Pengaruh Kelekatan Orang Tua pada Anak terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara
Abstract
Keterlibatan orang tua dalam setiap proses kehidupan anak akan memberikan pengaruh yang besar terhadap perkembangannya terutama pada proses belajar. Jika orang tua terbiasa memperhatikan, mengarahkan, mengontrol, dan memberikan dukungan kepada anak, maka anak akan merasa dihargai dan tumbuh motivasi yang kuat didalam dirinya. Adanya kelekatan dapat menimbulkan dorongan untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kelekatan orang tua pada anak terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, populasi penelitian yakni 47 siswa terdiri dari tiga kelas (I, II, dan III) keseluruhan populasi diambil sebagai sampel penelitian. Hasil penelitian diperoleh berdasarkan teknik analisis data uji hipotesis, kelekatan orang tua pada anak memiliki pengaruh yang kuat terhadap motivasi belajar siswa kelas rendah di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara diketahui bahwa tingkat signifikasi sebesar 0,360 > 0,05 besarnya korelasi atau hubungan (R) yaitu sebesar 0,780 sehingga dapat diketahui terdapat pengaruh dari kelekatan orang tua pada anak (X) terhadap motivasi belajar (Y) yang mana mana pada tabel interpretasi nilai rtabel berada pada kategori 0,60 – 79,9. Terlihat dari nilai thitung > ttabel = 8,37 > 1,67 yang berarti pengaruh1kelekatan orang1tua pada anak terhadap1motivasi1belajar di MI Al-Ikhlas Waru Penajam Paser Utara. Besarnya pengaruh kelekatan orang tua pada anak terhadap motivasi belajar diperoleh dari data koefisien determinasi R Square sebesar 60,7% sementara sisanya 39,3%.
Kata Kunci: Kelekatan Orang Tua, Motivasi Belajar, Siswa Kelas Rendah.