Analisis Pemanfaatan Digital Marketing oleh UMKM dalam Perspektif Fikih Muamalah

Studi Kasus Kecamatan Samarinda Seberang

  • Siska Putri Utami Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Darmawati Darmawati Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Digital marketing, UMKM, Fiqh muamalah

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pemanfaatan Digital Marketing oleh Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Samarinda Seberang Perspektif Fikih Muamalah. Adapun penelitian ini dilakukan karena berdasarkan hasil observasi di lapangan masih ditemukannya ketidakjujuran pelaku usaha dalam memanfaatkan digital marketing. Banyak konsumen yang merasa ditipu karena tidak sesuainya antara produk yang ditampilkan di media sosial dengan produk yang didapatkan. Berdasarkan itulah pada penelitian ini penulis perlu melihat sejauh mana adanya permasalahan yang muncul terkait pelaku usaha dalam memanfaatkan digital marketing. Sehingga peneliti memiliki rumusan masalah berikut ini. Bagaimana pemanfaatan digital marketing oleh pelaku usaha Kota Samarinda dan Bagaimana pemanfaatan digital marketing oleh pelaku usaha Kota Samarinda perspektif Fikih muamalah. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian bersifat deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik pemanfaatan digital marketing yang dilakukan oleh para pelaku usaha berupa pemasaran melalui media sosial sebagai cara untuk memberikan informasi dan berkomunikasi dengan konsumen. Para pelaku usaha memasarkan produknya dengan cara mengupload sejumlah konten foto dan video pada akun media sosial mereka. Pemanfaatan Digital Marketing oleh 4 (empat) dari 10 (sepuluh) pelaku usaha ini melanggar aspek pada objek yang tidak terpenuhi karena dari segi fikih muamalah barang yang di perjual belikan harus jelas dan sesuai dengan apa yang di tampilkan di media sosial dengan yang diterima oleh konsumen.

References

Afiah, Nur, Muhammad Hasan, Ratnah S, and Nur Arisah. ‘Analisis Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Dalam Meningkatkan Penjualan Umkm Sektor Kuliner Di Kota Makassar’. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya 8, no. 4 (10 November 2022): 1257. https://doi.org/10.32884/ideas.v8i4.1040.
Amalia, Rahmi, and Sri Cahyaning Umi Salama. ‘Pemanfaatan Digital Marketing Pada Umkm Di Jawa Timur’. Abdimas Galuh 5, no. 1 (31 March 2023): 669. https://doi.org/10.25157/ag.v5i1.10004.
Ayu Lestari, Ratih, and Dholey Dwi Jatmiko Latabulo. ‘Perilaku Konsumen Remaja Putri Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Secara Online Melalui Tiktok Di Masa Pandemi’. KALBISOCIO Jurnal Bisnis Dan Komunikasi 9, no. 1 (8 February 2022): 54–61. https://doi.org/10.53008/kalbisocio.v9i1.207.
Dinda Destianti, Ana Nurtriana, Andriansyah, Ari Afriansah, Abi Yusup, Dhea Adela, Dudih Gustian, and Yudi Nata. ‘Analisis Strategi Bisnis Umkm Dan Bentuk Implementasi Digital Marketing Guna Meningkatkan Kemajuan Pemanfaatan Sda Di Desa Cibuntu-Sukabumi’. Jurnal Abdi Nusa 3, no. 3 (30 October 2023): 233–39. https://doi.org/10.52005/abdinusa.v3i3.120.
Hesniati, Hesniati, and Conny Agustin. ‘Strategi Digital Marketing Pada Umkm Bolaubi Batam Center’. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara 5, no. 1 (24 March 2024): 1426–34. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1.2391.
Hinayatulohi, Ahmad. ‘Implementasi Relationship Marketing Jamaah Tarekat Naqsabandiyah Sebagai Jaringan Pemasaran Pendidikan Formal’. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 7, no. 2 (3 February 2024): 1701–8. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3718.
Jamaludin Acmad Kholik and Imron Muzakki. ‘Implementasi Maqashid Syari’ah Dalam Ekonomi Islam Dan Psikologi Islam’. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science 5, no. 2 (9 September 2022): 1–27. https://doi.org/10.30762/happiness.v5i2.381.
Malik, Abdul. ‘Pengaruh Pemasaran Relasional Terhadap Kepuasan Konsumen Di Bank Syari’ah Mandiri Kcp Metro Margahayu Bandung’. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, 2013.
Melandi, Irfan Kautsar, Arief Budiman, and Ismail Yusuf. ‘Analisis Strategi Pemasaran Digital Pada Travelxism Menggunakan Digital Marketing Canvas’. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA) 7, no. 2 (7 July 2023): 1107–22. https://doi.org/10.31955/mea.v7i2.3138.
Prabowo, Vino Andreas, Muhammad Aras, Cecilia Astri Piona Simbolon, and Prawida Nuraeni Basuki. ‘Proses Pengambilan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Produk Nudie Jeans Co.’ Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia 7, no. 10 (20 October 2022): 16896–914. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i10.12978.
Purnomo, Agung. ‘Teori Kewirausahaan Destruksi Kreatif: Penghancuran Cara Lama Untuk Jalan Baru’, 24 April 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/fh7nv.
———. ‘Teori Kewirausahaan Ketidaksetujuan Strategis: Spinout Untuk Wirausaha Baru’, 24 April 2021. https://doi.org/10.31219/osf.io/3gm97.
Rashid, Tahir. ‘Relationship Marketing: Case Studies of Personal Experiences of Eating Out’. British Food Journal 105, no. 10 (1 November 2003): 742–50. https://doi.org/10.1108/00070700310506281.
Sularno, Muhammad, and Muh Asy’ari Akbar. ‘Pinjaman Online Dalam Fikih Muamalah: Menganalisis Implikasi Fatwa Dsn-Mui No. 117/Dsn-Mui/Ix/2018’. Lisyabab : Jurnal Studi Islam Dan Sosial 4, no. 2 (30 December 2023): 186–200. https://doi.org/10.58326/jurnallisyabab.v4i2.191.
Sumarsid, Sumarsid. ‘Teori Kewirausahaan Intelektual: Fondasi Pembelajaran Bagi Wirausahawan Mandiri Di Era Industri 4.0’. Labs: Jurnal Bisnis Dan Manajemen 29, no. 3 (30 September 2024): 10–14. https://doi.org/10.57134/labs.v29i3.80.
Supriadi, Asep. ‘Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan’. ALQALAM 22, no. 1 (13 February 2019): 127. https://doi.org/10.32678/alqalam.v22i1.1441.
Taufikurrahman, Taufikurrahman, Ajeng Dian Rahmatika, M. Reza Maulana, Vinda Cendrawati, Renata Dian Kusuma Wardani, and Diya Ayu Rahmawati. ‘Analisis Strategi Pemasaran Melalui Digital Marketing Pada Umkm Desa Tegalrejo, Kabupaten Probolinggo’. AT TARIIZ : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam 2, no. 02 (31 May 2023): 112–24. https://doi.org/10.62668/attariiz.v2i02.605.
Utami, Diva Azzamawadah, Sri Ariska Putri, and Erwin Permana. ‘Pemanfaatan Shopeefood Sebagai Strategi Marketing Digital Pada Umkm Di Depok Selama Covid-19’. Jurnal Ilmu Komputer Dan Bisnis 13, no. 2a (4 December 2022): 78–84. https://doi.org/10.47927/jikb.v13i2a.382.
Yacub, Rudi, and Wahyu Mustajab. ‘Analisis Pengaruh Pemasaran Digital (Digital Marketing) Terhadap Brand Awareness Pada E-Commerce’. Jurnal MANAJERIAL 19, no. 2 (19 July 2020): 198–209. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.24275.
Published
2024-08-25