Quwwah dan Turhibuun Ajaran Terorisme Islam

(Studi Kritis Terhadap Konten Kanal Youtube Saifuddin Ibrahim)

  • Agus Mubarak UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: quwwah, turhibuun, Saifuddin Ibrahim

Abstract

Saifuddin Ibrahim yang murtad dari Islam menuduh bahwa ada 300 ayat al-Qur’an yang mengajarkan kekerasan kepada umat manusia (terutama kaum muslimin). Oleh karena itu, ia merekomendasikan agar ayat-ayat tersebut direvisi bahkan dihapuskan dari al-Qur’an karena terorisme tidak akan pernah hilang dari dunia ini selama ayat-ayat tersebut menjadi bacaan generasi muda Islam yang mengajarkan kekerasan bahkan penghilangan nyawa kepada umat agama lainnya. Salah satu ayat al-Qur’an yang menjadi pemicu utama tindakan terorisme adalah QS. Al-Anfal (8) ayat 60. Dalam ayat tersebut terdapat dua kata yang ia klaim sebagai dasar utama melakukan aksi teror, yaitu quwwah dan turhibuun. Penulis mengkritisi tuduhan terhadap ajaran Islam tersebut dengan melihat dari beberapa perspektif, yaitu historis (asbabun nuzul dan fakta sejarah), interpretasi ulama (kitab-kitab tafsir), dan dalil naqli (al-Qur’an dan Hadits). Hasilnya, Islam sama sekali tidak mengajarkan dan tidak membenarkan tindakan terorisme. 

References

Al-Qur’an al-Karim

Armstrong, Karen, Holy War: The Crusades and Their Impact on Today’s World, dialihbahasakan oleh Hikmat Darmawan, Perang Suci Dari Perang Salib Hingga Perang Teluk, Cet. I, (Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta, 2004).

Asy-Syaukani, Al-Imam Muhammad ibn Ali ibn Muhammad, Fathur Qadir Al-Jami’ Baina al-Riwayah wa al-Dirayah min ‘Ilm al-Tafsir, dialihbahasakan oleh Amir Hamzah Fachruddin, Tafsir Fathul Qadir, Cet. I, Jil. 4, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2010).

Az-Zuhaili, Prof. Dr. Wahbah, Tafsir al-Wasiith, dialihbahasakan oleh Muhtadi dkk., Tafsir Al-Wasith, Jil. 1, Cet. I, (Jakarta: Gema Insani, 2012).

Efendi, Zul, Jihad dan Terorisme http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=967022&val=14876&title=Jihad%20Dan%20Terorisme Diakses pada Rabu, 06 Juli 2022.

ibn Katsiir, Ismaaiil ibn ‘Umar, Tafsiir al-Qur’aan al-Adziim, Cet. I, Juz III, (ttp.: Maktabah al-Iman Lil Nasyr wa al-Tauzii’, 1996).

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) online, Rabu, 06 Juli 2022.

Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an, Tafsir Al-Qur’an Tematik, Jil. I, Cet. I, (Jakarta: Kamil Pustaka, 2014).

Mahali, A. Mujab, Asbabun Nuzul: Studi Pendalaman al-Qur’an, Ed. 1, Cet. 1 (Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2002).

Mukhlasin, Ahmad,Ideologi Terorisme Dan Ayat 60 Surat Al-Anfal (Sebuah Upaya Restorasi Pemahaman Makna Turhibun) sebagaimana dikutip oleh Ridwan Hanif, Penafsiran Quwwah dalam Surat Al-Anfal Ayat 60, skripsi hanif.pdf (iainbengkulu.ac.id) diakses pada Rabu, 06 Juli 2022.

Muslim, Al-Imaam ibn al-Hajjaaj, Shahiih Muslim, Juz 5, Cet. III, (Beirut: Daar al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 2011).

Rahman, Amri, Memahami Jihad dalam Perspektif Islam (Upaya Menangkal Tuduhan Terorisme dalam Islam), Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 4 No. 2 Januari-Juni 2018, diakses dari MEMAHAMI JIHAD DALAM PERSPEKTIF ISLAM (UPAYA MENANGKAL TUDUHAN TERORISME DALAM ISLAM) | Rahman | J-PAI: Jurnal Pendidikan Agama Islam (uin-malang.ac.id) pada hari Rabu, 06 Juli 2022.

Riyadi Ahmad, PENAFSIRAN SURAT AL-ANFAL AYAT KE-60 MELALUI PENDEKATAN SEMIOTIKA (Aplikasi Teori Semiotika Komunikasi Roman Jakobson) | el-'Umdah (uinmataram.ac.id) diakses pada hari Rabu, 06 Juli 2022.

Shihab, M. Quraish, Tafsir Al-Mishbah Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an, Cet. II, Vol. 5, (Jakarta: Lentera Hati, 2004).
Abusyairi, K., & Iskandar, I. (2021). PENDIDIKAN HUKUM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.12
Astutik, U. P., & Khojir, K. (2023). Perenialisme dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/jpdk.v5i1.11504
Fajri, M., & Mujib, A. (2022). ANALYSIS OF RESEARCH RESULTS OF ISLAMIC EDUCATION A PHILOSOPHICAL APPROACH. Jurnal Al-Fatih, 5(2), 290–320.
Hadi, N. F., & Afandi, N. K. (2021). Literature Review is A Part of Research. Sultra Educational Journal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.203
Hadi, N. F., & Iskandar, I. (2021). Art Education in the Perspective of the Quran and Hadith. Sultra Educational Journal, 1(3), Article 3. https://doi.org/10.54297/seduj.v1i3.205
Hadi, N. F., & Khojir. (2021). Analysis of the Relationship between “merdeka belajar” and the Progressivism Philosophy. Almufi Journal of Measurement, Assessment, and Evaluation Education, 1(2), Article 2.
Irhas, M., Mahmud, M. E., & Rumainur, R. (2021). Peningkatan Kualitas Hafalan Al—Quran Melalui Media Audio Speaker Al-Quran Di Hsg Khoiru Ummah Loa Janan Ilir Samarinda. Borneo Journal of Primary Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/bjpe.v1i1.3133
Isnaini, M., & Iskandar, I. (2021). AKAL DAN KECERDASAN DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.13
Isnaini, M., & Khojir, K. (2021). HAKEKAT DAN SISTEM NILAI DALAM KONTEKS PENDIDIKAN. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Maky, A. Y. H., & Khojir, K. (2021). NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERSPEKTIF ISLAMISASI DAN INTEGRASI ILMU (ISMAIL RAJI AL FARUQI, SYED MUHAMMAD NAQUIB AL ATTAS, AMIN ABDULLAH). Cross-Border, 4(2), Article 2.
Marzuqi, A., Julaiha, S., & Rumainur, R. (2021). Strategi Kepala Sekolah Ddalam Mengelola Sarana dan Prasarana Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v2i1.3206
Nasikin, M., & Iskandar, I. (2021). HATI DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.10
Nasikin, M., & Khojir, K. (2021). REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM DI ERA SOCIETY 5.0. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Nazili, M. A. H., Khojir, K., & Rumainur, R. (2021). Etika Pendidik dalam Pendidikan Islam (Analisis Kitab Manhaj As-Sawi Syarah Usul Thariqah As-Saadah Al-Ba’alawi Karya Habib Zain Bin Smith). Borneo Journal of Islamic Education, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/bjie.v1i1.3146
Nur, M. H. (2022). PENERAPAN METODE AT-TIKROOR HATTAL MUTQIN (AHM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS HAFALAN SISWA KELAS IX-B SMPN 15 SAMARINDA. Maktabah Borneo, 1(1), Article 1.
Nursalim, E., & Iskandar, I. (2021). KONSEP FITRAH DALAM PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN HADIST. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.8
Nursalim, E., & Khojir, K. (2021). ALIRAN PERENIALISME DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Cross-Border, 4(2), Article 2.
Nursalim, E., Zulaiha, L., Surana, S., Sinta, D., Novita, D., Paujiah, P., Jumaidah, J., & Makhrus, A. (2021). Penyuluhan Protokol Kesehatan Covid-19 Pada Pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Dikmas: Jurnal Pendidikan Masyarakat dan Pengabdian, 1(4), Article 4. https://doi.org/10.37905/dikmas.1.4.167-172.2021
Rumainur, R., Fauzan, U., & Malihah, N. (2022). Characteristics of Islamic Religious Education in Boarding School Curriculum. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/sajie.v4i2.4593
Saleh, K., Rukiyah, I., & Arbain, M. (2021). Blended Learning as a Developmental Model Strategy of Teaching and Learning in Islamic Universities in Indonesia. Dinamika Ilmu, 21(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/di.v21i2.3809
Setiawan, A., Bukhari, A., Arbain, M., Saleh, K., Zulkifli, Rasyidi, A., Anshari, M., & Hafiz, M. (2021). Strategy of Online-Based Learning in Overcoming Facing the COVID-19 Pandemic. I T A L I E N I S C H, 11(2), Article 2. https://doi.org/10.1115/italienisch.v11i2.159
Sugiyono, S., & Iskandar, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102
Wahid, A. H., Fajri, M., Baharun, H., Fitriyah, R. I., & Risqiyah, A. (2022). Adaptation of BCCT Learning Model in Developing Religious Aspects of Children. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), Article 4. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.2073
Yusuf, I., & Iskandar, I. (2021). GURU DAN MURID DALAM PERSEKTIF AL QUR’AN DAN HADITS. MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Hadis, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.54443/mushaf.v1i1.14
Yusuf, I., & Khojir, K. (2021). PENDIDIKAN MENURUT FILSAFAT IBNU SINA (980 M-1037 M). Cross-Border, 4(2), Article 2.
Published
2022-10-04
How to Cite
Mubarak, A. (2022). Quwwah dan Turhibuun Ajaran Terorisme Islam. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 131-143. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.5737