Gambaran Telur Cacing pada Kangkung yang Dijual di Pasar Segiri

  • Annisa Eka Safitri Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Sresta Azahra Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Fitri Nur Rica Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur

Abstract

Penyakit yang menjadi masalah kesehatan bagi masyarakat Indonesia salah satunya ialah infeksi yang diakibatkan oleh cacing yang ditularkan dari tanah yang sering disebut dengan Soil Transmitted Helminth (STH). Parasit yang termasuk ke dalam golongan ini ialah Ascaris lumbricoides, Trichuris trichiura, Strongyloides stercoralis, Ancylostoma duodenale, dan Necator americanus. Penelitian ini bertujuan mengetahui ada tidaknya telur cacing STH pada sayuran kangkung dengan tiga perlakuan yang berbeda yaitu dengan perlakuan tidak dicuci, dicuci dengan air mengalir, dan dicuci dengan air sabun. Penelitian ini bersifat deskriptif, penelitian dilakukan di Laboratorium Parasitologi Poltekkes Kemenkes Kaltim Tahun 2021. Sampel yang digunakan adalah kangkung yang dijual di pasar Segiri. Teknik pengambilan sampel menggunakan tenik simple random sampling dengan analisis univariat. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil uji laboratorium dengan pemeriksaan metode Sedimentasi. Hasil penelitian ini didapatkan hasil negatif telur STH pada sampel yang  diperiksa namun ditemukan 3 sampel positif larva rhabditiform pada perlakuan ang tidak dicuci.

References

Akhsani, R. F. 2019. Edukasi Konsumsi Buah dan Sayur Melalui Media Video Terhadap Pengetahuan, Sikap, dan Perilaku Mahasiswa Obesitas di Poltekkes Kemenkes Yogyakarta (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Aliyah, I. 2017. Pemahaman konseptual pasar tradisional di perkotaan. Cakra Wisata, 18(2).

Annisa R. Pemeriksaan Telur Soil Transmitted Helminth Pada Sayuran Di Pasar Modern Kota Medan. 2016.

Ariwati, dr. N. L. 2019. Infeksi Parasit Usus. Departemen Parasitologi, 1(1), 1–30.

Arni Pratiwi Pratiwi, P., Mongan, R., & Yuniarty, T. 2016. Identifikasi Telur Ascaris lumbricoides Pada Sayur Kangkung Yang Dijual Di Pasar Baruga Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Kendari).

Darma, D. A. 2019. Pengaruh Pasar Tradisional Terhadap Perkembangan Pendapatan Asli Daerah Di Pulau Samosir Danau Toba. Jurnal RAK (Riset Akuntansi Keuangan), 4(2), 51-60.

Gandahusada, S., Herry D., (2003), Parasitologi Kedokteran, edisi ke-3,

Jakarta: Balai Penerbit FKUI.

Gandahusada, Srisasi., Herry D. Illahue, Wita Pribadi. 1998. Parasitologi

Kedokteran, Edisi III, FKUI. Jakarta

Iskandar NZ. Gambaran Pencemaran Soil Transmitted Helminth Pada Sayuran di Pasar Tradisional dan Modern Kota Medan Bagian Selatan. 2015.

Mahardani, P. 2012. Pengaruh Penyuluhan Dengan Metode Ceramah Dan Pemberian Leaflet Terhadap Perubahan Pengetahuan Penyakit Kecacingan Siswa SDN Prakarsi Pakem Sleman Tahun 2012 (Doctoral dissertation, Poltekkes Kemenkes Yogyakarta).

Munasari, A. M., & AK, A. M. 2018. Identifikasi Kontaminasi Telur Nematoda STH (Soil Transmitted Helminth) Pada Sayuran Kangkung (Ipomoea aquatica) Dan Kemangi (Ocimum basilicum L.) Dipasar Krian Kabupaten Sidoarjo.

Rini Safitri, Betta Kurniawan, dan Evi kurniawati. 2019. Identifikas Kontaminasi Soil Transmitted Helminth (STH) pada Lalapan Kubis (Brassicaolerace) di Warung Makan Kaki Lima Sepanjang Jalan Zainal Abidin Pagar Alam, Kota Bandar. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.

Setya, A. K. 2015. Parasitologi Praktikum Analis Kesehatan. Jakarta: EGC

Sugiyono. 2019. Sugiyono 2010. ISSN 2502-3632 (Online) ISSN 2356-0304 (Paper) Jurnal Online Internasional & Nasional Vol. 7 No.1, Januari – Juni 2019 Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, 53(9), 1689–1699.

Sujarweni Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian - Bisnis dan Ekonomi. In Metodologi Penelitian (pp. 1–8). PUSTAKABARUPRESS.

Syalvira Qusnul Muliawati. 2021. Identifikasi Telur Cacing Nematoda Usus Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Selada Di Pasar Tradisional Kecamatan Palaran Dan Supermarket Di Kota Samarinda.

Tampubolon, W. R. 2021. Gambaran Telur Cacing Soil Transmitted Helminth (STH) Pada Sayuran Kubis (Brassica oleracea).

Widjana, D. P., & Sutisna, P. 2000. Prevalence of soil-transmitted helminth infections in the rural population of Bali, Indonesia. Southeast Asian Journal of Tropical Medicine and Public Health, 31(3), 454–459.

World Health Organization. 2019. Soil-Transmitted Helminth infections. Diakses pada

Yuwon A. Efektifitas Teknik Pencucian tehadap Penurunan Jumlah Telur Nematoda Usus Pada Sawi. Semarang, Undip, 2009

Published
2023-10-07
How to Cite
Safitri, A., Azahra, S., & Nur Rica, F. (2023). Gambaran Telur Cacing pada Kangkung yang Dijual di Pasar Segiri. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 3(3), 147-156. https://doi.org/10.21093/bjsme.v3i3.6699