Efektivitas Media Scramble dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat

  • Mustamin Mustamin UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Edy Murdani UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Ainun Salsabila UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Abstract

Kelemahan siswa pada umumnya adalah kekurangan kosakata. Oleh karena itu untuk mempermudah siswa dalam mempelajari dan memahami kosakata diperlukan sebuah media untuk melatih dan mengajarkan kosakata tersebut. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka cara efektif untuk menarik perhatian siswa yaitu dengan menggunakan suatu media pembelajaran agar siswa tidak merasa jenuh dan pembelajaran di kelas terkesan tidak monoton. Dengan adanya media scramble dalam pembelajaran bahasa Arab, diharapkan setiap individu mampu menyampaikan kesulitan-kesulitan baik berupa kosakata maupun kalimat yang belum dipahami. Dengan adanya media yang diharapkan dapat menambah antusias siswa dalam belajar bahasa Arab lebih besar, serta siswa lebih mudah menerima materi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif sedangkan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah siswa-siswi kelas VIII MTs DDI Tani Aman sebagai sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t sebagai rujukan dalam hipotesis. Berdasarkan dari hasil uji t. rata-rata nilai pretest sebesar 67,19 dan nilai rata-rata posttest sebesar 77,81 pada kelas eksperimen. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata nilai pretest sebesar 65,31 dan nilai posttest sebesar 69,38. Dari sini bisa dilihat perubahan yang paling signifikan adalah perubahan nilai pretest posttest pada kelas eksperimen. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media scramble efektif dalam  meningkatkan penguasaan mufrodat di MTs DDI Tani Aman.

Published
2021-12-22
How to Cite
Mustamin, M., Murdani, E., & Salsabila, A. (2021). Efektivitas Media Scramble dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodat. Borneo Journal of Islamic Education, 1(2), 239-249. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i2.4828