Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) Terhadap Return On Aset (ROA) Pada Bank Syariah

  • Dedy Mainata Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda
  • Addien Fahma Ardiani Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda
Keywords: Capital Adequacy Ratio, Return On Aset (ROA)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh capital adequacy ratio (CAR) terhadap return on assets (ROA) pada perusahaan  Perbankan Syariah  periode tahun 2012 hingga tahun 2016. Populasi  dalam penelitian  ini  sebanyak  9  perusahaan  perbankan  syariah.  Jenis penelitian  ini  adalah penelitian  kuantitafif  dengan  menggunakan  sumber  data  sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan perbankan syariah dan jurnal-jurnal penelitian terdahulu. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa Variabel Capital Adequacy Ratio tidak berpengaruh   signifikan  terhadap profitabilitas perusahaan perbankan syariah, hal  ini dibuktikan dengan uji  tdengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dimana tingkat signifikan lebih kecil dari level alpha sebesar 0,05 yang berarti ada hubungan atau pengaruh CAR (X) terhadap ROA (Y)

Author Biographies

Dedy Mainata, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda
Addien Fahma Ardiani, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Samarinda

References

Anggraini, Made Dwi, Wayan Cipta dan Ni Nyoman Yulianthini. Pengaruh Capital Adequacy (CAR) dan Non Performing Loan (NPL) terhadap Return On Asset (ROA) pada perusahaan perbankan yang go public di bursa efek Indonesia periode 2013-2014. e-Journal Bisma Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Manajemen (Volume 4 Tahun 2016)

Astohar. 2016. Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio Terhadap Profitabilitas Perbankan Syariah di Indonesia dengan Inflasi sebagai Variabel Pemoderasi. Semarang: STIE

Fitriana, Endang. Pengaruh NPF, CAR, dan EVA terhadap Profitabilitas Perusahaan Perbankan Syariah di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen: Volume 5, nomor 4, April 2016.

Muzakki. 2014. Pengaruh CAR, NPF, REO Dan FDR terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah. Surabaya: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas.

Penitasari. Pengaruh Rasio Kecukupan Modal dan Pembiayaan Bermasalah terhadap tingkat pengembalian Aset.Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Sumber Website:

http://www.brisyariah.co.id
http://www.bnisyariah.co.id
http://bankvictoriasyariah.co.id
http://www.bjbsyariah.co.id
https://www.paninbanksyariah.co.id/
http://www.bankmuamalat.co.id/
Published
2018-01-29