The Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil belajar IPS

  • Riza Inayatul IIahiyah UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anggoro Putranto
Keywords: Kata Kunci:, Direct Instruction, Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal utama (1) Pembelajaran Model Direct Instruction berbasis mind mapping terhadap ketertarikan ketertarikan minat belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Srengat, (2) mengetahui pengaruh pembelajaran Model Direct Instruction berbasis mind mapping terhadap prestasi prestasi perolehan belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Srengat. Penelitian ini memakai metode semu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent post-test only control design. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa kelas VIII sebagai populasi, dengan melibatkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas VIII-I (Kelompok Kontrol) dan VIII-J (kelompok eksperimen). Pengumpulan data melalui angket dan posttest dan SPSS.20 sebagai analisis datanya, analsiis data berupa tes prasyarat melalui uji normalitas dan uji homogenitas sebagai prasayarat dilakukan Uji-t. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini: (1) Adanya pengaruh yang relevan penerapan model direct instruction berbasis mind mapping terhadap ketertarikan ketertarikan minat belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Srengat. Hal ini tebrukti hasil uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima. (2) Adanya pengaruh yang relevan model direct instruction berbasis mind map terhadap prestasi prestasi prestasi perolehan belajar IPS kelas VIII di SMPN 1 Srengat. Hal ini terbukti dari hasil uji t-test diperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak dan H1 diterima.

Kata Kunci : Direct Instruction, Mind Mapping, Minat Belajar, Hasil Belajar

References

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://Doi.Org/10.17509/Jpm.V4i1.14958
Charisman Zega, D. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Prestasi hasil belajar Siswa. Educatum: Jurnal Ilmu Pendidikan, 102-108.
Dede, D., Amir, M., & Arifin, M. T. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMPN Satu Atap Paga Kecamatan Tanawawo. 03(04).
Fatimah, W., Abustang, P. B., & Supardi, R. (2022). Pengaruh Ketertarikan minat belajar Terhadap Prestasi hasil belajar Ips. 7.
Firmansyah, D. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Ketertarikan minat belajar Terhadap Prestasi hasil belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Uniska, 39.
Firmansyah & Dede (2022) Teknik Pengambilan Sampel Umum Dalam Metodologi Penelitian : Literatur Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik 1(2). 87
Habibi, M. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Fisika Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Model Pengajaran Langsung Pada Pokok Bahasan Tekanan. 5.
Hamzah, D. (2008). Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: Pt Bumi Aksara.
Handayani , R., & Abadi, G. S (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Gambar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika Siswa Kelas IV SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(1).
Hartini, S. (2022). Upaya Meningkatkan Minat Dan Prestasi Hasil Belajar IPA Pada Materi Klasifikasi Makhuk Hidup Melalui Penerapan Metode Peta Konsep (Mind Map) Pada Siswa Kelas VII-1 MTsn 2 Kabupaten Aceh Besar. Prosiding Seminar Nasional Biotik.
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Prestasi hasil belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 38-48.
Lubis, R. S. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Axiom : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 9 (2), 199. https://Doi.Org/10.30821/Axiom.V9i2.8735
Machali, I. (2021). Imam Machalimetode Penelitian Kuantitatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, Dan Analisis Dalam Penelitian Kuantitatif). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Magdalena, I. (2021) Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkattkan Ketertarikan minat belajar Siswa. Jurnal Edukasi Dan Sains 3(2). 312-325
Mambau, S. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Dengan Media Kartu Aksara Untuk Mneingkatkan Prestasi hasil belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas Iv Mi Wajib Belajar Hidayatul Thullab Durenan Trenggalek.
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa.
Nunik Yudaningsih, D. (2021). Model Pemebalajaran Era Society 5.0 . Insania.
Prasetyo, E. W. (2020). Efektivitas Penerapan Model Ddirect Instruction Berbantuan Mobile Learning Android Terhadap Prestasi hasil belajar Ipa Materi Sistem Pernafasan Manusia Pada Siswa Kelas VIII C SMP Negeri 1 Pabelan. Skripsi.
Purnomo, A. S. (2020). Kreativitas Guru Ips Dalam Pengembangan Media Pembelajaran Pada Smp Negeri 2 Semarang Dan Mts Negeri 1 Semarang . Harmony.
Rahayu, A.P., (2021). Pennggunaan Mind Mapping Dari Perspektif Tony Buzan Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Paradigma 11 (1). 68.
Ramadhany, D., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Self Regulated Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pkk Di SMKN 10 Surabaya. Journal Of Office Administration : Education And Practice, 1(2), 164–178. https://Doi.Org/10.26740/Joaep.V1n2.P164-178
Salwa Azzahra, D. (2023). Efektivitas Direct Instruction Model Dalam Kurikulum Merdeka Pada Permainan Bola Basket Terhadap Ketertarikan minat belajar Siswa Smpn 6 Karawang Barat. Jurnal Pendidikan Dna Konseling.
Sitompul, D. N., Hayati, I., & Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Agama Islam Umsu. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Direct Instruction Berbasis Games Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Akuntansi Pasiva Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP Umsu T.A 2017/2018. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(3), 243–253. Https://Doi.Org/10.30596/Liabilities.V2i3.4023
Sugiyono,. (2016) Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D),. Bandung : IKAPI . 14
Suherlan, E. (2019). Pengaruh Perbandingan Antara Model Pembelajaran Direct Instruction Dengan Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Backhand Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Cipaku Kecamatan Sukaraja. Jurnal Pajar (Pendidikan Dan Pengajaran), 3(5), 1137. https://Doi.Org/10.33578/Pjr.V3i5.7871
Sururunni'mah, SM (2017). Penerapan Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruksi) Dengan Media Kartu Aksara Untuk Meningkatkan Prestasi hasil belajar Bahasa Jawa Peserta Didik Kelas IV MI Wajib Belajar Hidayatut Thullab Kamulan Durenan Trenggalek.
Wahyuningsih, E. S. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan Dan Prestasi Hasil Belajar Siswa. Deepublish.
Wayan Santra. (2021). Implementasi Model Direct Instruction Untuk Meningkatkan Prestasi hasil belajar Teknik Dasar Sprint. https://Doi.Org/10.5281/Zenodo.5257265
Zulaihah, S. (2023). Pennerapan Model Pembelajaran Direct Instruction Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi hasil belajar IPS . Dinamika Sosial : Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Vol 2 No 1, 24-33.
Published
2024-01-20
How to Cite
IIahiyah, R., & Putranto, A. (2024). The Pembelajaran Model Direct Instruction Berbasis Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil belajar IPS. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 91-104. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7921