Implementasi PAI dalam Membentuk Karakter Peserta Didik di Era Society
Abstract
Abstract
The results of the study show that the implementation of PAI in the formation of the character of students can make a positive contribution to the formation of good and noble character. However, it is necessary to take an appropriate and in-depth approach in implementing this program in order to achieve optimal results, how is PAI's contribution in shaping the character of students and its relevance in the era of society, to obtain research data we searched from sources in the form of articles, books and studies that are in accordance with the research objectives, data analysis uses content analysis by understanding the text from the sources obtained, then describes it objectively, systematically, and in detail. Its relevance to the era of society is the use of e-learning multimedia according to the needs of students, so that students are not bored in learning according to the characteristics of millennial students who like content in the form of videos, pictures so that they are more active and understand the material presented easily. in receiving the material delivered with this material little by little affects the character of students, with the hope of developing positive character and minimizing the character of students.
Keywords: Implementation of PAI, student character, Society 5.0, Islamic education, technology, learning media.
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PAI dalam pembentukan karakter peserta didik dapat memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter yang baik dan berakhlak mulia. Namun, perlu dilakukan pendekatan yang tepat dan mendalam dalam melaksanakan program ini agar dapat mencapai hasil yang optimal, bagaimana kontribusi PAI dalam membentuk karakter peserta didik dan relevansinya di era society, untuk memperoleh data penelitian kami mencari dari sumber-sumber berupa artikel, buku, dan penelitian-penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitian, analisis data menggunakan konten analisis dengan memahami teks dari sumber-sumber yang diperoleh, kemudian menguraikan secara objektif, sistematik, dan terperinci. Relevansinya dengan era society ialah dengan penggunaan multimedia e-learning yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, sehingga peserta didik tidak bosan dalam pembelajaran sesuai dengan karakteristik peserta didik millenial yang menyukai konten-konten berupa video, gambar sehingga mereka lebih aktif dan mudah memahami materi yang disampaikan dalam menerima materi yang disampaikan dengan materi tersebut sedikit demi sedikit mempengaruhi karakter peserta didik, dengan harapan mengembangkan karakter positif dan meminimalisir karakter peserta didik.
Kata Kunci: Implementasi PAI, karakter peserta didik, Society 5.0, pendidikan Islam, teknologi, media pembelajaran.
References
Ahmadi, Farid, and Hamidulloh Ibda. 2020. “Konsep Dan Aplikasi Literasi Baru Di Rra Revolusi Industri 4.0 Dan Society 5.0.” CV. Pilar Nusantara.
Arsyad, Wahyu Bagja Sulfemi, and Tia Fajartriani. 2020. “Penguatan Motivasi Shalat Dan Karakter Peserta Didik Melalui Pendekatan Kontekstual Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam 6(2): 185–204.
Bahri, Syamsul. 2022. “Konsep Pembelajaran PAI Di Era Society 5.0.” Edupedia 6(2): 133–45.
Farid Ahmadi, and Hamidulloh Ibda. 2021. Qahar Publisher Desain Pendidikan Dan Teknologi Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri.
Fitriani et al. 2022. “Strategi Guru Dalam Mendidikan Peserta Didik Di Seekolah Dasar.” Muallimuna : jurnal madrasah ibtidaiyah 8: 13–29.
Indraswati, Dyah, and Muhammad Sobri. 2019. “Keteladanan Guru Sebagai Sarana Penerapan Pendidikan Karakter Siswa.” Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia 4(September): 29–33.
Jailani, Ani, Chaerul Rochman, and Nina Nurmila. 2019. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Siswa.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 10(2): 257–64.
Jannah, Miftahul. 2019. “Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra.” Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 3(2): 137–65.
Khoiruddin, M Arif, and Dina Dahniary Sholekah. 2019. “ISLAMIC RELIGION EDUCATION IMPLEMENTATION IN FORMING.” Jurnal Pedagogik 06(01): 123–44.
Kumala, Putri Intan, Aenaya Rahma Nurfadila, Alfian Qori Irsandi, and Auladiya Parhiatun Nur. 2023. “Penguatan Karakter Religius Guna Menghadapai Era Strengthening of Religious Character To Face the Society 5 . 0.” Renjana Pendidikan Dasar 3(1): 42–48.
Marhayati, Nelly, Pasmah Chandra, and Monna Fransisca. 2020. “Pendekatan Kognitif Sosial Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” DAYAH: Journal of Islamic Education 3(2): 250.
Mumpuni, Atikah. 2018. Deepublish Integrasi Nilai Karakter Dalam Buku Pelajaran: Analisis Konten Buku Teks Kurikulum 2013.
Nuraeni, N Fitria, Iqbal Amar Muzaki, and Amirudin. 2021. “Pembentukan Karakter Di Masa Pandemi Melalui Pendidikan Agama Islam Dalam Hal Belajar . Kecerdasan Merupakan Salah Satu Anugerah Yang Sangat Luar.” 6: 146–60.
Nurjaman, Asep. 2020. Penerbit Adab Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama.
Oktaviana, Anita, Marhumah, Erni Munastiwi, and Na’imah. 2022. “Peran Pendidik Dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(5): 5297–5306.
Ramadhan, Akhmad, and Muthia Umi Setyoningrum. 2022. “The Level of Student
Religiosity Seen from the Participation in Rohis at SMA Negeri 2 Bantul.” Southeast Asian Journal of Islamic Education 4(2): 181–95.
Ratnasari, Khurin’In, Yovita Dyah Permatasari, and Mar’atus Sholihah. 2020. “Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Sosial Dalam Bermasyarakat.” Falasifa: Jurnal Studi Keislaman 11(2): 153–61.
Rony, and Siti Ainun Jariyah. 2021. “Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Membentuk Akhlak Peserta Didik.” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education 1(1): 79–100.
Rosidi, Ayep. 2019. “Pendekatan Psikologi Dalam Studi Islam.” Jurnal Inspirasi 3(1): 45–54.
Septiawan, Yudi et al. 2020. Goresan Pena STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN ERA SOCIETY 5.0 DI PERGURUAN TINGGI.
Setiawan, Hasrian Rudi. 2021. Manajemen Peserta Didik: Upaya Peningkatan Kualitas Lulusan.
Shofiyah, Siti. 2022. “Urgensi Pendidikan Agama Islam Di Era Society Siti Shofiyah.” Jurnal Emanasi, Jurnal Ilmu Keislaman dan Sosial 5(2): 1–19.
Sinaga, Devi Yusnila, Sukron Habibih Hasibuan, and Eji Habibah Sembiring. 2022. “Implementasi Metode Cerita Islami Dalam Penanaman Moral Keagamaan.” Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Education 5(2): 1–16.
Snyder, Hannah. 2019. “Literature Review as a Research Methodology : An Overview and Guidelines.” Journal of Business Research 104(March): 333–39.
Sudarmanto, Eko et al. 2021. Penerbit Insania Model Pembelajaran Era Society 5.0.
Umam, Muh. Khairul, Nurdin Nurdin, and Adawiyah Pettalongi. 2022. “Implementasi Pengembangan Nilai Karakter Akhlakul Karimah Santri Pondok Pesantren Modern Alkhairaat Siniu Dalam Menghadapi Perkembangan Era Society 5.0.” KIIIES 5.0 1: 121–26.
Wirabumi, Ridwan. 2020. “Metode Pembelajaran Ceramah.” Annual Conference on Islamic Education and Thought I(I): 105–13.
Yunansah, Hana et al. 2022. “Rancang Bangun Media Bahan Ajar Digital Berbasis Multimodalality Dalam Pendekatan Pedagogik Futuristik.” NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 6(2): 1136–49.