Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Muna Samarinda

  • Siti Nasiah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Marniati Kadir UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Surayawati Surayawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: pembelajaran daring, matematika

Abstract

Pandemi Covid-19 berdampak pada multisektor, salah satunya adalah sektor pendidikan, yang mengubah sistem pembelajaran menjadi pembelajaran dari rumah. Peran guru harus digantikan dengan peran dari orang tua selama pembelajaran daring sehingga membutuhkan kerja sama yang baik diantara keduanya, untuk terus mendampingi anak disemua pembelajaran terutama pada mata pelajaran matematika yang bersifat abstrak membutuhkan arahan guru dan orang tua dalam proses pendampingan belajar daring pada anak. Maka peneliti ingin mengetahui peran serta kesulitan orang tua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika di MI Al-Muna Samarinda.

Penelitian ini dilakukan di MI Al-Muna Samarinda dengan menggunakan pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui 1.Wawancara mendalam, 2. Observasi, dan 3. Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan data menggunakan Triangulasi.

Dari analisis data diperoleh hasil penelitian bahwa peran orangtua dalam pembelajaran daring pada mata pelajaran matematika sebagai berikut : 1. Memberikan Perhatian, 2. Mendidik, 3. Sebagai Fasilitator, 4. Memberi Motivasi. Adapun kesulitan orang tua dalam mendampingi anak belajar matematika yaitu : 1. Orang tua masih kurang memahami materi matematika yang guru berikan, 2. Orang tua mengeluhkan tugas yang terlalu banyak 3. Adapun orang tua yang masih tidak mengerti akan teknologi.

Kata kunci : Daring, Matematika

References

Dea Putri Wahdatul Adla, Kautsar Eka Wardhana, Imam Mustafa Syarif, Kiki Amelia, dan Norlita Norlita. 2020. “Peran Pendidikan Multikultural di SMA Negeri 17 Samarinda dalam Menerapkan Sifat Toleransi Beragama.” EDUCASIA: Jurnal Pendidikan, Pengajaran, dan Pembelajaran 5(3). doi: 10.21462/educasia.v5i3.125.

Imam Gunawan, Metode Penelitian Kualitatif Teori & Praktik, (Jakarta:PT Bumi Aksara, 2016), h. 160-161

Junawan, Hendra, dan Nurdin Laugu. 2020. “Eksistensi media sosial, Youtube, Instagram dan WhatsApp ditengah pandemi covid-19 dikalangan masyarakat virtual Indonesia.” Baitul’Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi 41–57.

Kautsar Wardhana, Ahmad Syafi’i, dan Firnanda Putra. 2021. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Macromedia Flash dalam Pembelajaran Matematika.” Borneo Journal of Science and Mathematics Education 1(1).

Muhammad Haykal, Nor Latifah, Syti Nurdiniyah, dan Kautsar Wardhana. 2021. “Pengaruh Penggunaan Youtube Terhadap Minat Belajar Mahasiswa PBA UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda Angkatan 2021.” Borneo Journal of Language and Education 1(2).

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung:Alfabet, 2015), h. 20.

Published
2021-10-27
How to Cite
Nasiah, S., Kadir, M., & Surayawati, S. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III MI Al-Muna Samarinda. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 153-162. Retrieved from https://journal.uinsi.ac.id/index.php/bjsme/article/view/5120