Etika Pendidik dalam Pendidikan Islam (Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-Saadah Al-Ba’alawi Karya Habib Zain Bin Smith)

  • Muhammad Abi Hakkin Nazili State Islamic Institute of Samarinda
  • Khojir Khojir State Islamic Institute of Samarinda
  • Rumainur Rumainur State Islamic Institute of Samarinda

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pustaka (Library Research), dan obyek penelitian adalah kitab Manhaj As-Sawi karya Habib Zain bin Smith dengan metode observasi kepustakaan dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Analisis konten sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam kitab Manhaj As-Sawi terdapat etika pendidik yang harus diterapkan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis penulis yang menemukan  bahwa etika yang harus dimiliki pendidik yaitu; etika pendidik kepada diri sendiri (Zuhud dan Tawadhu), etika pendidik kepada peserta didik (adil atau Inshof, Berkata “La Adry” atau “Wallahu A’lam”, Berhati-hati dalam memberi fatwa, dan lemah lembut), etika pendidik kepada teman sejawat dan masyarakat  (Meninggalkan perdebatan, dan Tidak bergaul dengan penguasa). Dari ketiga klasifikasi tersebut sangat relevan diterapkan pada pendidikan Islam masa sekarang.

References

Departemen Agama RI. Al-qur’an dan Terjemahanya. Jakarta: Pustaka Al-Fatih. 2009.
Imam Muslim. Ringkasan Shahih Muslim. penrj. Rohimi & Muttaqin, Zaenal. Bandung: Penerbit Jabal. 2012.
Al-Habib Alwi Al-Haddad, Abdullah bin. ad-Da’wah At-Tammah wa at-Tadzkirah al-A’mmah. terj. Kandangan. Tim Sahabat. Kandangan: Sahabat Kandangan. 2012.
Damyanti, Deni. Jurus Sakti Menjadi Guru Humoris Berkarakter Mulia Dan Berkepribadian positif. Yogyakarta: Araska Publisher. 2017.
Fuad Thahari, Fuad. Buku Siswa Akidah Akhlak Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 kelas X. Kemenag: Jakarta. 2014.
Habib bin Smith, Zain. Manhaj Sawi syarah usul tariqah as-sadah ali ba’alawi. Terj. Kandangan, tim sahabat. Kandangan: Sahabat Mitra Pengetahuan. 2017.
Hamzah, M. dkk. Buku Siswa Akhlak XI Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013. Jakarta: Direktorat Pendidikan Madrasah Kementerian Agama Republik Indonesia. 2015.
Hanafi, Muchlis. & Askaruzzaman, Yunan. Imam Malik: Penapak Atsar & Tradisi Ahli Madinah. Tanggerang: Lenetra Hati: 2013.
Imam Ghazali. Mukhtasar Ihya Ulumuddin. Terj. Madyan Al Qurtubi, Abu Madyan. Depok: Keira Publishing. 2014.
Kosim, Abdul. & Fathurrohman. Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018.
Rasyid, M. Ainur. Hadits-Hadtis Tarbawi: Teori dan Praktik Pendidikan Sesuai Hadits Nabi Muhammad Saw. Yogyakarta: Diva Press, 2017.
Rifa’I, Ahmad. Diaspora ulama Yaman di Mekkah-Madinah pada abad 20. Skripsi: Jakarta, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. tahun 2015.
Roqib, Moh. Ilmu Pendidikan Islam: Pengmbangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga, dan Masyarakat. Yogyakarta: Likis Printing Cemerlang. 2009.
Syekh Al-Jaelani, Abdul Qadir. “Al-Ghunyah li thalibi Thariq al-Haqq Azza wa Jalla”. Terj., Irawan, Aguk. Buku Saku Etika Islam Sehari-hari: Memahami Tata Krama dan Sopan Santun Sebagai Muslim. Jakarta: Penerbit Zaman. 2015.
Afiyanti, Yati. Validitas dan Reabilitas Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia. Vol 12. No. 2. 2008.
Ismawati, Eka. Nilai-nilai Sikap Guru dan Murid Menurut Az-Zarnuji dalam Bukunya Ta’limul Muta’alim. Skripsi: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. 2017.
Muhandis, Muhammad Kun. Konsep Kompetensi Guru Dalam Membentuk Etika Peserta Didik Menurut Habib Zain bin Ibrahim bin Smith Dalam Kitab Manhaj As-Sawi. Skripsi: Kudus, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus. 2016.
Ramli, M. Hakikat Pendidik & Peserta Didik. Jurnal Tarbiyah Islamiyah Vol. 05. No. 1. 2015.
Rosif. Dialekta Pendidikan Islam (Analisis Pemikiran Ibnu Maskawih). Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 3. No. 2. 2015.
Salminawati. Etika Pendidik Presfektif Imam An-Nawawi. Miqot. Vol. XL. No. 2. 2016.
Samrin. Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional Di Indonesia. Jurnal At-Ta’dib. Vol 08. No. 1. 2015.
Sriwahyuni, Ayu Ketut. dkk. “Pengaruh Implementasi Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau Dari Minat Belajar Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Almapura”. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan. Vol. 4. No. 1. 2013.
Suksani, Agensi. & Efendy, Hady. “The Problematic of Education System in Indonesia and Refrom Agenda”. International Journal of Education Vol. 9. No. 3. 2017.
Tanyid, Maidantius. Etika Dalam Pendidikan: Kajian Etis Tentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan. Jurnal Jaffray. Vol. 12. No. 2. 2014.
Umar. RAGAM ISTILAH DALAM ETIKA PROFESI KEGURUAN. Jurnal Lentera pendidikan. Vol. 17. No. 1. 2019.
Yuliati. “Penerapan Metode Debat Pro dan Kontra untuk meningkatkan Proses Pembelajaran PPkn”. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial. Vol. 15. No. 1. 2018.
Published
2021-02-24
How to Cite
Nazili, M., Khojir, K., & Rumainur, R. (2021). Etika Pendidik dalam Pendidikan Islam (Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-Saadah Al-Ba’alawi Karya Habib Zain Bin Smith). Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), 13-38. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3146