Model Pembelajaran dan Gender Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

  • Nadya Ilma Rosyida Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nurul Azizatul Isnaini Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Reksahati Wulandari Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Rahayu Kariadinata Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Adam Malik Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
Keywords: Contextual Teaching and Learning, Direct instruction, Gender, Hasil belajar, Pendidikan Agama Islam, Presenting and explaining

Abstract

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam terkesan membosankan bagi beberapa siswa, maka guru PAI menerapkan beberapa model pembelajaran di kelas. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis pengaruh model pembelajaran yang digunakan terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) menganalisis pengaruh gender terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) menganalisis keterkaitan antara model pembelajaran dan gender terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agam Islam.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu SMP di Kabupaten Pemalang.  Sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Data bersumber dari dokumen berupa hasil belajar peserta didik dan dokumen sekolah. Statistic inferensial parametrik digunakan untuk mengambil kesimpulan terhadap suatu populasi dengan teknik uji hipotesis. Jenis perhitungannya adalah uji Anova Dua Jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara model pembelajaran yang digunakan dan gender terhadap hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas IX pada salah satu SMP di Kabupaten Pemalang.

Author Biographies

Nadya Ilma Rosyida, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Pendidikan Agama Islam

Nurul Azizatul Isnaini, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Pendidikan Agama Islam

Reksahati Wulandari, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Pendidikan Agama Islam

References

Azhari, M. T., Al Fajri Bahri, M. P., Asrul, M. S., & Rafida, T. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Chotibuddin, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Explicit Instruction Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah 25 Paciran. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 37–45.
Damau, M. S. (2023). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran STAD terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam., 1(1), 1–5.
Dewiastuti, T. M. (2018). Peningkatan hasil belajar IPS tentang perjuangan melawan penjajah melalui model presenting and explaining pada siswa kelas V SDN Karangpatihan 2 Kabupaten Ponorogo.
Efendi, R. (2023). Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) dalam Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). At-Turost : Journal of Islamic Studies, 10(01), Article 01.
Gian, F., Taty, S., & Jusniar, J. (2023). Efektivitas Penggunaan Video Youtube dalam Model Pembelajaran Direct instruction terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Materi Pokok Reaksi Reduksi dan Oksidasi). Sainsmat, 12(1), 73–82.
Hairul, H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran Melalui Kegiatan Supervisi Kelas di SDN Kuin Selatan 4 Banjarmasin Kota Banjarmasin. Jurnal Manajemen Pendidikan Al Hadi, 3(2).
Hikam, F. F., & Karima, S. (2020). Pengaruh contextual teaching and learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi PAI di SDIT Insantama Banjar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 48–59.
Ilmiyati, N., & Maladona, A. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Konsep Dasar Kurikulum Prototipe). PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jannah, M. (2023a). Analisis Kegiatan Apresepsi Menggunakan Metode Presentasi dan Eksplanasi pada Kelas Atas di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 160–174.
Kismatun, K. (2021). Contextual Teaching And Learning Dalam Pendidikan Agama Islam. Teacher: Jurnal Inovasi Karya Ilmiah Guru, 1(2), 123–133.
Laela, N. (2023). Kreativitas Guru dalam Pengembangan Media Pembelajaran IPS di MI Ma’arif NU Ajibarang Kulon. Jurnal Kependidikan, 11(1), 61–77.
Lubis, A. S., Nurmawati, N., & Dahlan, Z. (2023). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Information and Communication Technology (ICT). Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 495–504.
Nababan, D., & Sari, P. M. (2023). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 792–800.
Nafisah, K., & Muaddab, H. (2023). 29 Model-Model Pembelajaran Merdeka Belajar. Tebuireng Institute.
Rahmawati, D., Marsia, Y., & Prakoso, A. F. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Peningkatan Hail Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Peserta didik Kelas X-4 SMA Negeri 17 Surabaya. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6562
Rizkinara, F., Kurniawan, R. Y., & Basir, M. (2023). Upaya Meningkatkan Output Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Ekonomi Dengan Penerapan Model Problem Based Learning (PBL). Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v4i2.6546
Rofiq, M. A., Mahmud, M. E., & Musfiroh, I. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 109–129. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2063
Suparwi, S. (2023). Peningkatan Keterampilan Menggambar Model Dengan Teknik Arsir Melalui Model Pembelajaran Direct Instruction Pada Siswa Kelas VIII E SMP Negeri 2 Secang Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2019/2020. Science and Education Journal (SICEDU), 2(1), 89–97.
Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-Jenis Penelitian Dalam Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Jurnal QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13–23.
Wandani, E., Sufhia, N. S., Eliawati, N., & Masitoh, I. (2023). Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Proses Pembelajaran Individu. Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(5).
Published
2024-03-31
How to Cite
Rosyida, N., Isnaini, N., Wulandari, R., Kariadinata, R., & Malik, A. (2024). Model Pembelajaran dan Gender Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(2), 229-238. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.6985