Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an Materi Gelombang Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengujiikevalidan, kepraktisan untuk menguji keefektifan modul pembelajaran fisika integrasi ayat-ayat Al-Qur’an materimgelombang mekanik. Penelitian ini menggunakannpenelitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4D yaitu define, design, develop, dan disseminate, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi, angket dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini merupakan angket analisis validitas modul, angket analisis kepraktisan dan angket analisis keefektifan yang menggunakannteknik analisis data berupa statistik deskriptif berupa analisis validitas produk, analisis kepraktisan produk dan uji T dan N-Gain untuk menguji keefektifan produk dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di MA Salafiyah Simbangkulon dengan sampel sebanyak 25 anak kelas XI MIPA 2. Persentase hasil validasi modul sebesar 88% merupakan kategori yang sangat valid. Proporsi penilaian kepraktisan sebesar 87% yang termasuk dalam kategori sangat praktis. Hasil analisis uji-T pada kurva menunjukan bahwa T-hitung berada pada kisaran penolakan Ho, sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak, sehingga penggunaan modul berpengaruh dalam kemampuan kognitif siswa yang meningkat. Berdasarkan uji N-Gain memiliki peringkat N-Gain sebesar 0,75 dalam kategori sangat Tinggi atau Sangat layak. Berdasarkan hasil validitas, kepraktisan dan keefektifan modul pembelajaran fisika integrasi ayat-ayat Al-Qur’an layak digunakan sebagai media dan sumber pembelajaran fisika.
References
Festiawan, R. (2020). Belajar dan pendekatan pembelajaran. Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Firdaus, F. (2019). Dasar Integrasi Ilmu dalam Alquran. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 23–35. https://doi.org/10.25299/jaip.2019.vol16(1).2726
Fitri, S. F. N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1617–1620.
Hernaeny, U. (2021). “Populasi dan Sampel.” Pengantar Statistika. Media Sains Indonesia.
Khasanah, W. (2021). Kewajiban Menuntut Ilmu dalam Islam. Jurnal Riset Agama, 1(2), 296–307. https://doi.org/10.15575/jra.v1i2.14568
Maydiantoro, A. (2020). Model Penelitian Pengembangan. Chemistry Education Review (CER), 3(2), 185.
Nurazizah, S., Sinaga, P., & Jauhari, A. (2017). Profil Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 3(2), 197–202. https://doi.org/10.21009/1.03211
Pradestya, R. (2019). Langkah-Langkah Pemecahan Masalah dan Kemampuan Kognitif. Jurnal UMMI, 2(2), 43–49.
Purwanti, P. (2019). Analisis tingkat adversity quotient (AQ) siswa sma pada pembelajaran matematika melalui problem based learning (PBL). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019, 1033–1044.
Razali, W., Radiman, S., Samian, A. L., & Zabidi, A. F. M. (2018). Perbandingan Kosmologi Cahaya dalam Perspektif Islam dan Sains. Hadhari, November. https://www.researchgate.net/profile/Wan-Razali-2/publication/329175256_Perbandingan_Kosmologi_Cahaya_dalam_Perspektif_Islam_dan_Sains/links/5bfa55eb92851ced67d5fe65/Perbandingan-Kosmologi-Cahaya-dalam-Perspektif-Islam-dan-Sains.pdf
Sirait, R. (2020). Fisika Gelombang. 57–59. http://repository.uinsu.ac.id/9720/1/Diktat Fisika Gelombang Ratni Sirait.pdf
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
WATI, F. (2020). Integrasi Ayat Al-Qur’an dalam Pengembangan Bahan Ajar IPA Terpadu Pada Materi Getaran, Gelombang dan Bunyi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam-Banda Aceh.
Wibowo, S. A., Murtono, -, Santoso, -, & Utaminingsih, S. (2021). Efektifitas Pengembangan Buku Ajar Berbasis Nilai-Nilai Karakter Multikultural Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 11(1), 54–62. https://doi.org/10.24246/j.js.2021.v11.i1.p54-62