Identifikasi Tumbuhan Famili Leguminosae sebagai Penyusun Struktur Vegetasi Hutan Kayu Putih

  • Muhamad Agil State Islamic Institute of Samarinda
Keywords: leguminosae, ekplorasi, identifikasi

Abstract

Keanekaragaman vegetasi menjadi pembahasan menarik dalam sebuah penelitian untuk di teliti. Banyaknya variasi tumbuhan di suatu hutan akan bergerak dinamis seiring berjalannya waktu. Kondisi lingkungan yang terus berubah mengakibatkan terjadinya perubahan pada struktur vegetasi hutan. Salah satunya adalah hutan kayu putih yang terletak di Kecamatan Imogiri, Bantul. Sesuai dengan namanya maka mayoritas jenis pohon yang ditanam di hutan ini adalah kayu putih. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengetahui jenis tumbuhan khususnya family Leguminosae yang terdapat di hutan kayu putih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ekplorasi dan inventarisasi. Identifikasi tanaman menggunakan buku referensi flora pegunungan jawa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan dan teridentifikasi 14 jenis tumbuhan Leguminosae yang termasuk dalam 11 genus dan 3 sub famili yaitu Papilionaceae, Caesalpiniaceae, Mimosaceae.

References

BAKOSURTANAL. 1999. Peta Rupabumi Digital Indonesia (Lembar 1408-222 IMOGIRI). Bogor.

Fachrul, Melati, F. 2007. Metode Sampling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heyne, K. 1987. Tumbuhan Berguna Indonesia. Jakarta: Diterjemahkan oleh Badan Litbang Kehutanan Jakarta.

Indriyanto. 2006. Ekologi Hutan. Jakarta: BUMI AKSARA.

Kumalasari, Dyah I., Endah, D.A dan Erma, P. Pembentukan Bintil Akar Tanaman Kedelai (Glycine max (L) Merril) dengan Perlakuan Jerami pada Masa Inkubasi yang Berbeda. Jurnal Sains dan Matematika. 2013. 21. 103-107.

Lovelles, A.R. 1969. Prinsip-Prinsip. Biologi Tumbuhan Untuk Daerah Tropik. Jakarta: PT Gramedia.

Odum, Eugene P. 1998. Dasar-Dasar Ekologi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Rahmanita, Ramadanil dan Moh. Iqbal. 2019. Jenis Tumbuhan Suku, Subfamili Caesalpinioideae Di Areal Kampus Universitas Tadulako, Palu. Journal of Science and Technology. 2019. 8. 127-133.

Steenis, C.G.G.J. van. 2006. Flora Pegunungan Jawa. Jakarta: LIPI Press.

Stern, kingsley R. 2003. Introductory Plant Biology. New York: McGraw Hill.

Published
2021-02-23
How to Cite
Agil, M. (2021). Identifikasi Tumbuhan Famili Leguminosae sebagai Penyusun Struktur Vegetasi Hutan Kayu Putih. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(1), 7-16. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/3130