Identifikasi Telur Cacing Tambang (Hookworm) Pada Kuku Pekerja Tambang Pasir Kecamatan Loa Janan

  • Suci Wahyuningtyas Poltekkes Kemenkes Kaltim
  • Sresta Azahra Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
  • Agus Rudi Hartono Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur
Keywords: Kata Kunci : Cacing tambang, Kecacingan, Kuku, Personal hygiene

Abstract

Kecacingan merupakan penyakit yang dapat menyerang semua umur mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Prevalensi kecacingan bervariasi antara 2,5%-62%. Infeksi cacing tambang sering terjadi pada penduduk yang tinggal di daerah perkebunan, pertambangan dan sekitarnya dengan siklus penularannya memerlukan tanah berpasir yang gembur, tercampur humus, dan terlindung dari sinar matahari langsung. Kuku yang panjang dapat menjadi tempat kotoran yang mengandung berbagai zat dan mikroorganisme, salah satunya cacing yang dapat terselip dan tertelan ketika makan. Mengetahui ada atau tidaknya telur cacing tambang (Hookworm) pada kuku para pekerja tambang pasir Kecamatan Loa Janan. Metode: Penelitian ini menggunakan teknik sampling total dari beberapa perusahaan tambang pasir yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pemeriksaan penelitian ini menggunakan metode sedimentasi. Dari penelitian ini didapatkan karakteristik responden ialah laki - laki dengan umur 27 - 56 tahun. Tingkat pendidikan sebagian besar responden sekolah dasar (SD) dengan lama masa kerja 1-5 tahun. Hasil penelitian tidak ditemukan telur cacing tambang pada kuku pekerja tambang Kecamatan Loa Janan. Personal hygiene pekerja tambang Kecamatan Loa Janan baik sehingga resiko terinfeksi cacing tambang juga rendah.

References

Kementrian Ksehatan. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2017 Tentang Penanggulangan Cacingan.; 2015.

Suharmiati S, Rochmansyah R. MENGUNGKAP KEJADIAN INFEKSI KECACINGAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR (STUDI ETNOGRAFI DI DESA TARAMANU KABUPATEN SUMBA BARAT). Bul Penelit Sist Kesehat. 2018;21(3). doi:10.22435/hsr.v21i3.420

WHO. Intestinal Worms, Soil Transmitted Helminths. WHA Glob Nutr Targets 2025 Low Birth Weight Policy Br. Published online 2014.

Utami RA. Identifikasi Telur Cacing Nematoda Usus Golongan Soil Transmitted Helminths (Sth) Pada Kuku Siswa Sdn 018 Kecamatan Palaran. Samarinda : Poltekkes Kemenkes Kaltim. Published online 2020.
Published
2022-11-27
How to Cite
Wahyuningtyas, S., Azahra, S., & Hartono, A. (2022). Identifikasi Telur Cacing Tambang (Hookworm) Pada Kuku Pekerja Tambang Pasir Kecamatan Loa Janan. Borneo Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 159-174. https://doi.org/10.21093/bjsme.v2i3.5973

Most read articles by the same author(s)