Self-Regulation Siswa Pada Kegiatan Hafalan Al-Qur'an Di Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin Samarinda

  • Lely Salmitha UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Linna Revilla Malik UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Irnawati Irnawati UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Self-Regulation, Menghafal Al-Qur’an

Abstract

Berbagai macam faktor yang dapat mempengaruhi seseorang untuk menghafal Alquran, salah satu faktor tersebut yaitu kesehatan, usia, motivasi,serta kegiatan menghafal Alquran juga dibutuhkan niat dan tekad yang kuat. Dalam psikologi pengaturan diri yang ketat disebut sebagai regulasi diri (self-regulation). Menghafal Alquran perlu keseriusan dan kesungguhan dalam menghafal kalam allah yang mulia ini, sehingga perlu yang namanya membentuk self-regulation( pengaturan diri) yang baik, karena self-regulation merupakan salah satu penentu dalam keberhasilan salah satunya dalam menghafal Alquran di MI Al Mujahidin Samarinda, semakin baik self- regulation maka semakin baik pula hafalan yang dimiliki siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Adapun jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Data yang diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa self-regulation siswa dalam menghafal Alquran diantaranya: a) pengaturan lingkungan belajar, bahwa pengaturan lingkungan belajar anak berbeda-beda saat dirumah, ada yang mengatur lingkungan belajarnya dengan menyendiri dikamar, ada yang meminta bantuan orang tua untuk menyimak hafalannya, bahkan ada yang memasuki TPA agar lebih banyak belajar. Semua pengaturan lingkungan tersebut berpengaruh terhadap keberhasilan anak dalam mencapai target, terutama target dalam menghafal Alquran. b) Metode menghafal, metode yang digunakan siswa kelas V di MI Al-Mujahidin Samarinda yaitu takrir, talqin, tahsin, dan tasmi c) Motivasi dalam menghafal Alquran,yaitu karena ingin menjadi imam, tugas sekolah, iming- iming hadiah dari orang tua dan masuk ke TPA untuk bisa belajar lebih banyak lagi d) Reward dan Punishment. Reward berupa hadiah uang tunai dan sertifikat, punishment berupa tidak diberikan sertifikat

References

Afni, Selvi Dwi, ‘GAMBARAN REGULASI DIRI DALAM BELAJAR PADA MAHASISWA PENGHAFAL AL-QUR’AN YANG BERPRESTASI DI UNIVERSITAS AIRLANGGA’ (Unversitas Airlangga, 2019)

Al-Hafidz, Ahsin Wijaya, Bimbingan Praktis Menghafal Alquran (Jakarta: Amzah, 2008)

Anwar, Khoirul, and Mufti Hafiyana, ‘Implementasi Metode ODOA (One Day One Ayat) Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Quran’, Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2.2 (2018), 181–98

Baumeister, Roy F., and Kathleen D. Vohs, ‘Self-Regulation, Ego Depletion, and Motivation’, Social and Personality Psychology Compass, 1.1 (2007), 115–28

Dewi, Fransisca Iriani Roesmala, Intervensi Kemampuan Self-Regulation (Yogyakarta: Andi, 2021)

Harahap, E.I Lantang, Mari Memperingati Kreativitas (Jakarta: Gunung Agung, 2003)

Indah lestari, Ayu, ‘Self-Regulation Mahasiswa Penghafal Alquran Di Ma’had Al- JaMI’ah Iain Bengkulu’ (IAIN Bengkulu, 2020)

Kevin Tangkuman, Bernhard Tewal, and Irvan Trang, ‘Penilaian Kinerja, Reward Dan Punishment Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pertamina (PERSERO) Cabang Pemasaran Suluttenggo’, Jurnal EMBA, 3.2 (2015), 884–95

Mu’min, Sitti Aisyah, ‘Regulasi Diri Dalam Belajar Mahasiswa Yang Bekerja (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari)’, Jurnal Al-Ta’dib, 9.1 (2016), 1–20

Pangatin, Sri, and Arih Merdekasari, ‘Regulasi Diri Anak Penghafal Al-Qur’an’, Jurnal Studia Insania, 8.1 (2020), 23

Supriyono, Widodo, and Abu Ahmadi, Psikologi Belajar (Jakarta: Rieneka Cipta, 1991)

Zahro, Maulida, ‘Analisis Self-Regulation Santri Dalam Pembelajaran Tahfidz Alquran Pada Sekolah Full Day’ (IAIN Surakarta, 2020)

Published
2022-06-07
How to Cite
Salmitha, L., Malik, L., & Irnawati, I. (2022). Self-Regulation Siswa Pada Kegiatan Hafalan Al-Qur’an Di Madrasah Ibtidaiyah Al Mujahidin Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(2), 81-93. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i2.6208

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2