Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda

  • Nadya Ninda Ramadhanti IAIN Samarinda
  • Siti Julaiha IAIN Samarinda

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemanfaatan Sudut Baca Dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan sudut baca dalam meningkatkan minat baca siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriftif kualitatif yang berdasarkan tempat penelitian termasuk penelitian lapangan (field reseach). Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi sumber data adalah Kepala Madrasah, koordinator kurikulum, guru, dan beberapa siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Data yang diperoleh dianalisis dengan mengikuti model langkah-langkah yang digunakan Miles dan Huberman yaitu dalam menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data

References

Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers.
Dwi Sunar Prasetyo. 2009. Rahasia Mengajarkan Gemar Membaca pada Anak Sejak Dini. Jogjakarta: Think
Eka Nugrahini. 2016. Jendela Pendidikan dan Kebudayaan Gerakan Literasi Untuk Tumbuhkan Literasi, Edisi VI. Jakarta: Kemeneterian Pendidikan dan Kebudayaan
Fathia Nahdli Handayani. 2019. “Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Melalui Sudut Baca Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Zhafira Keboansikep Gedangan Sidoarjo”. Skripsi. Surabaya: Fakultas S1 Tarbiyah UIN Sunan Ampel Surabaya.
Kemendikbud. 2016. Panduan Pemanfaatan Dan Pengembangan Sudut Baca Kelas Dan Area Baca Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.Moh. Sholeh Hamid. 2014. Metode Edutainmen. Yogyakarta: Diva Press.
Morrow, L.M., 2014. “Relationships Between Literature Programs, Library Corner Designs, and Children‟s Use of Literature”, Jurnal of Education Research, Vol. 75, No. 6.
Muhammad Fadillah. 2014.Desain Pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar-Ruzzmedia.
Muhsin Kalida, dkk. 2014. Gerakan Literasi Mencerdaskan Negeri,Cet. II. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Sukino. 2010. Menulis itu Mudah Panduan Praktis Menjadi Penulis Handal. Yogyakarta: Pustaka Populer LkiS.
Published
2019-10-06
How to Cite
Ramadhanti, N., & Julaiha, S. (2019). Pemanfaatan Sudut Baca dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(1), 39-46. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i1.1724