Pengaruh Kebermaknaan Hidup terhadap Stres Kerja di Era New Normal pada Guru di SMAN 8 Banjarmasin

  • Gusti Mutia Rachmi UIN Antasari Banjarmasin
Keywords: Kebermaknaan hidup, Stres kerja, New normal

Abstract

Di bidang pendidikan, era new normal memungkinkan untuk melakukan kegiatan pembelajaran kembali di sekolah, namun tetap mematuhi protokol kesehatan. Dalam hal ini, siswa harus beradaptasi dengan perubahan kegiatan pembelajaran dari online ke offline. Penyesuaian seperti ini membuat guru lebih ekstra dalam membimbing siswa dan hal ini menyebabkan munculnya kondisi mental yang tidak sehat yang berdampak pada stres kerja. Stres kerja yang meningkat berdampak pada ketidakstabilan emosi seseorang, oleh karena itu perlu adanya penanganan yang dapat mengurangi stres kerja yang dirasakan, salah satunya dengan meningkatkan kebermaknaan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebermaknaan hidup terhadap stres kerja di era new normal pada guru di SMAN 8 Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode regresi linier sederhana, nilai signifikansi yang diperoleh adalah 0,000 (p < 0,05). Hipotesis penelitian diterima yaitu ada pengaruh antara kebermaknaan hidup terhadap stres kerja di era new normal pada guru di SMAN 8 Banjarmasin.

References

Adawiyah, Robiatul, Nur Fajriyatul Isnaini, Uswatun Hasanah, dan Nadia Risya Faridah. “Kesiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka pada era new normal di mi at-tanwir bojonegoro.” Jurnal Basicedu 5, no. 5 (2021): 3814–21.
Alfariz, Ahmad Saalik Hudan, dan Budi Muhammad Taftazani. “Tingkat Stress Penyalahguna Napza Saat Menjalani Rehabilitas Di Inabah XV Pondok Pesantren Suryalaya.” Share: Social Work Journal 10, no. 1 (2020): 29–39.
Bastaman, Hanna Djumhana. “Logoterapi: Psikologi untuk Menemukan Makna Hidup dan Meraih Hidup Bermakna.” Jakarta: PT. Raja Grafindo, 2007.
Fathonah, Siti, dan Cahya Ramadani Renhoran. “Gambaran Tingkat Stress Guru Madrasah Aliyah Di Jakarta Selatan Selama Masa Pandemi.” Jurnal Pendidikan Islam 12, no. 1 (2021): 57–71.
Hill, Clara E. Meaning in life: A therapist’s guide. American Psychological Association, 2018.
Khoirudin, Ahmad. Menemukan Makna Hidup. Jawa Barat: CV Jejak, Anggota IKAPI, 2021.
Ma’ruf, Muhammad Ghozali. “Hubungan Konsep Diri dan Self Control dengan Kebermaknaan Hidup.” Indonesian Psychological Research 1, no. 1 (2019): 11–24.
Neolaka, Amos. Metode Penelitian dan Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2014.
Ramadhan, Iwan, Ayu Manisah, Dini Agra Angraini, Diah Maulida, Sana Sana, dan Nurul Hafiza. “Proses Perubahan Pembelajaran Siswa dari Daring ke Luring pada Saat Pandemi Covid-19 di Madrasah Tsanawiyah.” EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan 4, no. 2 (2022): 1783–92.
Renny, Clauradita Angga. “Management Stress Kerja Guru SD Terhadap Beban Kerja Pada Masa Pandemi Covid-19.” Consilia: Jurnal Ilmiah Bimbingan dan Konseling 3, no. 3 (2020): 219–26.
RI, Depkes. “Profil Kesehatan Indonesia 2008.” Diakses 16 April 2022. http://www.depkes.go.id.
Riska, Nurfitriani. “Peran Guru Dalam Pengadaptasian Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19 Kepada Peserta Didik Baru (Kelas I A) DIMI MA’ARIF NU 01 Sokaraja Tengah, Banyumas.” Skripsi, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, 2021.
Ritonga, Berima, dan Esti Listiari. “Kebermaknaan hidup mahasiswa Sekolah Tinggi Theologia Nazarene Indonesia ditinjau dari tingkat religiusitasnya.” Jurnal Psikologi 2, no. 1 (2016).
Robbins, Stephen P., dan Timothy A. Judge. Perilaku Organisasi, trans. Diana Angelica. 12 ed. Jakarta: Salemba Empat, 2008.
Saefudin, Sri Wahyuni, dan Luthfi Hamdani Maula. “Menganalisis Peran Guru Mengenai Kesiapan Kegiatan Pembelajaran Dalam Mengahadapi Masa New Normal di Sekolah Dasar.” Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 3, no. 2 (2020): 105–9.
Sapuri, Rafy. Psikologi Islam: Tuntunan Jiwa Manusia Modern. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2009.
Sidik, Muh Iqbal Munawar Maulana. “Studi Eksploratif Faktor Penyebab Stres Kerja Guru SMK Muhammadiyah Garut.” Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2017.
Sitorus, Ayu S Theresia. “New Normal di Tengah Pandemi Covid-19.” Diakses 30 Agustus 2022. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-sidempuan/baca-artikel/13169/New-Normal-di-Tengah-Pandemi-Covid-19.html.
Sunaryo. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC, 2004.
Suryani, dan Hendryadi. Metode Riset Kuantitatif teori dan aplikasi pada penelitian bidang manajemen dan ekonomi Islam. Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP, 2015.
Ucu, Karta Raharja. “Psikolog: Guru & Siswa Perlu Penyesuaian Sekolah Tatap Muka.” Diakses 30 Agustus 2022. https://www.republika.co.id/berita/quj8tg282/psikolog-guru-siswa-perlu-penyesuaian-sekolah-tatap-muka.
Yuliana, Anindya Tria. “Hubungan Antara Kebermaknaan Hidup Dengan Stres Pada Pasien Hipertensi.” Skripsi, Fakultas Psikologi Dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia, 2019.
Published
2023-03-31