Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI) Labbaika Samarinda

  • Abem Ngisti State Islamic Institute of Samarinda
  • Imroh Atul Musfiroh State Islamic Institute of Samarinda

Abstract

Dalam proses komunikasi pembelajaran disekolah sering timbul pemahaman berbeda yang diserap oleh peserta didik. Hal ini disebabkan adanya kecenderungan komunikasi verbalisme, ketidak siapan peserta didik sehingga tidak fokus terhadap materi pembelajaran yang disampaikan guru. Untuk itu dalam pembelajaran guru perlu menyampaikan materi dengan cara yang menarik yaitu menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media power point terhadap tingkat pemahaman peserta didik dan seberapa besar signifikansi penggunaan media power point dalam tingkat pemahaman. Dalam artikel ini peneliti menggunakan penelitian kuantitatif, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK TI Labbaika berjumlah 110 peserta didik, dan metode yang digunakan adalah random sampling. Teknik uji validitas data menggunakan rumus product moment dan uji reliabilitas data menggunakan rumus cronback alpha. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan hipotesis di uji menggunakan rumus uji “t”. Berdasarkan hasil korelasi product moment secara manual dengan bantuan MS Excel 2010 diperoleh angka sebesar 0,294 angka tersebut berada dalam interval antara nilai 0,20-0,399 berdasarkan skala interpretasi, angka tersebut berarti “rendah” sehingga peneliti menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penggunaan media power point terhadap tingkat pemahaman Pendidikan Agama Islam di SMK TI Labbaika Samarinda dengan pengaruh yang rendah yaitu sebesar 0,294.

References

Ahmadi, Abu dan Salimi, Noor, Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam, Jakarta:Bumi Aksara, 2010
Ahmadi, Abu, dan Supriyono, Widodo, Psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta,2013
Ahmadi, Abu, Pengelola Pengajaran, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Ambiyar, Media dan Sumber Pembelajaran, Jakarta:Kencana, 2016
Aqim, Zaenal, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung:Yrama Media, 2010
Arief, Arnai, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, (Jakarta: Ciputat Press, 2010
Arifin, Penelitian Pendidikan, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2012
Arikanto, Suharsimi, Penelitan Tindakan Kelas, Jakarta:Bumi Aksara, 2009
Arikanto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta:Rineka Cipta, 2009
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2010
Astiti, Kadek Ayu, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta: Andi Offset, 2017
Danim, Sudarman, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara, 2010
Daryanto, Media Pembelajaran, Yogyakarta: Gava Media, 2010
Daryanto, Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif, Jakarta:Publisher,2009
Departemen Agama RI, Al-Qur’an dan Terjemahannya: Juz 1-30, Jakarta: Kumudasmoro Grafindo Semarang, 2014
Dimyati, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta:Rineka Cipta, 2011
Djamarah, Syaiful Bahri, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2010
Erlina, Super Media Mencari dan Menampilkan Sumber Mengajar dari Internet, Jakarta:Erlangga, 2009
Hamalik, Oemar, Psikologi Belajar Mengajar, Bandung:Sinar Baru Algensindo, 2010
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung:Pustaka Setia, 2011
Hamim, Nur, dkk, Bahan Ajar PLPG/Pengawas dalam jabatan 2011, Surabaya: LPTK Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel, 2011
Hidayatullah, Media Pembelajaran Penddikan Agama Islam, (Jakarta: Thariqi Press,2012
Hujair, A.H Sanaky, Media Pembelajaran, Yogyakarta:Safiria Insania Press, 2009
Jurnaidi, Pembelajaran Matematika Materi Kesebangunan dengan Menggunakan Multimedia Interaktif, Palembang:Prosiding Seminar Nasional, 2011
Kadaruddin, Mahir Desain Slide Presentasi dan Multimedia Pembelajaran Berbasis Power Point, Yogyakarta:Deepublish, 2012
Majid, Abdul dan Dian Andayani, Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2009
Majid, Abdul, Belajar dan Pembelajaran Agama Islam, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Muhaimin, dkk, Strategi Belajar Mengajar, Peranannya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Surabaya: Citra Media, 2015
Mustaqim dan Abdul Wahib, Psikologi Pendidikan, Jakarta:Rineka Cipta, 2013 Nasution, Teknologi Pendidikan, Bandung: Jammars, 2009
Oka, Putu Arya, Media dan Multimedia Pembelajaran, Yogyakarta:Budi Utama, 2017
Purwanto, Ngalim, Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pembelajaran, Bandung:Remaja Rosda Karya, 2010
Republik Indonesia, Himpunan Undang-Undang RI. Nomor 14 Tahun 2005, Guru dan Dosen dan Undang-Undang RI. Nomor 20 Tahun 2003 SISDIKNAS dan Peraturan Pemerintah RI. No. 19 Th 2005 SNP Surabaya: Wacana Intelektual, 2009
Rusman, dkk, Pembelajaran Berbasis Teknoligi Informasi dan Komunikasi Mengembangkan Profesional Guru, Depok: PT Rajagrafindo Persada, 2011
Sadirman, Arief S, Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar, Jakarta:Raja Grafindo Persada, 2012
Sadirman, Arief S. dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya, Jakarta:Raya Grafindo Persada, 2011
Sanjaya, Wina, Kurikulum dan Pembelajaran Teori dan Praktik Pengembangan KTSP, Jakarta:Kencana, 2009
Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran, Jakarta:Kencana Prenadamedia Group, 2013
Saputro, Nanang, Pengaruh Penggunaan Media PowerPoint Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas IV di SDN 1 Surabaya, 2015
Sary, Yessy Nur Endah, Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan, Yogyakarta: Deepublish, 2018
Sudijono, Anas, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:Rajawali, 2011
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai, Media Pengajaran, Bandung:Sinar Baru Algesindo, 2009
Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung:Remaja Rodakarya, 2012
Suprijono, Agus, Cooperative learning, Yogyakarta:Pustaka Pelajar, 2012
Susanto, Herry Agus, Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasar Gaya Kognitif, Yogyakarta: Deepublish, 2015
Susilian, Rudi, Media Pembelajaran, Bandung:Wacana Prima, 2009
Tim Penyusun KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi ketiga, Jakarta:Pusat Bahasa, 2009
Tohirin, Psikologi Belajar Mengajar, Pekanbaru:Sanjaya Karya, 2009
Uhbiyati, Nur, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: Pustaka Setia, 2010
W.S, Winkel, Psikologi Pengajaran, Yogyakarta:Media Abadi, 2009
Zuhairini, dkk, Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam, Surabaya:Usaha Nasional, 2009
Andani, Rosa, “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 13 Blitar Kabupaten Banjarnegara”, 2016
Hasanudin, Ilham, “Pengaruh Penggunaan Meida Power Point Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 37 Blitar Kabupaten Banjarnegara”, 2016
Razak, Andi Abdul, dengan judul skripsi ”Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Perilaku Siswa di SMK Kesehatan Samarinda“, 2018
Sahara Novalia, dengan judul skripsi ”Pengaruh Penggunaan Media LCD Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Farmasi Samarinda“, 2017
Wati, Lasmidya, dengan judul skripsi ”Efektivitas Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Plus Melati Samarinda“, 2018.
Published
2021-02-24
How to Cite
Ngisti, A., & Musfiroh, I. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Power Point Terhadap Tingkat Pemahaman Pendidikan Agama Islam (Pai) Peserta Didik Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Teknologi Informasi (SMK TI) Labbaika Samarinda. Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), 79-91. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3153