Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik LPP Radio Republik Indonesia Samarinda

  • Andik Riyanto Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: Kompetensi SDM, Pelayanan Publik, RRI

Abstract

Berbicara tentang birokrasi bahwa masyarakat begitu peka dengan istilah birokrasi dan hampir semua lapisan sosial mengenal sebutan birokrasi, terutama di kalangan terdidik. Untuk mendeskripsikan dan menganalisis bentuk-bentuk pengembangan kompetensi sumber daya manusia, kesulitan pelayan dan faktor pendukung dan penghambat yang dilakukan Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Samarinda dalam upaya meningkatkan efektivitas kerja pegawai. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dan akan dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pengembangan kompetensi sumber daya manusia di lingkuan LPP RRI Samarinda belum sepenuhnya dapat meningkatkan kompetensi apartur, 2) Kurang optimalnya pengembangan kompetensi aparatur di lingkungan (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Lembaga Penyiaran Publik marinda dapat diidentifikasi dari keterlibatan pegawai yang mengikuti dikan formal dan jenis pelatihan, 3) pengembangan kompetensi dalam bentuk diklatpim ternyata membawa pengembangan kompeten ensi terhadap peningkatan kemampuan manajeriil bagi pegawai, 4) mutasi pegawai karena adanya kebijakan subjektif, 5) pemerian kewenangan di LPP RRI cukup baik, dan 6) efektifitas kerja di LPP RRI belum menunjukkan optimal.

References

Undang-Undang Nomor 43 tahun 1999. Perubah ndang 18 tahun 1974 Tentang Pokok Kepegawaian Indonesia. Jakarta
Kepenpan No. 81/1993, Tentang Pedoman Tata Laksana Pelayanan Kepmenpan No. 81/100 Umum, Indonesia. Jakarta
. LAN RI. 1993. Diklat Pegawai Negeri Sipil yang Diselenggarakan Oleh Depdagri. Tim Peneliti, LAN-RI, Jakarta
Peraturan Dewan Direksi Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio Republik Indonesia (RRI) Nomor : 002/PER/DIREKSI/2006 Tentang Struktur Organisasi Dan Tata Kerja Stasiun Penyiaran Radio Republik Indonesia
Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Negeri Sipil. Indonesia. Jakarta.
Undang-Undang Nomor 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran.
Abdul Wahab Solichin, 1999, Reformasi Pelayanan Publik. Kajian dari Perspektif Teori Governance, Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar dalam Ilmu Kebijakan Publik, FIA Universitas Brawijaya Malang.
Albraw, Martin. 1989. Birokrasi. Alih Bahasa M. Rusli Karim dan Totok Daryanto.. Tiara Wacana Yogya. Yogyakarta.
Amstrong, T. Stephen (1994), Commitment in The Workplace. Research & Practice, Mc Graw Hill, Singapore.
Alwi, M. Dahlan. 2001 Mencari Ukuran Kualitas Non Fisik Penduduk : Mengukur Kualitas Manusia dan Masyarakat Melampaui Indeks Kualitas kehidupan Fisik, dalam Sofian Effendi, Membangun Martabat Manusia, UGM-Press.
Brannen, Julia. 199 1997. Memandu Penelitian Kualitatif dan kuantitatif. Fakultas Tarbiah IAIN. Antasari. Samarinda.
Brvant dan White. 108 terjemahan Rus in 1994. Menajemen Personalia. Diterjemahkan Moh. Masud. Edisi
Flipo. B. Edwin. 70 keenam. Erlangga. Jakarta. Vinceni. 1995. Manajemen Kualitas Dalam Industri Jasa. Peterjemah mour Lukman. UGM Perss. Yogyakarta.
Gaspersz and Vince Sampu Gibson, 1990. Jam 1990. James L, John M, Ivancevich, and Donelly Hames H. Jr. 1990. Organisasi dan Management: Perilaku Struktur. Proses, Diterjemahkan Suryatim, Erlangga, Jakarta.
handyaningrat, Soewarno, 1983, Administrasi Pemerintahan Dalam Pembangunan Nasional. Gunung Agung, Jakarta.
Hasibuan, 2001. Manajemen Sumber Daya manusia, Dasar dan Kunci Keberhasilan. Haji Masagung. Jakarta. Rumah Sakit (Quality Jacobalis. Samsi. 1989. Menjaga Mutu Pelayanan Anssurance). Persi. Citra Windu Saria. Jakarta.
Kartasasmita, Ginandjar, 1995, Ekonomi Rakyat : Memadukan Perumbuhan Dan Pemerataan. Cides, Jakarta.
Kristiadi, J.B, 1996. Administrasi/ Manejemn Pembangunan (kumpulan tulisan), Lembaga Administrasi Negara, Jakarta. Kumorotomo, Wahyudi.1992. Etika Administrasi Negara. Raja Grapindo Perkasa. Jakarta..
Kuriawan, agung. 2004. Transformasi Pelayanan Publik, Pembaruan. Jogyakarta. Mangkunegara, Anwar Pabu, 2003. Perencanaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Refika Aditama. Bandung.
Martoyo, 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia. BPFE. Yogyakarta dan M. Huberman. 1992 Manajemen Sumber Daya Manusia Stratejik. Ghalia Indonesia, Jakarta.
Moenir , H.AS, 1992, Pendekatan manusiawi dan Organisasi Ternddup Kepegawaian, Gunung Agung, Jakarta
Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia ca De Sta. Cetakan Pertama. Bumi Aksara, Jakarta
2000. Metedologi Penelitian Kualitatif, Rema Posdakarya, Bandung. Moleong. Lexy, 2000, 2003 Seminar Nasional : Penguatan Administrasi Publik Dalam Raneka Good Governace. STIA LAN. Jakarta
Mustofadidjaja. 2003 dari 1999. Metode Penelitian Bidang Sosial. Gajah Mada Press. Nawawi, Hadari Yogyakarta.
David dan Ted Gebler, 1995, Mewirausahakan Birokasi Reinventing Government Mentransformasi Semangat wirausaha kedalam Sektor Publik, PT. Pustaka Binaman Presindo, Jakarta. Leto J. 1985. Produktivitas dan Manajemen, Jakarta :
Dewan Produktivitas Nasional Pusat Produktivitas Nasional dan The Asia Foundation. Rondineli. 1994. Development Projects as Policy Experiments and Addaptive Approach to Depelopment Adminitration, Methun. Saydam,
Gouzali, (1996), Manajemen Sumber Daya Manusia: Suatu Pendekatan Mikro, Jakarta, Djambatan. Sedarmayanti, 200. Manajemen Sumber Daya Manusia. Gunung Agung. Bandung. Setiono, Yuli, (1997), Upaya Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, "Usahawan, Nomor 07 Th XXVI, Juli 1997, Jakarta.
Simamora, Henry. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi ke Ketiga. STIE YKPN. Yogyakarta.
siagan, Sondang P, 2000, Manajemen Sumber Saya Manusia. STIE YKPN, Yogyakarta.
Senge, Peter M. 1990. The Fifth M. 1990. The Fifth Discipline (the art and Practice of The Learning Organization). Doubleday Dell Publishing Group.
Soerjono.1995. Pembangunan. Memperkuat dan Meningkatkan Wibawa Sektor alam Majalah Manajemen tahun III. Lembaga Administrasi Negara. Jakarta
leen Mitchell. 1997. Empowering People. London Pitman Publishing. Steward. Aileen Mi Long Acre.
ah. 1995. Beberapa Aspek Kebijakan Birokrasi. Media Widya Mandala, Thoha, Miftah. 1995 R Yogyakarta.
1997. Dimensi-Dimensi Prima Ilmu Administrasi Negara. Raja Grafindo Persada. Jakarta. Tjandra. Wria Wriawan. Dkk. 2005. Kapasitas Pemerintah Daerah Dalam Pelayanan Publik. Pembaruan. Jogyakarta.
Tiokroamidjojo, Bintoro. 1993. Manajemen Pembangunan, Haji Mas Agung, Jakarta.
Tulus. Agus. 1992. Manajemen Sumber Daya Manusia. Buku Panduan Mahasiswa. Edisi Pertama. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Wijayanto, Bambang, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Sulita. Bandung Zauhar, Soesilo. 1999. Reformasi Administrasi Negara. Konsep Dimensi Dan Strategi. Bumi Aksara. Jakarta.
Published
2023-04-13
How to Cite
Riyanto, A. (2023). Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia dalam Rangka Meningkatkan Pelayanan Publik LPP Radio Republik Indonesia Samarinda. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 3(2), 132-159. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v3i2.6356