadi-pusat-layanan-inklusif-dan-berkualitas-bagi-abk/

Bahri, S. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), h. 95.

Dakhi, Y. (2016). Implementasi POAC Terhadap Kegiatan Organisasi dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta, 53.

Dewi, D. P. (2018). Asesmen Sebagai Upaya Tindak Lanjut Kegiatan Identifikasi Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Wahana, 70(1), h. 18.

Direktorat PPK-LK Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2011). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Insklusif (Sesuai Permendiknas No 70 Tahun 2009).

Effendy, E., Agni, M., Putri, M. R., & Firdasari, S. (2023). Proses Komunikasi yang Efektivitas Dalam Organisasi. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(3), 1145–1151.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (H. Abadi (ed.)). CV. Pustaka Ilmu.

Undang-undang (UU) tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pub. L. No. 20, LN.2003/NO.78 (2003).

Isna Yunita, E., Suneki, S., & Wakhyudin, H. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. International Journal of Elementary Education, 3(3), h. 268.

Istanto, H., Murjani, Arbainsyah, Yani, A., & Karimah, N. N. (2022). Karakteristik Tim yang Efektif untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Jurnal For Islamic Studies, 5(3), 187–195.

Jauhari, A. (2017). Pendidikan Inklusi Sebagai Alternatif Solusi Mengatasi Permasalahan Sosial Anak Penyandang Disabilitas. IJTIMAIYA: Journal of Social Science Teaching, 1(1), h. 29.

Julaeha, N. A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Siswa Inklusi Melalui Kegiatan Wirausaha Di Sekolah Dasar Islam Bunga Bangsa Samarinda. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Junaidi, A. (2024). Manajemen Kurikulum Pendidikan Inklusi Dalam Pengembangan Kompetensi Entrepreneurship Siswa Di SMP Negeri 2 Satu Atap Jambon Ponorogo. In Tesis. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Mardiah, A. (2024). Tantangan Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 7 Trienggadeng Pidie Jaya. Journal of Education Sciences and Teacher Training, 12(01), 145–159.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 70 Tahun 2009 Tentang Pendidikan inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa, (2009).

Mulyah, S., & Khoiri, Q. (2023). Kebijakan Pemerintah Terhadap Pendidikan Inklusif. Journal on Education, 05(03), h. 8279.

Neneng, Qomariyah, S., Rizki, N. J., & Erviana, R. (2024). Implementasi Supervisi Manajerial dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Paud Almanshuriyah Kota Sukabumi. KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(3).

Nurwahyuliningsih, E., & Ramdani, J. (2024). Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif Di SMK Negeri Rawas Ulu Kabupaten Musi Rawas Utara. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 5(2), h. 110.

Payamta, P., & Setyaningsih, T. (2024). Mengukur Kendali dan Keberhasilan : Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah di Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum. Jurnal Edukasi Indonesia, 4(1), 76–86.

Pratiwi, N. A. (2019). Implementasi Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar Negeri Serang Pengasuh Kulon Progo. Jurnal Widia Ortodidaktika, 8(10), h. 1016.

Rahman, Sirajuddin, Zulkarnain, & Suradi. (2023). Prinsip, Implementasi dan Kompetensi Guru dalam Pendidikan Inklusi. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(2), 1075–1082.

Rakhmatyah, R., Mahmud, M. E., & Asiah, S. N. (2023). Problematika Pembelajaran Sekolah Dasar Inklusi Di Samarinda (Studi Multisitus Di SDN 016, SD Islam Bunga Bangsa Dan SD Fastabiqul Khairat). ANSIRU PAI : Pengembangan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam, 7(1), h. 195.

Ridha, M., & Setyoningrum, M. U. (2022). Manajemen Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, vol 2 no.1(2), 2022.

Sherly, Nurmiyanti, L., The, H. Y., Firmadani, F., Safrul, Nuramila, Sonia, N. R., Lasmono, S., Halip, M. F., Hartono, R., Na’im, Z., Lestari, A. S., Kristina, M., Sari, R. N., & Hardianto. (2020). Manajemen Pendidikan (Tinjauan Teori dan Praktis). Widina Bhakti Persada Bandung.

Siregar, L. J. (2022). Pelayanan Pendidikan Inklusi Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMKN 3 Samarinda. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta.

Tamy Deby Ivancha, H., Islamiah, I., Putra, W., & Andriani, O. (2024). Dampak Manajemen Pendidikan Inklusi Yang Diberikan Pada Anak ABK. JPBB : Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 3(1), h. 39.

Wahyudi, R., Hariyati, N., & Mariana, N. (2024). Implementasi Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMPN Kabupaten Magetan. Journal of Education Research, 5(3), 3311–3317.

Wandayu, R., Mahendra, S., & Mustika, D. (2024). Optimalisasi Manajemen Sekolah Dalam Menerapkan Pendidikan Inklusi di Sekolah. Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu, 2(6), 1–14.

Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Novitasari, S. (2020). Identifikasi Bakat Peserta Didik Berkebutuhan Khusus (PDBK) Di Madrasah Inklusi Kabupaten Lombok. Jurnal Pendidikan Inklusi, 3(2), h. 104.

Wulandari, H., & Fatimah, T. D. (2023). Tantangan Tenaga Pendidik PAUD dalam Proses Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), h. 641.

Yasmita, I., Mahdum, M., & Kartikowati, R. S. (2022). Manajemen Penyelenggaraan Pendidikan Inklusi Untuk Siswa Berkebutuhan Khusus Di SDS Cendana Duri. Jurnal JUMPED (Jurnal Manajemen Pendidikan), 10(1), h. 67.

Yuliana, N., & Sholeha, L. K. (2024). Analisis Kinerja Guru Di SMK Bina Pemuda Cihampelas Kabupaten Bandung Barat. Manajemen : Jurnal Ekonomi USI, 6(1), 176–187.

Published
2024-11-30
How to Cite
Riduan, R., Nurbayani, E., & Setyoningrum, M. (2024). Manajemen Pendidikan Inklusi di SMP Negeri 7 Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 4(2), 219-233. https://doi.org/10.21093/bjie.v4i2.10769

Most read articles by the same author(s)