Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial
Abstract
Abstact
Social media is a communication medium that is synchronous in sending messages, automatically messages sent cannot be avoided. Millennial teenagers are teenagers born from the 90s to the present where this generation is very familiar with digital-based technologies such as social media. Millennial teenagers are humans with a high curiosity about something new such as adding insight, knowledge, communicating, all the information needed by millennial teenagers today is very easy to get and has become their daily life so that social media cannot be separated from the life of the millennial generation. In the world of education, social media is no less important in the current 4.0 revolution era where social media is used for learning and exchanging information about science, learning media and matters related to education so that now information in the form of announcements or lessons is not only obtained by the millennial generation. by face to face but can also with social media as well. The purpose of this study is to provide useful insights and descriptions in the use of social media as an educational information medium that can enhance the learning and development of millennial youth. The research method used in this research is library research or literature search and this type of method is qualitative research. The results of the study state that the use of social media as a medium of information for the millennial generation makes it easy to access information, both formal and informal, wherever and whenever. However, on the other hand there is also the impact of using social media as an information medium so that it is hoped that monitoring will be carried out carefully and can use social media wisely so that social media can be used effectively.
Keywords: Social Media, Information, Millennial Generation
Abstrak
Media sosial adalah suatu media komunikasi yang sinkron dalam pengiriman pesan, secara otomatis pesan yang dikirim tidak dapat dihindarkan. Remaja millenial adalah remaja yang terlahir dari tahun 90an sampai dengan sekarang yang mana generasi ini sangat akrab dengan teknologi berbasis digital seperti media sosial. Remaja millenial merupakan manusia dengan rasa penasaran yang tinggi terhadap sesuatu yang baru seperti menambah wawasan, pengetahuan, berkomunikasi, segala informasi yang dibutuhkan oleh remaja millenial saat ini dengan sangat mudah didapatkan dan sudah menjadi keseharian mereka sehingga media sosial tidak bisa terlepas dari kehidupan generasi millenial. Dalam dunia pendidikan media sosial tidak kalah penting di era revolusi 4.0 sekarang dimana media sosial dimanfaatkan untuk pembelajaran dan pertukaran informasi mengenai ilmu pengetahuan, media belajar dan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan sehingga sekarang informasi
baik berupa pengumuman ataupun pembelajaran tidak hanya didapatkan oleh generasi millenial dengan bertatap muka akan tetapi bisa dengan media sosial juga. Tujuan penelitian ini untuk memberikan wawasan dan gambaran yang berguna dalam pemanfaatan media sosial sebagai media informasi pendidikan yang dapat meningkatkan pembelajaran dan perkembangan remaja millenial. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode library research atau pencarian kepustakaan dan jenis metode ini adalah penelitian kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan media sosial sebagai media informasi bagi generasi millenial memberikan kemudahan untuk mengakses informasi baik informasi formal maupun informal dimanapun dan kapanpun. Namun, disisi lain adapula dampak dari pemanfaatan media sosial sebagai media informasi sehingga diharapkan bagaimana pengawasan secara cermat dan dapat menggunakan media sosial secara bijak agar media sosial dapat digunakan secara efektif.
Kata Kunci: Media Sosial, Informasi, Generasi Millenial
References
Adiasti, Nindya. 2021. “Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online.” Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Jurdiknas Borneo) 02 (02): 101–10.
Ahmad, Amar, and Nurhidaya. 2020. “Media Sosial Dan Tantangan Masa Depan Generasi Milenial.” Avant Garde 8 (2): 134–48. https://doi.org/10.36080/ag.v8i2.1158.
Ainiyah, Nur. 2018. “Remaja Millenial Dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 2 (2): 221–36. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76.
Amilia, Fitri, Gitta Rowindi, and Syahrul Mubaroq. 2022. “Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Lembaga Pendidikan.” Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 6 (5): 1141–47. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.9355.
Anggraini, Reno Auliya, and Andreas Andrie Djatmiko. 2019. “Pemanfaatan Media Sosial (Group Whatsapp) Dalam Menunjang Aktifitas Belajar Siswa Di Luar Jam Sekolah Di SMK Negeri 2 Tulungagung.” Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran 13 (1): 1–7. https://doi.org/10.26877/mpp.v13i1.5082.
Anshori, Sodiq. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.” Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKN Dan Sosial Budaya 2 (1): 88–100.
Bambang, Siti Enik Mukhoiyaroh, Alfakihi, Deka Heltien, Handayani, and Amelia. 2022. “Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA.” Pena: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 12 (2): 49–60. https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577.
Budiman. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia.” EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia) 2 (2): 149–56.
Cahyadi, Ani. 2019. Pengembangan Media Dan Sumber Belajar: Teori Dan Prosedur. Serang Baru: Laksita Indonesia.
Devi, Adella Aninda. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran.” Jurnal EPISTEMA 3 (1): 1–17. https://doi.org/10.21831/ep.v3i1.40990.
Fitriani, Yuni. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital.” Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research 5 (4): 1006–13. https://doi.org/10.52362/jisamar.v5i4.609.
Harahap, Machyudin Agung, and Susri Adeni. 2020. “Tren Penggunaan Media Sosial Selama Pandemi Di Indonesia.” Jurnal Professional FIS UNIVED 7 (2): 13–23.
Kurniati, Depi. 2022. “Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Dengan Model Blended Learning.” Ta’limi | Journal of Arabic Education and Arabic Studies 1 (2): 119–38. https://doi.org/10.53038/tlmi.v1i2.32.
Murni, Dewi. 2022. “Penggunaan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di
SMKN 3 Tanjungpinang.” Journal of Maritime Empowerment 4 (2): 48–54.
Nahuda, Nadiah, and Popi Puadah. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Upaya Penanaman Nilai-Nilai Ajaran Agama Terhadap Remaja Millenial.” Jurnal Abdimas Le Mujtamak 1 (2): 107–18.
Nursobah, Ahmad. 2021. “Pemanfaatan Media Sosial Youtube Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah.” El Midad: Jurnal PGMI 13 (2): 76–85. https://doi.org/10.20414/elmidad.v13i2.4122.
Pitaloka, Enjelya Dewi, Miftachul Aprilizdihar, and Septiana Dewi. 2021. “Pemanfaatan Sosial Media Sebagai Sarana Pembelajaran Di Era Digital.” Journal of Digital Education, Communication, and Arts (Deca) 4 (2): 101–10. https://doi.org/10.30871/deca.v5i01.3717.
Rahman BP, Abd, Sabhayati Asri Munandar, Andi Fitriani, Yuyun Karlina, and Yumriani. 2022. “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan Dan Unsur-Unsur Pendidikan.” Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam 2 (1): 1–8.
Rofiah, Renda Nur, Na’imah, Mustajab, Riyas Rahmawati, and Soffy Fitri Rahayu. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Mahasiswa PIAUD Era Society 5.0.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 4 (4): 6318–24.
Romadhona, Maya Rosa, and Yeni Anistyasari. 2020. “Studi Literatur Penggunaan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Di SMK.” IT-Edu: Jurnal Information Technology and Education 5 (1): 105–12. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/it-edu/article/view/36460.
Sajdah, Meilisa, Halen Dwistia, Nisa Elfina, and Octa Awaliah. 2022. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pendidikan Agama Islam.” Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2): 81–99.
Setyoningrum, Muthia Umi. 2022. “Manajemen Pembelajaran Daring Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda.” Borneo Journal of Islamic Education vol 2 no.1 (1): 2022.
Simarmata, Ratio Julianci, Emalia Dewi Gea, Gerhajun Fredy Purba, and Agusmanto J.B Hutahuruk. 2022. “Impelementasi Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Untuk Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik.” Edumaspul: Jurnal Pendidikan 6 (1): 364–70. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3054.
Suryaningsih, Anik. 2020. “Dampak Media Sosial Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik.” Edusaintek : Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi 7 (1): 1–10. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v7i1.45.
Tobing, Sari Mellina. 2019. “Pemanfaatan Internet Sebagai Media Informasi Dalam Kegiatan Belajar Mengajar Pada Mata Kuliah Pendidikan Pancasila.” JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan 4 (1): 64–73. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i1.376.
Yanuarti, Eka, and Devi Purnama Sari. 2019. “Peran Dosen Dalam Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Sarana Literasi Pembelajaran Mahasiswa.” Journal of Education and Instruction (JOEAI) 2 (2): 127–38. https://doi.org/10.31539/joeai.v2i2.892.