Gambaran Angka Kuman Total pada Handle Pintu Gedung Kampus A Poltekkes Kemenkes Kaltim

  • Nur Eka Fitri Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Azhari Azhari Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Nurul Anggrieni Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Abstract

Handle pintu menjadi salah satu media yang sering digunakan sehingga menjadi tempat terjadinya transmisi kuman yang dapat menyebabkan penularan berbagai macam penyakit seperti infeksi nosokomial. Hal ini bisa menjadi mediapenularan bakteri yang serius karena media tersebut disentuh oleh orang yang berbeda-beda, yang dimana ternyata handle pintu yang disentuh terdapat kuman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui angka kuman pada handle pintu gedung Direktorat dan mengetahui angka kuman pada handle pintu gedung prodi D-III Teknologi Laboratorium Medis kampus A Poltekkes Kemenkes Kaltim. Jenis penelitian ini adalah bersifat penelitian deskriptif. Jumlah handle dalam penelitian ini sebanyak 46 usap handle pintu, yaitu 23 handle pintu pada gedung Direktorat dan 23 handle pintu gedung prodi D-III Teknologi Laboratorium Medis kampus A Poltekkes Kemenkes Kaltim cara pengujiannya menggunakan metode Angka Lempeng Total (ALT) dengan pengenceran mulai dari (10-1 – 10-4 ) menggunakan media Plate Count Agar (PCA). Hasil dari penelitian ini yaitu Angka Lempeng Total dari gedung Direktorat sebanyak 23 usap handle pintu 100% positif dengan nilai (5,0 × 10-1 CFU/gr) dan ALT dari gedung D-III TLM sebanyak 22 handle pintu 96% positif dengan nilai (1,0 × 10-1 CFU/gr). Dari hasil penelitian ini dapat di simpulkan bahwa handle pintu pada gedung Direktorat 100% positif kuman dan handle pintu pada gedung D-III TLM 96% positif kuman.

References

Attoriq, S., & Sodik, M. A. (2018). Pencegahan Dan Pengendalian Infeksi Terkait Pelayanan Kesehatan Di Lahan Praktik.Bhaskara, I. B. A., Hendrayana, M. A., & Putra, K. J. Identifikasi Bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, Dan Salmonella sp. Pada Kenop Pintu Keluar Toilet Umum Pria Dan Wanita Di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Denpasar. Jurnal Medika Udayana, Vol.8 No.8, Agustus, 2019. Denpasar: Universitas Udayana.

Bashir SF, Muhammad H, Sani NM, Kawo AH. Isolation and Identification of Bacterial Contaminants from Door Handles of Public Toilets in Federal University Dutse, Jigawa State- Nigeria. IOSR J Pharm Biol Sci. 2016;11(5):53–7.

Bhaskara, I. B. A., Hendrayana, M. A., & Pinatih, K. J. P. (2019). Identifikasi Bakteri Escherichia coli, Staphylococcus aureus, dan Salmonella sp. Pada Kenop Pintu Keluar Toilet Umum Pria Dan Wanita di Kampus Fakultas Kedokteran Universitas UDAYANA DENPASAR. E-Jurnal Medika Udayana, 8(8).

Chyndi Oktavia. (2018). Identifikasi Koloni Bakteri Escherichia coli Dan Staphylococcus aureus Pada Mesin Fingerprint Di Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Medan.

Febrian, A., Ely, R., Risandiansyah, R., & Airlangga, R. M. H. (n.d.). Pengaruh Jumlah Pengunjung Terhadap Jumlah dan Jenis Koloni Bakteri pada Gagang Pintu Kamar Mandi Dalam dan Keran Wastafel di Salah Satu Rumah Sakit Swasta di Kota Malang Desain Penelitian Pembuatan Media Pengambilan Sampel. 45–53.

Khan, H. A., Baig, F. K., & Mehboob, R. (2017). Nosocomial infections: Epidemiology, prevention, control and surveillance. Asian Pacific Journal of Tropical Biomedicine, 7(5), 478-482.

Published
2023-10-07
How to Cite
Fitri, N., Azhari, A., & Anggrieni, N. (2023). Gambaran Angka Kuman Total pada Handle Pintu Gedung Kampus A Poltekkes Kemenkes Kaltim. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 157-168. https://doi.org/10.21093/bjsme.v3i3.6596