Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Fisika Sebagai Calon Guru Terhadap Pembelajaran Berbasis STEM Melalui Kompetensi 4C
Abstract
Pada abad 21 ini keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity dan Innovation) sangat dibutuhkan. Kompetensi 4C dalam hal ini yaitu komunikasi, kolaborasi, berfikir kritis dan pemecahan masalah, serta kreativitas dan inovasi merupakan kemampuan untuk menjalani kurikulum 2013. Pendidikan saat ini juga menekankan pada sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Tujuan survey yang digunakan dalam penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran secara luas tentang pengetahuan mahasiswa Pendidikan Fisika sebagai calon guru terkait dengan pembelajaran berbasis STEM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan lebih dari 90% mahasiswa pendidikan fisika dalam konsep pembelajaran berbasis STEM sebagai dasar memahami implementasi keterampilan 4C pada abad 21. Dapat disimpulkan bahwa mahasiswa mendapatkan pengetahuan secara konsep dasar mengenai pemahaman STEM ketika menempuh mata kuliah yang berkaitan dengan pembelajaran.
References
Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24530
Dewi, N., & Hamdu, G. (2020). Lks Pembelajaran Stem Berdasarkan Kemampuan 4C Dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 369-378. https://doi.org/10.23887/jipp.v4i2.25312
Furqoniyah, Q., Subiki, S., & Maryani, M. (2022). Pengembangan Lkpd Berbasis Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathemathics) Dalam Pembelajaran Fisika Pemanasan Global Di Sma. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 9(1), 76–84. https://doi.org/10.36706/jipf.v9i1.15539
Idrus, S. W. Al. (2022). Implementasi STEM Terintegrasi Etnosains (Etno- STEM) di Indonesia: Tinjauan Meta Analisis. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4), 2370–2376. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4.879.
Izzah, N., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2021). Meta Analisis Effect Size Pengaruh Bahan Ajar IPA dan Fisika Berbasis STEM Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 9(1), 114.https://doi.org/10.24127/jpf.v9i1.3495.
Lestari, I. F. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Topik Hukum Archimedes Menggunakan Pendekatan STEM. Jurnal Pendidikan Fisika dan Sains. 6(1), 8–13. https://doi.org/10.52188/jpfs.v6i1.325.
Lubis, M. (2020). Peran guru pada era pendidikan 4.0. EDUKA: Jurnal Pendidikan, Hukum, Dan Bisnis, 4(2), 0-5.
Mahjatia, N., Susilowati, E., & Miriam,S. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055.
Marta, Y. M. V., & Ramli, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Pendekatan STEM. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 5(2), 95–101. https://doi.org/10.30599/jipfri.v5i2.918.
Mustika, D., & Hasby, H. (2022). Pelatihan Integrasi STEM dalam Pembelajaran Pada Kelompok MGMP Fisika SMA Kota Langsa. Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(2013), 426–432. http://abdi.ppj.unp.ac.id/ index.php/abdi/article/view/ 350%0Ahttp://abdi.ppj.unp.ac.id/ index.php/abdi/article/ download/350/142
Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain pembelajaran STEM berdasarkan kemampuan 4C di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99-108. http://dx.doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Pramadanti, M., Subiki, S., & Harijanto, A. (2021). Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Smartphone Dengan Pendekatan Stem (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(2), 318. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i2.5842.
Prameswari, E. M., Sulanjari, B., & Alfiah, A. (2022). Kemampuan Guru Bahasa Jawa SMP Negeri 1 Kedungtuban Blora Mengintegrasikan 4 C dalam RPP Semester Gasal Tahun 2020/2021. JISABDA: Jurnal Ilmiah Sastra Dan Bahasa Daerah, Serta Pengajarannya, 3(2), 61–69. https://doi.org/10.26877/jisabda.v3i2.12206
Pramudyani, A. V. R., & Indratno, T. K. (2022). Pemahaman Science, Technology,Engineering, Art dan Mathematic (STEAM) pada Calon Guru PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4077–4088. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2261
Putri, M. A., Wulandari, C., & Febriastuti, A. R. (2021). Implementasi Pendekatan Pembelajaran Steam Berbahan Loose Parts Dalam Mengembangkan Ketrampilan Abad 21 Pada Anak Usia Dini. ABNA: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 118–130.
Rahmana, L. H. A., Zuhdi, M., & Sutrio, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran STEM Berbasis Masalah Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(SpecialIssue), 38–42.https://doi.org/10.29303/jpft. v8ispecialissue.3520
Rusdinal, R., Rusli, R., & Meizatri, R. (2022). Pelatihan Penyusunan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Science, Technology, Engineering, Mathematic (STEM) dan Karakter Bagi Guru Sekolah Dasar Kecamatan Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Abdi: Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, 4(1), 132-141.https://doi.org/10.24036/abdi.v4i1.206
Sapitri, N. K. I., Ardana, I. M., & Gunamantha, I. M. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pemecahan Masalah Dengan Pendekatan 4C Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 6(1), 24-32.https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v6i1.537
Susanti, E., & Arista, A. (2019). Analisa Tingkat Pengetahuan Guru terhadap Kompetensi 4C. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), (2), 73–78. Retrieved from https://ejournal.upbatam.ac.id/index.php/prosiding/article/view/1509
Tinggi, B. (2022). Pelatihan pembuatan media pembelajaran elektronik untuk guru SMK Lingua Prima. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 459-466.Artobatama, I., Hamdu, G., & Giyartini, R. (2020). Analisis Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di SD. Indonesian Journal of Primary Education, 4(1), 76–86. https://doi.org/10.17509/ijpe.v4i1.24530.
Yanti, A., & Rochmah, D. (2018). Penerapan Keterampilan 4C Abad 21 Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar Di SDN Sunyaragi 1 Kota Cirebon. E-Journal.Umc.Ac.Id, 9–13. https://www.e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/3489%0Ahttps://www.e-journal.umc.ac.id/index.php/pro/article/view/3489/1776
Zulfa, R. N., Masykuri, M., & Maridi, M. (2022). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Terintegrasi STEM terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 43-49. http://dx.doi.org/10.30998/sap.v7i1.13001
Zulfawati, Z., & Mayasari, T. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Dengan Integrasi Stem. ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 12. https://doi.org/10.31764/orbita.v7i1.4164.