Pengembangan Madrasah melalui Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam Pemasaran Jasa Pendidikan

  • Rusdi Rusdi UINSI Samarinda
  • Siti Hajar Awaliyah Abidin UINSI Samarinda
Keywords: Madrasah, MarketiBauran Pemasaran (Marketing Mix), Jasa Pendidikan

Abstract

Abstrak

 

Sekolah yang berkualitas bisa dilihat dari strategi pemasaran yang baik. Pemasaran yang baik tentu memiliki dampak pada adanya peminat dan kepercayaan masyarakat sehingga menghasilkan jumlah peserta didik yang banyak. MTs Labbaika Samarinda mengalami peningkatan jumlah peserta didik yang setiap tahunnya meningkat. Hal ini menjadi gambaran positif bagi sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan yang dibuktikan dengan upaya-upaya yang sangat kreatif, inovatif serta memperoleh keunggulan tersendiri bagi sekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pemasaran jasa pendidikan dalam peningkatan peserta didik di MTs Labbaika Samarinda. Penelitian lapangan ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran pendidikan yang dilakukan di MTs Labbaika Samarinda Sangat Baik, yaitu dengan menerapkan Unsur 8P: 1) Product, Menawarkan produk berupa prestasi akademik maupun non akademik yang pernah diraih siswa. 2) Price, Harga yang ditetapkan cukup murah dengan biaya SPP Rp. 195.000 per bulan, dan ada keringanan biaya untuk Siswa/i yang kurang mampum namun biaya murah tetap mampu memberikan pelayanan maksimal 3) Place, Terletak di tempat yang strategis, karena sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. 4) Promotion, Promosi yang dilakukan MTs Labbaika melalui Media cetak (brosur), Media Sosial (facebook, instagram, whatsapps). 5) People, SDM yang dimiilki MTs Labbaika cukup baik karena dilihat dari status pendidikan, sudah memenuhi kualifikasi yaitu Sarjana (S1). 6) Physical Evidence, sarana dan prasarana MTs Labbaika sudah memadai dan sangat menunjang proses pembelajaran. 7) Process, Sudah terlaksana sesuai dengan urutan, dimulai dari perencanaan hingga pengevaluasian akhir dari kegiatan pemasaran. 8) Pray, Menerapkan nilai-nilai spritual.

References

Abdullah, Thamrin dan Tantri, Francis. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta, 2010.
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta. 2007.
Assauri, Sofjan. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers, 2017.
Butteruck, Keith. Pengantar public Relations teori dan Praktik. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Chairunnisa, Conie. Manajemen pendidikan dalam multi prespektif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2016.
Corbin, A. Strauss. J. basic of Qualitive Research. Techniques and procedues for Developing Graunded Theory. USA: SAGE publications. Inc, 2015.
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan. Jakarta: Departemen Agama RI, 2006.
Fatah, Nanang. Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2013.
Firmansyah, dan Didin Fatihudin dan Anang. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Hasbullah, Dasar-Dasar ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2013.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. Marketing Management Thirteeth Edition,”Teerj. Bob Sabran, Manajemen Pemasaran Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: PT. Gelora Aksara Pratama, 2009.
Kotabe, Masaki dan Helsen, Kristian. Global Marketing Management. United State of America: John Miley & Soon, Inc, 2004.
Kotler, Philip dan Keller Lan Kevin. Marketing Management. New Jersey: Prentice Hall, 2012.
Lovelock, Christopher. dkk, Pemasaran Jasa Manusia, Teknologi, Strategi, Jakarta: Erlangga, 2010.
Manap, Abdul. Revolusi Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media, 2016.
Machli, Imam & Hidayat, Ara. The Handbook of Education Management, Jakarta: Kencana, 2018.
Moleong, Lexy. J. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2017.

Musfar, Tengku Firli. Manajemen Pemasaran. Bandung: Media Sains Indonesia, 2020.
Rukajat, Ajat. Pendekatan Penelitian Kualitatif, cet. 1, Yogyakarta: CV. Budi utama, 2018.
Saldana, Miles, Huberman. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3, USA: Sage Publications, 2014.
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2009.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta, 2015.
Tjiptono, Fandy. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI Yogyakarta Offices, 2008.
Tim Redaksi KBBI. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Jakarta: Balai Pustaka, 2005.
Wibowo. Manajemen Perubahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006.
Wijaya, David. Pemasaran Jasa Pendidikan. Jakarta: Salemba Empat, 2012

Khasanah, Afidatun, “Pemasaran Jasa Pendidikan Sebagai Strategi Peningkatan Mutu”, dalam Jurnal el- Tarbawi Vol.VIII, No.2 Tahun 2015.

Maya, Sarifudin dan Rehendra. “Implementasi Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pelanggan”. Islamic Management dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol. 2, No. 2, 2019.
Munir, M. “Manajemen Pemasaran Pendidikan dalam Menigkatkan Kuantitas Peserta Didik”. dalam Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, Vol.1 No.2, 2018.
Mursalim, “Do’a Dalam Prespektif Al-Qur’an”, dalam Jurnal Al-Ulum” Vol.11 No.1, 2011.

Rusdi, Konsep Quality Assurance Implementasi dan Implikasinya bagi Penguatan Kelembagaan IAIN Samarinda, dalam jurnal Educasia, Vol. 1 No. 2 December 2016

Sudiarta, Nyoman, I. “Strategi Pemasaran: Mengintegrasikan Konsep Pemasaran Pariwisata, Gaya Hidup Konsumen dan Manajemen Destinasi Pariwisata Menuju Kualitas Pengalaman Berkelanjutan”, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Akutansi STIE Triatma Mulya, Vol. 16, 2011.

Susilo, Supriyani dan Heryanto. “Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Siswa Dalam Memilih Madrasahh Aliyah Negeri Tuban”, dalam Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan edisi No.1, Vol. I, 2016.
Published
2022-10-10
How to Cite
Rusdi, R., & Abidin, S. H. (2022). Pengembangan Madrasah melalui Marketing Mix (Bauran Pemasaran) dalam Pemasaran Jasa Pendidikan. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(3), 144-168. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i3.6308