The Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa

  • Rina Kusuma Dewi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
  • Anggoro Putranto UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
Keywords: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan yaitu; (1) Dapat mengetahui pengaruh bimbingan luar sekolah terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negeri 1 Srengat.(2) Dapat mengetahui pengaruh bimbingan luar sekolah terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX di SMP Negri 1 Srengat. Metode penelitian yang diterapkan adalah quasi experiment dengan desain penelitian Single subject design. Populasi pada penelitian yakni semua siswa kelas IX, sampel yang di gunakan yakni 2 kelas IX-I Sebagai Kelas eksperimen dan Kelas IX- J sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah angket dan dokumentasi. untuk mengukur keduanya menggunakan uji instrumen validitas dan rehabilitas, uji prasyarat dengan uji normalitas dan homogenitas, serta uji hipotesis menggunakan uji t-test. Hasil dari penelitian yang dilakukan di SMP Negeri 1 Srengat adalah sebagai berikut (1) Ditemukan pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar luar sekolah terhadap motivasi belajar. Hal ini di buktikan dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan prinsip pengambilan keputusan0.000 <  0,05 maka Ho di tolak dan Ha  diterima. (2) Ditemukan pengaruh yang signifikan antara bimbingan belajar luar sekolah terhadap hasil belajar. Hal ini diverifikasi dengan hasil uji T-test nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000, maka berdasarkan kriteria pengambilan keputusan0.000 <  0,05 berarti Ha diterima sedangkan Ho ditolak.

 Kata kunci: Bimbingan Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar

 

References

Aisyah , Siti. (2015). Perkembangan Peserta Didik dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta : CV Budi Utama.
Bloom, B. S. (1984). The 2 Sigma Problem: The Search For Methods Of Group Instruction As Effective As One-To-One Tutoring. Educational Researcher, 13(6), 4-16.
Depdikbud.1995. Seri Pemandu Pelaksanaan Bimbingan Konseling Di Sltp, Jakarta : Balai Puataka, Hlm.8
Ensiklopedia Dunia Baru; Carl Rogers, Www.Google.Com
Febyanita,Icha, Dyah Ayu Pramoda,(2020)" Pengembangan Media Puzle Materi Siklus Air Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa" Jurnal Inovasi Pendidikan 1 .No. 6,hal. 1206.
Fitriani. (2016) “ Pengaruh Motivasi Belajar Dan Disiplin Terhadap Hasil Belajar Ips Siswa Di Smp Karya Indah Tapung.”Jurnal Peka 04,No.2 ,hal.138.
Hendra. (2015). Identifikasi Motivasi Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Berkontribusi Terhadap Keseriusan Belajar Sisw Smp Muhammadiyah Kota Bma. Jurnal Mipa,Vol 3 No.2 Hal.36
Ismail, “Diagnosis Kesilitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif Di Sekolah ” .Jurnal Edukasi 02,No.1 (2016).
Lailatul,Devi, Endang,Busri.(2015) “Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Ipa Di Sman 10 Pontianak” Jurnal Pendidikan Pembelajaran,Vol 4,No7.
Laka, Beatus , Jemmi Burdam, Dan Elizabet Kafiar,(2020) “ Role Of Parents In Improving Geography Learning Motivation In Immanuel Agung Samofa High School” Jurnal Inovasi Penelitian 1 ,No.2, hal.70
Malik,Maulana Abdul Dan Yani Lubis ,(2022)“ Meningkatkan Minat Belajar Anak Melalui Kegiatan Bimbingan Belajar Gratis Di Desa Ulumahuam “, Maspul Journal Of Community Empoverment .4,No.2 ,hal.295.
Nadia Nur Fatria , Nadia,Nur. (2022) “ Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas Iv ”, Journal Stitaf, Vol 3, No.1 ,Hal 28-37
Nurliani,(2016) “Studi Psikologi Pendidikan”, Jurnal As-Salam 1, No. 2,hal.39-40.
Pintrich, P. R. (2003). A Motivational Science Perspective On The Role Of Student Motivation In Learning And Teaching Contexts. Journal Of Educational Psychology, 95(4), 667-686.
Qiptiyah, Mariyatul. (2020) “ Peningkatan Hasil Belajar Pkn Materi Kedudukan Dan Fungsi Pancasila Melalui Metode Jigsaw Kelas Viii F Mts 5 Negri Demak”. Jurnal Bimbingan Dan Konseling 04,No.1.
Rahman,Sunarti, (2021) ” Pentingnya Motivai Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar “, Pasca Sarjana Universitas Negri Gorontalo Prosding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 25,hal.297.
Rozana,Khalida, Aang Santoso,Dkk.(2016)” Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar”Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.” Jurnal Pendidikan:Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 01, No.8 ,hal.1607
Sani ,Ridwan,Abdullah,(2013). Inovasi Pembelajaran,Jakarta” Bumi Aksara.
Sani,Ridwan ,Abdulloh,(2019) ”Pembelajaran Berbasis Hots Edisi Revisi : Higer Order Thinking Skils”,Tira Smart.
Sari,Wulan. (2015) “ Pengaruh Bi,Mbingan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematikla Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar” Jurnal Pendidikan Guru Sd, Vol 3, No 2,
Sudaryono.2014. Teori Dan Aplikasi Dalam Statistik,(Yogyakarta Andi), Hal 92
Sulfeni , Wahyu, B.(2018)“ Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Ips Di Smp Kabupaten Bogor.” Jurnal Pendidikan Dan Administrasi Pendidikan 18,N0.1,hal.3.
Susanto, (2013).Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Kencana Prenada Media Group .
Published
2024-01-20
How to Cite
Dewi, R., & Putranto, A. (2024). The Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), 105-117. https://doi.org/10.21093/jtikborneo.v5i3.7922