Meningkatkan Kemandirian pada Anak Usia Dini Ditinjau dari Keterampilan Motorik Halus (Studi Literasi)

  • Sri Lestari Cahyaningsih Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Keywords: anak usia dini, fine motor skill, kemandirian

Abstract

Mengembangkan kemandirian anak usia dini membutuhkan waktu dan keaktifan orang tua. Kerjasama antara orang tua dengan pihak sekolah juga diperlukan agar kemandirian berkembang sebagaimana usia anak. Selain mengembangkan kemandirian, keterampilan motorik halus adalah hal mendasar yang sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemandirian. Untuk meningkatkan dan mengembangkan itu semua maka orang tua wajib memberikan bimbingan, memotivasi dan memfasilitasi agar kemandirian serta keterampilan motorik halus berkembang optimal. Memberi bimbingan secara perlahan dan intensif disesuaikan dengan kemampuan anak. Saat melakukan bimbingan maka dorongan juga diberikan guna menjaga semangat dan anak mau melaksanakan tugas yang diberikan. Selain itu memfasilitasi adalah  hal yang sangat diperlukan guna pengembangan kebutuhan anak.  Diperlukan cara yang efektif melalui permainan dan kegiatan rutin harian guna meningkatkan kemandirian dan keterampilan motorik halus. Mengembangkan keterampilan motorik perlu memperhatikan kekuatan otot-otot halus di lengan, tangan dan jari-jarinya agar terjadi koordinasi mata tangan saat melakukan aktifitas. Selain itu juga agar aktifitas yang dilakukannya semakin bermakna. Kegiatan harian seperti memakai dan melepas pakaian, mengkancingkan baju, merobek, meremas dan menggunting adalah bagian dari treatment pengembangan kemandirian dan keterampilan motorik halus.

References

Dewi, T.A., Widyasari, C. (2022). Keterlibatan orang tua dalam Mengembangkan Karaketr Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal: Obsesi.
Parker, D.K. Menumbuhkan Kemandirian dan Harga Diri Anak (Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2005), 226.
Pratama, D. (2018). “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Pendidikan Anak Di Desa Plasak Hilir Kecamatan Selimbau. Jurnal Anak Usia Dini.
Santrock, J.W., Perkembangan Anak, edisi kesebelas (Jakarta: Penerbit Erlangga, 2007), 216.
Setianingrum, W.N.E.S dan I (2016). “Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 3-4 Tahun di Kelompok Bermain Cendekia Kids School Madiun dan Implikasinya pada Layanan Konseling”. Jurnal: Care.
Sujiono, Y, Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: PT Indeks, 2009), 14
Sutini, A., Rahmawati, M., (2015). “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Model Pembelajaran BALS.” Jurnal: Cakrawala Dini.
Utami, T.W.P., Nasirun, M., & Ardina, M. (2019). “Studi Deskriptif Kemandirian Anak Kelompok B di PAUD Segugus Lavender”. Jurnal Ilmiah POTENSI.
Published
2023-09-30