Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Media Permainan Berbasis Sains di TK Al-Usmani Samarinda
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif anak melalui media permainan berbasis sains di kelompok B TK Al-Usmani Samarinda.Penelitian ini dilaksanakan di kelompok B3 TK Al-Usmani Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan lima kali tindakan dalam satu siklus dengan empat tahapan: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek penelitian adalah 17 anak usia 5-6 tahun. Data penelitian diperoleh dari pengumpulan instrument melalui observasi, catatan lapangan dan dokumentasi.Hasil penelitian peningkatan kemampuan kognitif anak setelah dilakukan analisa data pada empat aspek penilaian yakni; mengamati, memprediksi, mengklasifikasi dan mengkomunikasikan terlihat ke empet aspek tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda dimana aspek mengamati dan mengklasifikasi secara keseluruhan anak mampu melakukannya, sedangkan aspek memprediksi dan mengkomunikasikan sebagian anak memiliki kemampuan yang rendah. Namun kemampuan kognitif anak secara keseluruhan pada prapenelitian mencapai 51%, siklus I mencapai 71% dan siklus II mencapai 80%. Metode bermain berbasis sains merupakan metode yang sangat tepat diterapkan dalam peningkatan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun.
References
Aliah B Purwakania Hasan, Psikologi Perkembangan Islam, Jakarta: PT. RajaDrafindo Persada, 2006
Hurlock Flizabeth B, Perkembangan Anak Jilis I Jakarta. PT. Glora Aksara Pratama, 1978
https://WWW.Search, Tahapan Perkembangan kognitif Anak Usia 5-6 Tahun diakses tanggal 12 September 20014
Jakman Hilda L, , Early Education Curriculum, A Child’s Connection To The World, Priented in the united States of America, 2012
Kementrerian Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan menengah Direktorat Pembina TK dan SD, Kurikulum Taman Kanak-kanak, Jakarta: Pedoman Pengembangan Silabus di Taman Kanak-kanak, 2010
Maimuna Hasan, PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), Jogjakarta : Bangun tapan 2010
Morrison George S. Morrison, Dasar-dasar Pendidikan Anak Usia Dini (AUD) Jakarta: PT. Indeks, 2012
Nugraha Ali, Perkembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini (tth)
Sadiman Arif S., dkk. Media Pendidikan Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2008
Santrok John W. Santrok, Perkembangan Anak Jilid I, Jakarta: Penerbit Erlangga, 2002
Soetopo Helyantini, Pintar Memakai Alat Bantu Ajar untuk Guru Anak Usia Dini, Jakarta: Erlangga, 2009
Sujiono Yuliani Nurani dkk, Metode pengembangan Kognitif, Jakarta Universitas terbuka, 2008
Sujiono, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, Jakarta: PT. Indeks, 2010
Suryadi, Cara Efektif Memahami Perilaku Anak Usia Dini, Jakarta: Adsa Mahkota,2007
Wahyuddin Uyu, Mubiar Agustin, Penilaian Perkembangan Anak Usia Dini, Panduan untuk guru, tutor, Fasilitator dan pengelola pendidikan Anak Usia Dini (tth)