Pengaruh Promosi Tabungan Bank Sumsel Babel Syariah Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kota Palembang
Abstract
This study aims to determine the interest of Palembang’s people to save, especially saving in a sharia-based regional bank, namely Bank Sumsel Babel Syariah. This research was conducted for three months using primary data by distributing questionnaires, books and related journals, the location of the study was in the city of Palembang. the sampling techniques used in this research was random sampling techniques with a total sample of 100 respondents and analyzed with multiple linear regression. The results of this study shown that Advertisements and Publicity have effect on people's saving interest, while sales promotion and personal sales did not affect people's saving interest.
References
Damayanto, B., & Andriani, L. (2018). Pengaruh Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada PT. Angsana Jaya. SJEE : Scientific Journals of Economic Education, 2(1). Diambil dari http://sjee.unbari.ac.id/index.php/ojssjee/article/view/18
Dharmmesta, B. S. (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.
Ervani, E. (2010). Analisis Pengaruh Capital Adequacy Ratio, Loan To Deposit Ratio, Dan Biaya Operasional Bank Terhadap Profitabilitas Bank Go Public Di Indonesia Periode 2000-2007. Jejak, 03(02), 165–171.
Firnanda, F. (2018). Pengaruh Pengetahuan Perbankan Syariah Dan Promosi Kalangan Siswa Jurusan Perbankan Syariah Smk Muhammadiyah 4 Sragen Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah (skripsi). IAIN Surakarta. Diambil dari http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2441/
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How To Design And Evaluate Research In Education. New York: Mc Graw Hill.
Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: BPFE Universitas Diponegoro.
Gunawan, C., & Djati, S. P. (2018). Pengaruh Personal Selling, Celebrity Endorser, Dan Trust Terhadap Keputusan Pembelian Produk Mi1 Global. Jurnal Ilmiah Bisnis, Pasar Modal Dan Umkm, 1(1). Diambil dari https://ibn.e-journal.id/index.php/JIBPU/article/view/102
Hamid, A., Sumarni, M., & Purwaliani, R. (2017). Peran Iklan Dalam Meningkatkan Minat Menabung Masyarakat Pada PT Bank Syariah Mandiri Cabang Kota Langsa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEBI IAIN LANGSA, 1(1).
Harini. (2008). Makro Ekonomi Pengantar. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. https://doi.org/10.15294/jdm.v9i1.14655
Jaswadi, K. (2018). Pengaruh keyakinan, promosi dan lokasi terhadap minat masyarakat muslim menabung di BPRS Gala Mitra Abadi Grobogan (undergraduate). UIN Walisongo, Semarang. Diambil dari http://eprints.walisongo.ac.id/7954/
Kaluku, F., Mandey, S. L., & Soepeno, D. (2018). Analisis Bauran Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Produk Unggulan Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Manado. Jurnal EMBA, 6(2). Diambil dari https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/19873
Khoirulloh, K., Haryono, A. T., & Wulan, H. S. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pembelian Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Roti Bakar Breadhouse Sirojudin,Tembalang Semarang). Journal of Management, 4(4). Diambil dari http://jurnal.unpand.ac.id/index.php/MS/article/view/1006
Kotler, P., & Amstrong, G. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran Terjemah: Damos Sihombing. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Kller. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kusumawati. (2010). Jurnal Penelitian Analisis Pemakaian Gaya Bahasa Pada Iklan Produk Kecantikan Perawatan Kulit Wajah di Televisi.
Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran: Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mahmudah, A. (2014). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung (Studi Kasus KJKS Dana Barokah Muntilan. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.
Maisya, F. (2013). Pengaruh Periklanan, Promosi Penjualan Dan Hubungan Masyarakat Terhadap Keputusan Menabung Di PT. Bank Negara Indonesia, Tbk. Cabang Bukittinggi. Universitas Negeri Padang.
Nitisemito, A. S. (2009). Manajemen Personalia. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Onditi, A. A., Oginda, M. N., Ochieng, I., & Oso, W. (2012). Implications of Service Quality on Customer Loyalty in the Banking Sector. A Survey of Banks in Homabay County, Kenya. International Jurnal of Business and Social Science, 03(21), 223–233.
Ortega, D., & Alhifni, A. (2017). Pengaruh Media Promosi Perbankan Syariah terhadap Minat Menabung Masyarakat di Bank Syariah. Equilibrium, 05(01), 87–98.
Prassetio, E. (2017). Pengaruh Tingkat Nisbah Bagi Hasil, Penerapan Akad, Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Lembaga Keuangan Perbankan Syariah ( Studi Kasus Masyarakat Tangerang Selatan). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diambil dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/36169
Pulungan, A. (2009). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nasabah Untuk Menggunakan Produk Jasa PT. Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk Cabang Syariah Medan. Universitas Sumatera Utara. Diambil dari http://repository.usu.ac.id/handle/123456789/11310
Rahayu, S. S. P. (2017). Pengaruh Promotional Mix Syariah Terhadap Proses Keputusan Nasabah Dalam Memilih Tabungan (Studi Kasus Pada Tabungan Faedah PT Bank Bri Syariah). UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diambil darihttp://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/38779
Saibantono, F., Triastity, R., & Susanti, R. (2018). Pengaruh produk, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap keputusan anggota untuk menabung. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 18(1).
Sawant, R. P. (2012). Impact of Advertising on Brand Awareness and ConsumerPreference (With Special Reference to Men`S Wear). IOSR Journal of Business and Management (IOSR-JBM), 5(6), 54–61.
Stanton, W. J. (1996). Prinsip Pemasaran Terjemah: Yohanes Lamarto. Jakarta: Erlangga. https://doi.org/2000
Suryabrata, S. (2006). Psikologi Kepribadian. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Tjiptono, F., & Chandra, G. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.
Wardhana, A., & Iba, Z. (2014). Pengaruh Penjualan Personal Terhadap Pengetahuan Produk Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Mobil SUV Premium Di Jawa Barat. Jurnal Kebangsaan, 3(5).
Yudhiartika, D., & Haryanto, J. O. (2012). Pengaruh Personal Selling, Display, Promosi Penjualan Terhadap Kesadaran Merek Dan Intensi Membeli Pada Produk Kecantikan Pond’s. Buletin Studi Ekonomi. Diambil darihttps://ojs.unud.ac.id/index.php/bse/article/view/2187
Zainab, Z. (2011). Pengaruh Citra Merek, Periklanan, Dan Persepsi Terhadap Minat Menabung Nasabah (Studi Kasus Pada Masyarakat Ciputat Dan Pamulang Yang Menjadi Nasabah Di Bank Muamalat. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Diambil dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/1520/1/101271-zainab-feb.pdf