Paradigma Psikologi Pendidikan: Tinjauan Filsafat Psikologi

  • Junita Sipahelut IAKN Ambon
Keywords: Paradigma, Psikologi pendidikan, Filsafat psikologi

Abstract

Artikel ini membahas paradigma psikologi pendidikan ditinjau dari filsafat psikologi. Berangkat dari kesadaran akan pentingnya nilai-nilai filosofis seperti ontologi, epistemologi, dan aksiologi, penulis mengkaji keterkaitan antara perkembangan psikologi pendidikan dan kebutuhan kontekstual Indonesia yang berakar pada nilai-nilai Pancasila. Tujuannya adalah untuk menganalisis dasar keilmuan, prinsip manusia, dan penerapan teori psikologi pendidikan yang disesuaikan dengan kearifan lokal. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap referensi filsafat ilmu, psikologi pendidikan, dan nilai-nilai filosofis pendidikan Indonesia. Hasil kajian menunjukkan bahwa integrasi epistemologi Barat dan kearifan lokal dapat membentuk pendekatan psikologi pendidikan yang holistik, mencakup dimensi kognitif, afektif, spiritual, dan sosial. Kesimpulannya, penguatan landasan filosofis dalam psikologi pendidikan sangat penting untuk membentuk kurikulum, metode pembelajaran, dan kebijakan pendidikan yang relevan dengan tantangan lokal dan global.

References

Al-Amad, S. (2017). Responsible Conduct of Research. In Research Ethics Forum
(Vol. 5, Issue March). https://doi.org/10.1007/978-3-319-65266-5_35 Allchin, D. (1999). Values in science: An educational perspective. Science and
Education, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.1023/A:1008600230536 Azzahra, F. (2024). Filsafat Ilmu dan Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam
Memecahkan Permasalahan Bernegara. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 69–75. https://doi.org/10.56393/decive.v4i2.2072
Bentley, J. (2024). Positivist or post-positivist philosophy of science? The left Vienna Circle and Thomas Kuhn. Studies in History and Philosophy of Science, 107(September), 107–117. https://doi.org/10.1016/j.shpsa.2024.08.003
Chakravartty. A. (2017). Scientific Realism. Stanford Encyclopedia of Philosophy. https://plato.stanford.edu/entries/scientific-realism/
Dan, T., Filsafat, F., & Pengembangan, D. (2023). Tujuan dan Fungsi Filsafat dalam Pengembangan ilmu. 4(1), 35–42.
Dupré, J. . (1993). The Disorder of Things: Metaphysical Foundations of the Disunity of Science. Harvad University. https://philpapers.org/rec/DUPTDO-2
Hanurawan, Fattah; Suhariadi, F. (2019). Filsafat Ilmu Psikologi (E. Anang (ed.); cetakan pe). PT. Remaja Rosdakarya Offset-Bandung.
Karianto, Y. P. W. (2024). Pancasila Sebagai Filsafat Ilmu Nasional. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(3), 97–103. https://doi.org/10.56393/decive.v4i3.2076
Khaldi, A., Bouzidi, R., & Nader, F. (2023). Gamification of e-learning in higher education: a systematic literature review. Smart Learning Environments, 10(1). https://doi.org/10.1186/s40561-023-00227-z
Kitcher. P. (2001). Science, Truth, and Democracy. Oxford University Press. https://academic.oup.com/book/4724
Kuhn, T. (2021). The structure of scientific revolutions. In Philosophy after Darwin: Classic and Contemporary Readings: Vol. II (Issue 2). https://doi.org/10.5840/philstudies196413082
Lacey, H. (2005). Is Science Value Free? In Is Science Value Free? https://doi.org/10.4324/9780203983195
Ladyman, J., & Ross, D. (2007). Every Thing Must Go: Metaphysics Naturalized. Oxford University Press. https://philpapers.org/rec/LADETM
Latif, Y. (2020). Negara Paripurna Pancasila ( idi subandy ibrahim (ed.)). PT Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books id=0NBtWmlj1soC&printsec=frontcover&hl=i d#v=onepage&q&f=false
Luthfiyah, L., & Lhobir, A. (2023). Ontologi , Epistimologi dan Aksiologi Filsafat Pendidikan. Jurnal Basicedu, 7(5), 3249–3254. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.6150
Matthews, M. R. (2024). Thomas Kuhn and Science Education: Learning from the Past and the Importance of History and Philosophy of Science. In Science and Education (Vol. 33, Issue 3). Springer Netherlands. https://doi.org/10.1007/s11191-022-00408-1
Muliadi, E., & Nasri, U. (2023). Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2420–2427. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1807
Muzakir, K., Aqlima, C. N., Simbolon, T., Agusrian, K., & Dongoran, R. (2024).
Filsafat sebagai Dasar Perkembangan Ilmu Pengetahhuan. Jurnal Ilmiah Nusantara, 1(4), 218–229.
Nurhidayah, D. (2017). Psikologi Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling.
Popper, K. (2005). The logic of scientific discovery. Routledge.
Pritchard, D. (2018). What Is This Thing Called Knowledge? In What Is This Thing Called Knowledge? https://doi.org/10.4324/9781351980326
Putri, K. S., Khairani, D. A., Abdurrahim, A., & Nasution, F. (2023). Sejarah Singkat Psikologi Pendidikan. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 472–479. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3070
Rescher N. (2005). Value Matters: Studies in Axiology. Ontos Verlag. shttps://doi.org/10.1515/9783110327755
Semadi, Y. P. (2019). Filsafat Pancasila Dalam Pendidikan Di Indonesia Menuju Bangsa Berkarakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 82–89. https://doi.org/10.23887/jfi.v2i2.21286
Sol, K., & Heng, K. (2022). Understanding epistemology and its key approaches in research. Cambodian Journal of Educational Research, 2(2), 80–99. https://doi.org/10.62037/cjer.2022.02.02.05
Thomas, H. (2021). Logic and Ontology. The Stanford Encyclopedia of Philosophy. https://plato.stanford.edu/entries/logic-ontology/
Published
2024-09-30