Perbandingan Pendidikan: Kurikulum Pendidikan Antara Pendidikan di Indonesia dan Finlandia
Abstract
Kurikulum diartikan sebagai komponen penting dalam perencanaan pendidikan yang disusun sesuai dengan proses pembelajaran yang dipimpin langsung oleh sekolah dan di naungi oleh lembaga pendidikan di setiap negara. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum yang diterapkan pada pendidikan di Indonesia dan pendidikan di Finlandia. Jenis penelitian ini studi literatur atau penelitian kepustakaan (library research) Teknik pengumpulan data melalui sumber data primer yang diambil dari buku Ilmu pendidikan karangan Rahmad Hidayat, Abdillah dan buku perbandingan pendidikan Islam (Isu-isu kontemporer tentang konsep, kebijakan, dan implementasi) karangan Abdurrahmansyah dan artikel, jurnal, penelitian relevan lainnya sebagai sumber sekunder. Penelitian ini menggunakan pendekatan komparatif dan menganalisis data melalui analisis isi. Adapun hasil dari penelitian ini terdapat perbedaan antara pendidikan kurikulum di Indonesia dan Finlandia yaitu 1) Dari segi sejarah Indonesia mengalami beberapa perubahan kebijakan kurikulum dari masa orde lama, orde baru dan revolusi, Finlandia mengalami perkembangan kurikulum pada tahun 80-an yaitu kurikulum struktur tunggal. 2) Tujuan kurikulum di Indonesia mendorong peserta didik agar mampu melaksanakan observasi, bertanya, menalar, dan mampu berkomunikasi atau mempresentasikan apa yang di dapat setelah mendapatkan materi dari guru. Sedangkan di Finlandia adalah untuk memastikan bahwa seluruh warganya mendapatkan kesempatan pendidikan yang sama tanpa memandang perbedaan etnis, domisili, kondisi finansi, maupun bahasa. 3) Isi kurikulum di Indonesia masih ada sistem tinggal kelas, kualifikasi guru mengajar minimal D4 sedangkan di Finlandia tidak ada sistem tinggal kelas, kualifikasi guru mengajar minimal S2. 4) Evaluasi dan penilaian di Indonesia menggunakan penilaian formatif dan sumatif sedangkan Finlandia menggunakan penilaian berkelanjutan (continuous assessment).
References
Abdurrahmansyah. (2021). Perbandingan Pendidikan Islam.
Absawati, H. (2020). Telaah Sistem Pendidikan di Finlandia : Penerapan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementari, 3(2), 64–70.
Ahmad Saiful Bahrurruzi, U. dan S. H. (2022). Peran Dan Tantangan Guru Pendidikan Agama Islam Di Era Society 5.0. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 104–109.
Dahniar. (2021). Sistem Pendidikan, Pendidikan Sebagai Sistem dan Komponen Serta Interpendensi Antara Komponen Pendidikan. Jurnal Literasiologi, 7(3), 1–12.
Deni Sopian Stah, Siti Masruroh, Q. Y. Z. dan M. E. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Jurnal Religion Education Social Laa Roiba, 4(1), 34–41.
Effrata. (2021). Landasan Hukum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2), 113–120.
Eliza, A. A. dan D. (2021). Perbandingan Pendidikan di Indonesia dan Pendidikan di Finlandia. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(8), 282–833.
Evi Isna Yunita, S. S. dan H. W. (2019). Manajemen Pendidikan Inklusi Dalam Proses Pembelajaran dan Penanganan Guru Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 267–274.
Faradiba, S. S. dan L. (2020). Perbandingan Penerapan Kebijakan Pendidikan Indonesia dengan Finlandia. Journal School Education, 10(1), 65–73.
Farida, E. (2019). Media Pembelajaran Teknologi Digital Untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar Siswa Pada Abad-21. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 3(2), 457–476.
Herman, E. M. dan Y. (2022). Studi Perbandingan Sistem Pendidikan Dasar di Indonesia dan Finlandia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 1146–1156.
Hermanto, B. (2020). Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Jurnal Foundasia, 11(2), 52–59.
Hikma, M. (2022). Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia.
Insani, F. D. (2019). Sejarah Perkembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Awal Kemerdekaan Hingga Saat Ini. Jurnal As-Salam 1, 8(1), 43–64.
Jehone Rrutemi, V. K. (2023). Thinking and Expression Skills Through Teaching Techniques. Journal of Social Studies Education Research, 14(1), 1–16.
Khoiruddin, K. U. A. dan A. (2020). Implementasi Pendidikan Inklusif dan Kendalanya di SDN Betet 1 Kota Kediri. Jurnal Ilmu Psikologi, 22(1), 1–16.
Maghfiroh, N. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka dalam Menghadapi Era Distribusi dan Era Society 5.0. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(5), 1185–1196.
Mahmudah, I. A. P. dan F. N. (2023). Persepsi Siswa mengenai Guru Close Minded dalam Pembelajaran. Jurnal Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran, 10(1), 34–43.
Maulana Amirul Adha, Severinus Gordisono, N. U. dan A. S. (2019). Analisis Komponen Sistem Pendidikan Indonesia dan Finlandia. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2146–164).
Nadya, A. (2018). Urgensi Pendidikan Inklusi Bagi Mahasiswa Calon Pendidikan. Jurnal JIPIS, 26(2), 13–17.
Noviyanti Urfah, W. A. dan N. S. (2022). Analisis Perbandingan Sistem Evaluasi Pendidikan Pada Kurikulum 2013 dan Pendidikan di Finlandia. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 113–119.
Putra, A. (2018). Mengkaji dan Membandingkan Kurikulum 7 Negara (Malaysia, Singapura, Cina, Korea, Jepang, Amerika dan Finlandia).
Rahayu, A. N. T. dan T. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif Untuk Mewujudkan Kesetaraan Belajar Bagi Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Tingkat SMA Di Surabaya. Jurnal Publika, 9(3), 1t39–154.
Shagena, M. R. A. dan A. (2022). Efektivitas dan Peran Dari Guru dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 17(1), 40–50.
Suardipa, P. (2019). Diversitas Sistem Pendidikan di Finlandia dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan di Indonesia. Jurnal Maha Widya Bhuwana, 2(2), 68–77.
Wakia, S. dan N. (2021). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 11(2), 175–184.