Layanan Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa SMA Negeri 1 Samboja
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana layanan bimbingan karir yang ada di sekolah dapat membantu peserta didik dalam membuat perencanaan karir di masa depan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif analisis. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Samboja yang merupakan salah satu sekolah favorit yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik purposive sampling digunakan untuk memastikan bahwa informasi yang diperoleh berasal dari informan yang sesuai dengan kriteria tujuan penelitian, sehingga didapatkan informan yang terdiri dari dua guru bimbingan konseling dan enam perwakilan siswa dari setiap kelas XII. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan model deskriptif analisis oleh Miles dan Huberman. Peneliti juga menggunakan beberapa teori yang dijadikan acuan dalam proses penyusunan data, yaitu: 1) teori trait and factor untuk menganalisis bagaimana aspek-aspek seperti minat, bakat, hasil belajar, dan ciri kepribadian dapat diidentifikasi melalui layanan bimbingan karir; 2) teori Donald Edwin Super untuk memahami tahapan-tahapan perkembangan karir individu mulai dari perkembangan, eksplorasi, pemantapan, pembinaan hingga kemunduran; 3) teori Holland digunakan untuk memahami hubungan antara kepribadian siswa dan lingkungan karir yang sesuai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir di SMA Negeri 1 Samboja efektif dalam membantu peserta didik merencanakan serta memantapkan pilihan karir yang sesuai dengan kondisi serta minat dan bakat peserta didik. Hal ini berdasarkan hasil dari asesmen teknik non tes menggunakan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap enam perwakilan peserta didik dengan indikator perencanaan karirnya berupa pemahaman terhadap wawasan dan persiapan karir, pertimbangan alternatif pilihan karir, dan memiliki perencanaan karir di masa depan secara matang.
References
Afrida, Y., & Iskandar, R. (2017). Pengembangan sumber daya manusia pada lembaga pusat karir di perguruan tinggi agama Islam negeri. Maqdis: Jurnal Kajian Ekonomi Islam, 2(2), 1–15.
Alam, F. A., & Rukaya. (2019). Korelasi layanan bimbingan karier dengan bahasa dan sastra di era revolusi industri 4.0. Guepedia.
Anggraini, W., Kurniawan, F., Susilawati, & Hasna, A. (2020). Validitas dan realibilitas instrumen teori pilihan karir Holland di Indonesia. Bulletin of Counseling and Psychotherapy, 2(2), 68–73. https://doi.org/10.51214/bocp.v2i2.34
Apriliani, L., Rohaeti, E. E., & Rosita, T. (2020). Layanan bimbingan karir pada peserta didik yang memiliki prestasi dalam akademik di SMA Pasundan Majalaya. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 3(5). https://doi.org/10.22460/fokus.v3i5.5790
Astuti, B., & Purwanta, E. (2019). Bimbingan karier untuk meningkatkan kesiapan karier. UNY Press.
Basaria, D., & Suyasa, P. Tommy. Y. S. (2021). Assessment penelusuran karir akademik berdasarkan kesesuaian persepsi bakat dan minat di sekolah menengah atas Kanaan Jakarta. Prosiding Pengembangan Ekonomi Bangsa Melalui Inovasi Digital Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 89–98. https://doi.org/10.24912/psenapenmas.v0i0.14976
Budiman, C., Gunawan, G., & Hidayat, D. R. (2020). Layanan bimbingan karir teori Donal E. Super guna meningkatkan kematangan karir pada peserta didik di sekolah menengah kejuruan( SMK) Authors. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 32–39. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27383
Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1), 72–75. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.589
Fahmi, A. J., Widyanti, R., & Maskur. (2021). Keterampilan manajerial dan pengembangan karir pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Jurnal Al-Ulum: Ilmu Sosial dan Humaniora, 7(2), 48–60. https://doi.org/10.31602/alsh.v7i2.5735
Farida, Sobari, T., & Irmayanti, R. (2020). Layanan bimbingan karier terhadap perencanaan karier peserta didik di SMA. 3(5), 164–170. https://doi.org/10.22460/fokus.v3i5.5777
Fikriyani, D. N., & Herdi. (2021). Perencanaan program bimbingan karir dalam meningkatkan eksplorasi karir siswa. Jurnal Edukasi: Media Kajian Bimbingan Konseling, 7(1), 1–14. https://doi.org/10.22373/je.v7i1.7563
Hidayat, D. R., Cahyawulan, W., & Alfan, R. (2019). Karier: Teori dan aplikasi dalam bimbingan dan konseling komprehensif. CV. Jejak, anggota IKAPI.
Jannah, R. (2021). Layanan bimbingan karir untuk meningkatkan motivasi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. AL-IHATH: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 1(1), 43–56. https://doi.org/10.53915/jbki.v1i1.115
Jauhari, J., & Maryani, R. (2018). Program bimbingan karir dalam meningkatkan rencana keputusan karir siswa. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 2(1), 45–62. https://doi.org/10.30631/jigc.v2i1.15
Lazuardi, A. F., Sofah, R., & Putri, R. M. (2018). Analisis kematangan karir siswa kelas X berdasarkan teori Donal E. Super di madrasah aliyah negeri 2 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif, 5(2), 1–4.
Mansyur, A. I., Chairunnisa, D., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi teori super pada program layanan bimbingan dan konseling karir untuk mahasiswa perguruan tinggi. Jurnal Psikologi Konseling, 15(2), 474–482. https://doi.org/10.24114/konseling.v15i2.16197
Marsudi, G. M., & Bakhtiar, Moch. (2019). Peran guru bimbingan konseling dalam mengoptimalkan perencanaan karir siswa MAN Baureno. Attanwir : Jurnal Kajian Keislaman dan Pendidikan, 10(1), 80–90. https://doi.org/10.53915/jurnalkeislamandanpendidikan.v10i1.17
Matthew, Miles, Huberman, M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis. SAGE.
Miharja, S. (2019). Pengaruh bimbingan karier pada kematangan karier dan efikasi diri. Jurnal Al Isyraq: Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, dan Konseling Islam, 2(2), 181–207. https://doi.org/10.59027/alisyraq.v2i2.24
Nurmalasari, Y., & Erdiantoro, R. (2020). Perencanaan dan keputusan karier: Konsep krusial dalam layanan BK karier. QUANTA: Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan, 4(1), 44–51. https://doi.org/10.22460/q.v4i1p44-51.1709
Octavia, S. A. (2021). Profesionalisme guru dalam memahami perkembangan peserta didik. CV. Budi Utama.
Putra, B. J. (2021). Studi literatur: Teori perkembangan karir Donald Edwin Super. Al-Isyrof: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.51339/isyrof.v3i1.296
Putranti, D. (2018). Layanan bimbingan karir di sekolah menengah kejuruan berbasis teaching factory. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori dan Praktik Bimbingan dan Konseling, 5(2), 42–47.
Putri, R. M. (2018). Pengaruh layanan informasi bidang bimbingan karir dalam perencanaan karir siswa kelas XII IPA di SMA negeri 1 Indralaya Selatan. 16(1), 7–18. https://doi.org/10.31851/wahanadidaktika.v16i1.1921
Rahmadani, N., & Herdi. (2021). Kinerja guru BK dalam melaksanakan program BK layanan bimbingan karir di SMA. Jurnal Bimbingan dan Konseling Terapan, 5(1), 37–43. https://doi.org/10.30598/jbkt.v5i1.1070
Rambe, R. (2018). Layanan bimbingan karir dalam meningkatkan perencanaan karir siswa kelas xi mia 3 di madrasah aliyah negeri 3 Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, 1–135.
Rijali, A. (2019). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81–95. https://doi.org/10.18592/alhadharah.v17i33.2374
Ristian, T., Rahmadani, N., & Hidayat, D. R. (2020). Studi literature: Pendekatan teori trait and factor dalam pengambilan keputusan karir siswa SMA. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 11(1), 1–8. https://doi.org/10.23887/jjbk.v11i1.27334
Rohmah, U. (2018). Bimbingan karir untuk peserta didik di sekolah dasar. CENDEKIA: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, 16(2), 261–282. https://doi.org/10.21154/cendekia.v16i2.473
Rosmaini, & Tanjung, H. (2019). Pengaruh kompetensi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Pengaruh kompetensi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366
Authors who publish articles in TAUJIHAT: Jurnal Bimbingan Konseling Islam agree to the following conditions:
- Authors own the article's copyright and grant the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under CC-BY-SA or The Creative Commons Attribution – ShareAlike Licence.
- Authors may enter into separate additional contractual agreements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., posting it to an institutional repository or publishing it in a book), with acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during the submission process, as this can lead to productive exchange and earlier and more extraordinary citation of the published work.