Efektivitas Penggunaan Media Web Genially Berbasis Model E-Learning dengan Tema Zakat dalam Islam
Abstract
Abstract
Learning media is one of the most important components in the teaching and learning process. Therefore, the researcher intends to develop a web-based learning media using Genially with an e-learning model on the theme "Zakat in Islam" for senior high school level at MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis. The methodology used in this research is Research and Development (R&D), involving 30 teachers and 50 students from class X. Data collection was conducted directly by the researcher by explaining the Genially media and then asking respondents to answer questions and assess the quality of the media. The data obtained were analyzed using descriptive analysis. The research findings indicate that the design, interactivity, and material relevance components, as assessed by the teachers, fall into the "Very Good" category, while the average score of students is 4.7 on a 5-point scale, also categorized as "Very Good." Therefore, it can be concluded that the Genially-based e-learning media has very good quality according to the evaluations of both teachers and students. Thus, this media can be used as an effective alternative in teaching Islamic Religious Education, particularly on the topic of zakat.
Keywords: Genially Media, Development, Islamic Religious Education, Zakat
Abstrak
Media pembelajaran merupakan salah satu komponen yang paling penting dalam proses belajar mengajar. Untuk itu, peneliti ingin mengembangkan media pembelajaran berbasis web Genially menggunakan model e-learning dengan tema "Zakat dalam Islam" untuk tingkat SMA di MAN 1 Plus Keterampilan Bengkalis. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan melibatkan 30 orang guru dan siswa kelas X sebanyak 50 orang. Proses pengambilan data dilakukan secara langsung oleh peneliti dengan menjelaskan media Genially, kemudian meminta responden untuk menjawab pertanyaan dan menilai kualitas media tersebut. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai komponen desain, interaktivitas, dan relevansi materi yang dinilai oleh guru berada dalam kategori "Sangat Setuju", sedangkan nilai rata-rata siswa sebesar 4,7 dari skala 5 dengan kategori "Sangat Setuju". Maka, dapat disimpulkan bahwa media Genially berbasis model e-learning memiliki kualitas sangat baik menurut penilaian guru dan siswa. Jadi, media ini dapat digunakan sebagai alternatif yang efektif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi zakat.
Kata Kunci: Media Genially, Pengembangan, Pendidikan Agama Islam, Zakat
References
Abadiyah, W. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Media Video Pembelajaran Interaktif Melalui Website Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII Smp Negeri 13 Surabaya.
Afifah, N., Kurniaman, O., & Noviana, E. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(1), 33–42. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i1.24
Alza Nabiel Zamzami & Raharjo Raharjo. (2024a). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(3), 31–42. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i3.294
Alza Nabiel Zamzami & Raharjo Raharjo. (2024b). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(3), 31–42. https://doi.org/10.61132/jbpai.v2i3.294
Auzahra, D. (2024). Strategi Pembelajaran Guru terhadap Siswa Slow Learner Kelas 2 di MI Pembangunan Jakarta.
Dewi, O. T. (2024). Penerapan Gamifikasi Berbantuan Media Genially dalam Meningkatkan Hasil Belajar Qawāʻid Siswa Kelas XI Mipa II MAS Alkhairaat Pusat Palu [Thesis]. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Fikriyah, S. N., Supriatna, A., Jaenal, A., & Audina, M. (2025). Pemanfaatan Komputer dalam Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) untuk Meningkatkan Pemahaman Materi IPA di SDIT Kasih Ibu. 5(1).
Hairani, E., Susanti, Y., & Mahdiyah, R. (2024). Kajian Literatur tentang Media Pembelajaran Interaktif dan Minat Belajar Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(4), 3190–3199. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i4.7064
Hasanah, I. (2024). Pengaruh Media Pembelajaran Genially terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas 2.2 SD Dharma Karya UT.
Hasanah, S. T., Hidayat, R., & Mirawati, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Platform Genially pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 14440–14451.
Hendra, H., Afriyadi, H., Tanwir, T., Hayati, N., & Supardi, S. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Khairini, R., & Yogica, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbentuk Android Packaging Kit (APK) pada Materi Virus. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 406. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38502
Kustati, M., & Amelia, R. (2024). Implementasi Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Islam Al Muttaqin Sawahlunto. Jurnal Penelitian dan Pendidikan Agama Islam, 2(1), 428–433.
Lastri, Y. (2023). Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar E-Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Citra Pendidikan, 3(3), 1139–1146. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i3.1914
Luma’Ul “Adilah Hayya.” (2023). Dampak Media Pembelajaran Interaktif dalam Pendidikan. Eksponen, 13(2), 66–76. https://doi.org/10.47637/eksponen.v13i2.788
Maharani, A. S., & Nasuha, S. U. (2024). Media Pembelajaran sebagai Alternatif Meningkatkan Gairah Belajar. Journal BIOnatural, 11(1), 76–83.
Manora, H., Khasanah, N. L., & Akip, M. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Pendidikan Islam Anak Usia Dini. 1.
Nurjannah, N., Ndari, N., Awaludin, A., & Fizen, F. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Genially untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah Siswa di SMAN 2 Woja. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 5(1), 290–298. https://doi.org/10.53299/jppi.v5i1.1071
Paramita, N. M. N. W., Lasmawan, I. W., & Kertih, I. W. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web dengan Genially Materi Karakteristik Geografi Indonesia kelas V Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(1), 148–152. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i1.6537
Riyadi, A. (2019). Identifikasi Faktor Penyebab Siswa Kurang Percaya Diri di SD Negeri 2 Wates.
Safira, S. (2024). Pengembangan Media Permainan Ludo Berbasis Genially pada Pembelajaran IPS Materi Negara-Negara Asean Kelas VI Sekolah Dasar. 12.
Safira, S. & Suprayitno. (2024). Pengembangan Media Permainan Ludo Berbasis Genially pada Pembelajaran IPS Materi Negara-Negara Asean Kelas VI Sekolah Dasar. JPGSD, 12(10), 111–120.
Saputri, D. M. A., Widodo, J. P., & Wibowo, S. (2024). The Effect Of Genially Website-Based Gamification Media On History Learning Motivation. Santhet: Jurnal Sejarah, Pendidikan dan Humaniora, 8(2), 1320–1326.
Siti Rinjani. (2024a). Implementasi Media Genially dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa PBSI UIN Jakarta. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2345
Siti Rinjani. (2024b). Implementasi Media Genially dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Bagi Mahasiswa PBSI UIN Jakarta. DIAJAR: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 57–64. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2345
Susanti. (2024). Penggunaan Platform Genially dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI di SMK Negeri 2 Semarang. Jurnal Budi Pekerti Agama Islam, 2(3).
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. 2(2).
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2908
Syafiq, A. (2015). Zakat Ibadah Sosial untuk Meningkatkan Ketaqwaan dan Kesejahteraan Sosial. ZISWAF, 2(2), 380–400.
Verawati, U. J., Alifa, Y. D. N., Millah, Z., & Nissa, Z. K. (2023). Implementasi Pembelajaran E-Learning sebagai Transformasi Pendidikan di Era Digital. Social Science Academic, 1(2), 221–228. https://doi.org/10.37680/ssa.v1i2.3532
Wulandari, R. (2023). Dampak Perkembangan Teknologi dalam Pendidikan. Jurnal PGSD Indonesia, 9(2), 66–76.
Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://doi.org/10.25134/equi.v19i01.3963
Zatnika, D. E., & Rochintaniawati, D. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis IT di SMA BPPI Baleendah Kabupaten Bandung Pada Materi Perubahan Lingkungan.
Zuroida, M., Kurnia, A. D., Ikhsaniyah, S. N., Arif, A., & Hakim, L. (2024). Genially sebagai Alternatif Belajar Pajak Jadi Seru: Pengembangan Bahan Ajar Pajak Penghasilan Pasal 2. 12(2).