Peningkatan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Melempar dan Menangkap Bola Menggunakan Metode Demonstrasi

  • Yuliani Yuliani
  • Khojir Khojir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Mujahidah Mujahidah
Keywords: Motorik kasar anak, Bermain menangkap dan melempar bola, Metode demonstrasi

Abstract

Minimnya kemampuan anak dalam menggunakan keterampilan tangan dan jari untuk melempar dan meangkap bola dikarenakan kurang optimalnya dalam oenggunaan metode pembelajaran yang melibatkan aktifitas fisik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan kegiatan bermain menggunkan metode demonstrasi untuk meningkatkan motorik kasar anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaboratif bersaam dengan guru. Subjek penelitian adalah anak kelompok A TK Kasih Bunda Tenggarong Seberang yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dalam satu siklus, dilakukan sebanyak dua kali tindakan penelitian. Hasil penelitian menyatakan bahwa bermain melemar dan menangkap bola dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak dan hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan pada masing-masing sikulus. Nilai rata-rata tertinggi pada penelitian ini ditentukan sebesar 4 untuk masing-msing siklus. Pada pra siklus kemampuan anak rata-rata bernilai 1.6 dengan presentase 40,27% dengan kategori Belum Berkembang (BB), pada siklus ke I menjadi 3,26 dengan presentase 82,98% dengan Kategori Mulai Berkembang (MB), pada siklus ke II menjadi nilai 3,87 dengan presentase rata-rata  85% dengan kategori Berkembang Sesuai Harapan (BSH).

References

Afandi, Muhamad, Evi Chamalah, Oktarina Puspita Wardani, dan H. Gunarto. “Model dan metode pembelajaran.” Semarang: Unissula, 2013.
Bruner, Jerome. “Jerome Bruner: Reflections of a developmental psychologist.” Human Development 51, no. 1 (2008): 101–3.
Christiyanti, Finisya Seffy, dan Sri Setyowati. “PENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MERONCE MELALUI METODE DEMONSTRASI ANAK KELOMPOK B.” PAUD Teratai 4, no. 3 (2015).
DEWI, SRI. “Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Melempar dan Menangkap Bola Di TK Islam Darussalam Bukit Gombak,” 2018.
Ginting, Ernis Hiasinta, dan Damaiwaty Ray. “Pengaruh Kegiatan Bermain Melempar Bola Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 4-5 Tahun di Tk Assisi Medan.” JURNAL TEMATIK 8, no. 2 (2018): 207–2014.
Gunarsa, Singgih D. Psikologi perkembangan anak dan remaja. BPK Gunung Mulia, 2008.
Hetherington, Eileen Mavis, Ross D. Parke, dan Virginia Otis Locke. Child psychology: A contemporary viewpoint. McGraw-Hill, 1999.
Huliyah, Muhiyatul. “Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1, no. 01 (2017): 60–71.
Jumanti, Lilas Priana. “Pengaruh Penerapan Metode Inkuiri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik dalam Pembelajaran PAI di SMP Negeri 26 Makassar.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 2017.
Mulyasa, Enco. “Menjadi guru profesional menciptakan pembelajaran kreatif dan menyenangkan.” Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005, 24–29.
Mutiah, Diana. Psikologi bermain anak usia dini. Kencana, 2015.
Novitasari, Reni, M. Nasirun, dan D. Delrefi. “Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Melalui Bermain Dengan Media Hulahoop Pada Anak Kelompok B Paud Al-Syafaqoh Kabupaten Rejang Lebong.” Jurnal Ilmiah POTENSIA 4, no. 1 (2019): 6–12.
Payne, V. Gregory, dan Larry D. Isaacs. Human motor development: A lifespan approach. Routledge, 2017.
Pertiwi, Kemampuan Bahasa Lisan Anak TK, dan Kiringan I. Kecamatan Tulung. “Anonim. 2004. Kurikulum 2004: Standar Kompetensi Taman Kanak-Kanak Jakarta: Depdiknas. Dhieni Nurbiana. 2010. Metode Pengembangan Bahasa: Jakarta: Universitas terbuka Gunarti Winda, dkk. 2008. Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan,” t.t.
Peters, Sally, Carol Hartley, Pat Rogers, Jemma Smith, dan Margaret Carr. “Early childhood portfolios as a tool for enhancing learning during the transition to school,” 2009.
Piaget, Jean. “Part I: Cognitive development in children: Piaget development and learning.” Journal of research in science teaching 2, no. 3 (1964): 176–86.
Rahmawati, Indriana. “Hubungan antara konsep diri dengan penyesuaian diri siswa-siswi Madrasah Aliyah Negeri Wlingi Blitar.” PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2008.
Rahmawati, Indriana, Abdul Basith, dan Rostanti Toba. “Learning Model For Special Needs Children (ABK) in Inclusive Primary Schools.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 3, no. 2 (2021): 111–32.
Santrock, John W. “Essentials of life-span development,” 2018.
———. Life-span development. WCB Brown & Benchmark Publishers, 1995.
Sriwahyuni, Eci, Nova Asvio, dan Nofialdi Nofialdi. “Metode Pembelajaran yang Digunakan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Permata Bunda.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 4, no. 1 (2017): 44–62.
Sudono, Anggani. Sumber belajar dan alat permainan untuk pendidikan anak usia dini. Grasindo, 2000.
Sujiono, Bambang, M. S. Sumantri, dan Titi Chandrawati. “Hakikat Perkembangan Motorik Anak.” Modul Metode Pengembangan Fisik, 2014.
Sukamti, Endang Rini. “Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Sebagai Dasar Menuju Prestasi Olah Raga.” Yogyakarta: FIK-UNY, 2001.
SUMARNI, THERESIA. “Peningkatan Motorik Kasar Melalui Kegiatan Bermain Melempar Dan Menangkap Bola Pada Anak Didik Kelompok A Tk Kanisius Sidowayah Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.” PhD Thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2012.
Suryana, Dadan. Pendidikan Anak Usia Dini: Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak. Prenada Media, 2016.
Wiyani, Novan Ardy. “Manajemen Paud Bermutu: Konsep dan Praktik MMT di KB, TK/RA,” 2018.
Wulandari, Hesti, dan Edi Purwanta. “Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di Taman Kanak-kanak selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 452–62.
Yus, Anita. Model pendidikan anak usia dini. Kencana, 2011.
Published
2021-08-30

Most read articles by the same author(s)