Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Kirigami untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Genetik

  • Siti Anggraini IAIN Samarinda
Keywords: perangkat pembelajaran, kirigami, materi genetik

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui (1) konsep pengembangan perangkat pembelajaran materi genetik  dengan menggunakan  kirigami untuk siswa kelas XII program IPA dan (2) pengaruh implikasi perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian  menggunakan kirigami terhadap prestasi belajar  siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang  dilakukan  di SMAN 1 Bantur Kabupaten Malang pada tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian pengembangan menggunakan model 4D (four-D Model) yang terdiri dari; pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dan diseminasi  (dissemination). Produk dalam bentuk perangkat pembelajaran yang dihasilkan diuji validitasnya melalui beberapa tahap validasi yaitu (1)  validasi oleh ahli desain pembelajaran, (2) validasi oleh ahli bahasa; (3) validasi oleh praktisi pembelajaran, (4)  uji coba kelompok kecil, dan (5) uji coba utama.  Jenis data  yang diperoleh terdiri dari data kualitatif dan data kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengolah data yang dihimpun  yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa (1) setelah melalui uji validasi dan uji coba kelompok kecil, perangkat pembelajaran yang dikembangkan sangat valid sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran; (2) berdasarkan hasil uji coba utama diketahui bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu  silabus, RPP, LKPD, dan instrumen penilaian menggunakan kirigami dapat meningkatkan prestasi belajar  siswa dalam materi genetik.

References

Alinawati, M., Permasih. 2010. Implementasi Keca-kapan Hidup dalam Pembelajaran di SMP, (Online),(file.upi.edu/…/Implementasi_keca-kapan_ hidup. pdf), diakses 16 Pebruari 2014.
Anhar, Muhammad. Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Arab pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Balikpapan, Kalimantan Timur. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, 2019.
Arsyad, Azhari. 2012. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Depdiknas. 2008a. Panduan Umum Pengembangan Silabus. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas.
Depdiknas. 2008b. Panduan Umum Pengembangan RPP. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas.
Depdiknas. 2010a. Petunjuk Teknis Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas.
Depdiknas. 2010b. Petunjuk Teknis Pengembangan RPP. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas.
Depdiknas. 2010c. Petunjuk Teknis Pengembangan Penilaian Hasil Belajar SMA. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA, Depdiknas.
Devi, P.K., Sofiraeni, R., dan Khairuddin. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Jakarta: PPPTK IPA untuk Program BERMUTU.
Hapsari, Dwi Ferani. 2014. Meningkatkan Keteram-pilan Motorik Halus dan Ekspresi Gembira Menggunakan Kegiatan Kirigami dan Menyanyi Kelompok B TK Pertiwi Jomboran 1 Klaten (Skripsi tidak dipublikasikan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Ibda, Hamidullah. Development of Plants and Animals Puppet Media Based on Conservation Values in Learning to Write Creative Drama Scripts in Elementary Schools.. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 1, No. 2, 2019.
Iqbal, Muhammad. 2017. Pengembangan LKPD Dengan Pendekatan Kontekstual Ditinjau Dari Pemahaman Konsep dan DIsposisi Matematis (Online) (http://digilib.unila.ac.id /26633/3/ TESIS%20TANPA%20BAB%20PEMBAHAS-AN.pdf) , diakses 2 Juli 2017
Liang, Lung C., 2013. Apllying Kirigami Model in Teaching Micro-elektro-mechanical System (Online), (http://b-ok.org) diakses 9 Juni 2017
Prastowo, A. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sholikhah, Hani Atus, Mardiah Astuti, dan Tutut Handayani. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pendekatan Struktural Bahasa dan Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Sofianto, E.W.N. dan R.K. Irawati. Upaya Meremediasi Konsep Fisika pada Materi Suhu dan Kalor. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta
Susmiyati, Sri dan Zurqoni. Memotret Kinerja Guru Madrasah dalam Pembelajaran. Southeast Asian Journal of Islamic Education, Vol. 2, No. 2, 2020.
Thiagarajan, Sivasailan. 1974. Instructional Develop-ment for Training Teachers of Exceptional Children. Wahington DC: National Center for Improvement of Educational.
Tim Pekerti UNS. 2007. Panduan Pengembangan Kurikulum. Surakarta: LPP Universitas Sebelas Maret.
Trianto.2012. Mendesain Model Pembelajaran Inova-tif- Progresif.Jakarta: Kencana
Yulmani, Netty., Septina. 2008. Perangkat Pembelajaran Biologi untuk Sekolah Menengah Umum (SMU). Makalah. Disajikan dalam Seminar Nasional Informatika UPN “Veteran” Yogyakarta, 24 Mei 2008.
Published
2020-06-07
How to Cite
Anggraini, S. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Menggunakan Kirigami untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Genetik. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 1(2), 117-125. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v1i2.2315