Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an

  • Sugiyono Sugiyono UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Iskandar Iskandar UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: integrasi sains dan teknologi, sistem pendidikan islam, pandangan al-qur’an

Abstract

Tingginya angka penyalahgunaan dan kejahatan siber merupakan konsekuensi digitalisasi perkembangan teknologi. Kondisi logis ini mendasari penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui integrasi sains dan teknologi dalam sistem pendidikan Islam dalam pandangan Al-Qur’an. Desain penelitian ini adalah literature review dengan menggunakan metode analisis konten. Pengumpulan data melalui studi kepustakaan dengan merujuk hasil penelitian terdahulu dari jurnal ilmiah terindek jurnal Sinta. Dari data yang dikumpulkan lalu dianalisis dan disimpulkan berdasarkan karakteristik dan substansi isinya, selanjutnya dibuat simpulan umum berdasarkan pandangan penulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan era dan budaya digital dalam pendidikan Islam telah dibarengi upaya penanaman nilai-nilai Al-Qur’an melalui berbagai pendekatan seperti inovasi kurikulum, penguatan karakter, pembentukan lingkungan, dan keteladanan. Dengan demikian disimpulkan bahwa penanaman nilai Al-Qur’an telah berjalan dan terimplementasi dengan baik dalam penyelenggaraan pendidikan Islam namun masih perlu ditingkatkan melalui pengayaan literasi dan konten-konten digital islami yang mudah diakses oleh pendidik dan peserta didik.

References

Adhim, A. Al. (2016). Al-Qur’an sebagai Sumber Hukum. Jepe Press Media Utama.
Ananda, P. (2020). Tren Kejahatan Siber Alami Peningkatan. https://mediaindonesia.com/megapolitan/321876/trend-kejahatan-siber-alami-peningkatan
APJII. (2021). https://apjii.or.id.
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Endraswara, S. (2011). Metodologi Penelitian Sastra. Tim redaksi CAPS.
Eriyanto. (2011). Pengantar Metodologi untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Prenadamedia.
Halifa, H., & Wijaya, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 ditengah Soecty 5.0 Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi dan Transformasi Kehidupan di Era Distruptif. Anak Hebat Indonesia.
Halimatussa’diyah. (2020). Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Multikultural. CV. Jakad MEdia Publshing.
Huang, Z., Li, W., & Hui, P. (2015). Ubii: Towards seamless interaction between digital and physical worlds. MM 2015 - Proceedings of the 2015 ACM Multimedia Conference, 341–350. https://doi.org/10.1145/2733373.2806266
Kambali, K., Ayunina, I., & Mujani, A. (2019). Tujuan Pendidikan Islam Dalam Membangun Karater Siswa Di Era Digital (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata). Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 1–19. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106
Khairi, & dkk. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Nilai Moral dan Etika Kebidanan. Cipta MEdia Nusantara.
Kumara, A., Virnanda, A., Azmi, L. S., & Auliani, R. R. (2019). Implementasi ilmu pengetahuan dalam perspektif Al- Quran sebagai upaya menghadapi tantangan zaman. Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 3(2), 114. https://al-fkar.com/index.php/Afkar_Journal/issue%0A/view/4
Lestariningsih, N., Mulyono, Y., & Ayatusa’adah, A. (2018). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman Dalam Kurikulum Dan Perkuliahan Program Studi Tadris Biologi. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 5(2), 39. https://doi.org/10.23971/eds.v5i2.763
LPMQ. (2021). Al-Qur’an Kemenag online. https://quran.kemenag.go.id
Mahfud, M. (2018). Mengenal Ontologi, Epistemologi, Aksiologi Dalam Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 4(1). https://doi.org/10.37348/cendekia.v4i1.58
Man, N. D., Puji, T. I. Z. T., & Mohamad, S. (2018). Menangani Keruntuhan Akhlak Masa Kini Menurut Islam. Jurnal Al-Turath, 3(1), 55–63.
Mansir, F. (2020). Diskursus Sains dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah dan Madrasah Era Digital. Kamaya: Jurnal Ilmu Agama, 3(2), 144–157. https://doi.org/10.37329/kamaya.v3i2.437
Muslih, M. (2016). Al-Qur’an dan Lahirnya Sains Teistik. Tsaqafah, 12(2), 257–280. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v12i2.756
Undang Undang Republik Indonesia No. 20, (2003).
Purwanto, A. (2015). Ayat-ayat Semesta Sisi-sisi al-Quran yang Terlupakan. Mizan.
Rukajat, A. (2018). Pendekatan Pendekatan Kuantitatif. Deepublish.
Sarwi. (2018). Integrasi Sains Islami Bidang Pendidikan Membentuk Karakter Positif Di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fisika Fitk Unsiq, 1(1), 3. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/semnaspf/article/view/116
Septianingtiyas, N. (2020). Konsep Dasar Sains 1. Lakeisha.
Simartama, J. dkk. (2021). Pengantar Teknologi Informasi. Yayasan Kita Menulis.
Strathern, P. (2003). Crick, Watson & DNA. Erlangga.
Sulthoni, A., Karima, I., & Tengah, J. (2017). Konsep Al-Qur ` An Dalam Menghadapi Era Modern ( Studi Penafsiran Abul Hasan Ali An-Nadwi atas Surat Al-Kahfi ) AL-QURAN IN RESPONSE TO GLOBAL ERA ( A Study On Interpretation Of Abdul Hasan Ali An-Nadwi Towards Al-Kahfi ). 21–29.
Suryana, D., Yulia, R., & Safrizal, S. (2021). Content Analysis of Al-Qur’an Science Integration in Children’S Animated Serial of Riko the Series on Hujan’S Episode. Ta’dib, 24(1), 93. https://doi.org/10.31958/jt.v24i1.2808
Tarigan, P. B. (2018). Pendidikan Karakter Dalam Al Qur’an Pada Kalangan Remaja Di Era Digital. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Undang Undang Dasar Negera Republik Indonesia, (1945).
Yusrianto, E. (2001). Difusi Inovasi Pendidikan Melalui Penataan Ingkungan Belajar Yang Mempengaruhi Keimanan Dan Ketagwaan. Al-Fikra, 01, 26–39.
Published
2021-12-27
How to Cite
Sugiyono, S., & Iskandar, I. (2021). Integrasi Sains dan Teknologi dalam Sistem Pendidikan Islam Menurut Pandangan Al-Qur’an. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 4(1), 127-144. https://doi.org/10.21093/sajie.v0i0.4102