Pengaruh Penggunaan Platform Whatsapp dan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Bangun III

  • Saipul Hadi UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Khojir Khojir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Erna Wahyuni UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi sekarang ini dimana adanya virus corona yang semakin hari semakin meningkat, sehingga kementrian pendidikan dan kebudayaan mengeluarkan surat edaran terkait adanya per ubahan dalam pembelajaran yang awalnya tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring, agar dapat meminimalisir penyebaran covid-19. Oleh sebab itu untuk keberlangsungan pembelajaran daring pastinya didukung oleh media atau alat yang dipercaya dapat membantu proses pembelajaran berlangsung, salah satunya dengan memanfaatkan media platform whatsapp dan google classroom. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform whatsapp terhadap hasil belajar. 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform google classroom terhadap hasil belajar di SMA Negeri 2 Kota Bangun III. 3). Untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform whatsapp dan google classroom terhadap hasil belajar secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dan populasi 110 siswa dengan sampel sebanyak 52 responden, pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Untuk teknik analisis data peneliti menggunakan uji regresi linear berganda, uji t, uji F dan uji Koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis data untuk variabel X1 (whatsapp) terhadap Y (hasil belajar) diperoleh angka sebesar thitung <ttabel (-0,028<1,675) dengan demikian ho diterima dan ha ditolak yang artinya tidak terdapat pengaruh penggunaan platform whatsapp terhadap hasil belajar. Kemudian untuk variabel X2 (google classroom) terhadap Y (hasil belajar) diperoleh angka sebesar thitung<ttabel (-1,643<1,675) dengan demikian ha ditolak dan ho diterima yang artinya tidak ada pengaruh penggunaan plafrorm google classroom terhadap hasil belajar. Untuk uji F atau uji simultan diperoleh nilai sebesar Fhitung<Ftabel (1,972<3,18 artinya tidak ada pengaruh penggunaan platform whatsapp dan google classroom secara bersamaan terhada hasil belajar. Sedangkan untuk uji koefisien determinasi diperoleh nilai sebesar 0,075 atau 0,55% dan sisanya 99,45% yang dipengaruhi oleh variabel lainnya.

Published
2022-05-05
How to Cite
Hadi, S., Khojir, K., & Wahyuni, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Platform Whatsapp dan Google Classroom Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 2 Kota Bangun III. Borneo Journal of Islamic Education, 2(1), 13-23. https://doi.org/10.21093/bjie.v2i1.5097

Most read articles by the same author(s)