Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Penugasan dan Resitasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertamna di Balikpapan

  • Alimuddin Alimuddin SMP Negeri 17 Balikpapan Utara

Abstract

The purpose of this research is to increase motivation and recitation. This study used a classroom action research design. The research subjects were students of class IX totaling 22 students. The results showed that there was a significant increase in the learning activities of the subject matter of faith in students’ final day gradually. Process evaluation shows an increase in the effectiveness of teacher directions on the activities carried out and the abilities mastered by students. Evaluation of student learning outcomes shows an increase toward completeness in cycle 1 reaching the sufficient category (68.18%) and cycle 2 reaching the good category (77.27%), and cycle 3 reaching the very good category (86.36%). It is recommended that the principal of the school be able to encourage and foster teachers to strive to improve understanding of Islamic religious learning in the last day and its implementation in class.

References

Aditya, Dedy Yusuf, Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa, Susunan Artikel Pendidikan, Vol 1(2), 2016
Alfaris, Salman, Pengaruh Penerapan Metode Resitasi terhadap Aktivitas Belajar Siswa dalam Penerapan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran ips Geografi Kelas VIII di SMP Negeri 4 Palimanan Cirebon, Skripsi FITK IAIN Cirebon, 2015
Atikah, Yeni. Pengaruh Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran PAI Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Darussalam Ciputat. UIN Syarif Hidayatullah, 2015
Djamarah, S. Bahri. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 2015
Hartoyo, Agung. Matematika dan Lingkungan Masyarakat. Makalah Disajikan Pada Seminar Nasional di Universitas Negeri Yogyakarta, 2000
Musyarofah, Siti. Penerapan Metode Resitasi Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunarungu Di SDLB N Kebakalan Mandiraja Banjarnegara. STAIN Purwokerto, 2013
Najamuddin, M. (2012). Pengembangan Pembelajaran Dengan Pemberiaan Balikan Terhadap Hasil belajar IPS Pada Siswa Kelas V di SD Negeri I Praya Tengah. FIP IKIP Mataram, 2012
Nur, Moh. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya. University Press. Universitas Negeri Surabaya, 2001
Sadam, Efektivitas Metode Resitasi dan Metode Problemsolving terhadap Prestasi Belajar Akidahakhlak bagi Siswa Madrasah Ibtidaiyah (MI) Mangepong Kecamatan Turateakabupaten Jeneponto, Skripsi FTK UIN Alauddin, 2011
Saipullah dkk. (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Melalui Metode Resitasi Pada Perbaikan Sistem Suspensi Kelas XI Teknik Otomotif SMK Negeri 1 Lahat, Automotive Engineering Education Journals, 1(1), 2014
Syaodih, Nana. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka cipta, 2006
Tambak, Syahraini. Metode Resitasi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-hikmah, 2016
Yusfira, Penerapan Metode Resitasi dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Negeri 1 Wajo, Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, Vol 7(1), 2019
Published
2020-11-22
How to Cite
Alimuddin, A. (2020). Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Agama Islam Melalui Metode Penugasan dan Resitasi pada Siswa Sekolah Menengah Pertamna di Balikpapan. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), 11-21. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3123