IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH
Abstract
Berpikir kritis adalah kemampuan dasar yang perlu dikembangkan peserta didik untuk menyikapi dinamika kehidupan di abad ke-21, yang membutuhkan keterampilan dalam menganalisis, menilai, serta menyelesaikan masalah secara efektif. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menelaah bagaimana penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem-Based Learning) dapat membangun kemampuan berpikir kritis pada peserta didik. Metode deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan teknik observasi dan wawancara pada proses pembelajaran PBL. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa PBL secara signifikan meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik dalam mata pelajaran fikih, ditandai dengan kemampuan lebih baik dalam mengidentifikasi dan merumuskan masalah fikih, menganalisis kasus-kasus hukum Islam secara mendalam, mengembangkan argumen berbasis dalil dan prinsip fikih, menarik kesimpulan secara logis, serta melakukan refleksi kritis terhadap materi pembelajaran. Selain itu, penerapan PBL juga mendorong keterlibatan aktif peserta didik dan menciptakan lingkungan belajar yang mendukung kolaborasi antara pendidik dan peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa PBL dapat digunakan sebagai strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan dalam berpikir analisis dan kualitas pendidikan secara keseluruhan, termasuk aspek kognitif, afektif, dan sosial peserta didik pada mata pelajaran fikih.
References
1000 – 1004.
Almulla, M. A. (2020). The Effectiveness of the Project-Based Learning (PBL) Approach as a Way
to Engage Students in Learning. SAGE Open, 10(3), 215824402093870.
https://doi.org/10.1177/2158244020938702
Aprina, E. A., Fatmawati, E., & Suhardi, A. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning
Untuk Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Muatan IPA Sekolah Dasar.
Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 981–990.
Arine Ellen Rose, Ayu Nency, Egi Sudira, Yesaya Haria, & Ade Suryanda. (2024). Eksplorasi
Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi di Abad 21: Strategi Inovatif Pembelajaran Biologi
di Abad 21. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 102–107.
https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2270
Auliah, F. N., Febriyanti, N., & Rustini, T. (2023). Analisis Hambatan Guru dalam Penerapan
Model Problem Based Learning pada Pembelajaran IPS Kelas IV di SDN 090 Cibiru
Bandung. Journal on Education, 5(2), 2025–2033.
Fahmi, F. (2021). Standar Proses Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah.
PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–16.
Febrina, D. A., & Airlanda, G. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Problem Based Learning
Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,
6(4), 564–572.
Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3),
1349–1355. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.924
Hantono, H., & Lubis, W. (2024). Standar Proses Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pada
Tingkat SMP Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi Bisnis, Manajemen dan Akuntansi (JEBMA),
4(2), 638–648. https://doi.org/10.47709/jebma.v4i2.3829
Harwanti, N. A. S., & Rumiati, A. T. (2021). Pengelompokkan Mutu Sekolah Dasar Di Indonesia
Berdasarkan Standar Nasional Pendidikan dengan Metode Fuzzy C-Means [Classification
of elementary school quality in Indonesia based on national education standards with the
Fuzzy C-Means method]. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 9(2), D123–D129.
Hasanah, M., & Fitria, Y. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan
Kognitif IPA pada Pembelajaran Tematik Terpadu. Jurnal Basicedu, 5(3), 1509–1517.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.968
Inayah, F., Mariani, S., & others. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Literasi
Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran PBL Berpendekatan STEAMPMRI. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 9(1), 86–
96.
Iryanto, N. D. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning
(PBL) sebagai Sistem Belajar Mengajar Bahasa Indonesia Inovatif di Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(5), 3829–3840.
Jumhur, A. A., Avianti, R. A., Nurfitri, P. E., & Mahir, I. (2024). Implementation Of ProblemBased Learning To Improve Critical Thinking Ability Of Vocational Students In Jakarta.
European Journal of Education and Pedagogy, 5(5), 16–24.
Kasi, R. (2023). Pembelajaran Aktif: Mendorong Partisipasi Siswa.
Kementerian Agama, R. (2015). Al-Qur’an. Al-Qur’an Dan Terjemahannya. Jakarta: Lajnah.
Kusmaryono, I. (2020). Strategi Scaffolding Pada Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional
Pendidikan Sultan Agung IV, 2(1).
Lismaya, L. & others. (2019). Berpikir Kritis & PBL:(Problem Based Learning). Media Sahbat
Cendekia.
Maqbullah, S., Sumiati, T., & Muqodas, I. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. 13(2).
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods
sourcebook. (No Title).
Moleong, J. (2000). Lexy, Metode Penelitian Kuantitatif, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk
Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan
Vokasi, 4(1). https://doi.org/10.21831/jpv.v4i1.2540
Nuraida, D. (2019). Peran Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa
Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–
60.
Oktavia, R. S., Harir, A. H., & Rosdiana, L. (2024). Problem Based Learning: Melatihkan Keterampilan
Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi IPA
Kelas IX. PENDIPA Journal of Science Education, 8(2), 171–175.
Prastawa, S., & Radiyanto, A. (2024). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning
Berbasis Era Pasca Pandemi Covid 19 Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Peserta Didik.
Brilliant Journal of Education, 1(1), 5–14. https://doi.org/10.62952/brijoe.v1i1.16
Pratiwi, E. T., & Setyaningtyas, E. W. (2020). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sd Dengan Model
Pembelajaran Prolem- Based Learning Dan Model Pembelajaran Project-Based Learning. 4(2).
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut
Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.
Rahmayanti, R., & Munawaroh, D. A. (2024). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Madrasah Aliyah Melalui Pembelajaran IPS Berbasis Problem Based Learning. MIYAH:
Jurnal Studi Islam, 20(02), 229–250.
Ramalingam, D., Anderson, P., Duckworth, D., Scoular, C., & Heard, J. (2020). Creative thinking:
Skill development framework. Australian Council for Educational Research Camberwell.
Retnaningsih, A. P. (2024). Relevansi Konstruktivisme Sosial Lev Vygotsky Terhadap Kurangnya
Peran Orang Tua dalam Pendidikan Moral Anak di Indonesia. Sophia Dharma: Jurnal Filsafat,
Agama Hindu, Dan Masyarakat, 7(1), 44–58.
Sari, V. E., Pamelasari, S. D., & Hardianti, R. D. (2023). Penerapan Model PBL-STEM Melalui
Kegiatan Field Trip Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Abad 21. Proceeding Seminar
Nasional IPA.
Sastradinata, B. L. N. (2023). Transformasi Mindset Dalam Membangun Kemampuan Berpikir
Kritis Melalui Metode Pembelajaran Aktif. Deepublish.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Triandi, D., Nuryani, P., & Djumhana, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem
Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di Kelas IV
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(3), 21–30.
Ulya, Z. (2024). Penerapan Teori Konstruktivisme Menurut Jean Piaget Dan Teori Neuroscience
Dalam Pendidikan/Application Of Constructivism Theory According To Jean Piaget And
Neuroscience Theory In Education. Al-Mudarris: Journal of Education, 7(1), 12–23.
Uno, H. B. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.
Wahyu Ariyani, O., & Prasetyo, T. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning
dan Problem Solving terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal
Basicedu, 5(3), 1149–1160. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.892
Wardani, D. A. W. (2023). Problem based learning: Membuka peluang kolaborasi dan
pengembangan skill siswa. Jawa Dwipa, 4(1), 1–17.
Zahranie, M., Andayani, Y., & Loka, I. N. (2020). Hubungan Keaktifan Bertanya dengan
Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA di SMA/MA Se-Kecamatan Narmada
Tahun Ajaran 2019/2020. Chemistry Education Practice, 3(1), 5–11.

