Strategi Guru dalam Memperkuat Karakter Religius Siswa Melalui Program Sekolah di MTs 05 Kalikuning Tulakan

  • Ani Rahmawati Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan
  • Sanjaka Yekti Institut Studi Islam Muhammadiyah Pacitan
Keywords: Strategi guru, Karakter Religius, Pendidikan karakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan oleh guru  dan kepala sekolah di MTs 05 Kalikuning untuk memperkuat karakter religius siswa melalui program-program sekolah. Pentingnya penelitian ini karena adanya krisis moral dan perilaku yang menyimpang yang semakin meningkat terutama dikalangan remaja, yang diperburuk oleh pengaruh buruk dari media sosial dan budaya populer. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini mengumpulkan data menggunakan observasi, wawancara, dan analisis dokumen tentang strategi penguatan pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan untuk memperkuat karakter religius siswa dengan pembelajaran yang berbasis nilai, pembiasaan ,keteladanan dan program keagamaan. Pendekatan terintegrasi ini dapat meningkatkan displin, tanggung jawab, serta nilai-nilai moral siswa, dan menciptakan lingkungan yang mendukung pengembangan karakter. Program-program seperti tahfiz, mabit, dan muhadhoroh tidak hanya mendukung pembelajaran akademis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai spiritual yang dapat membantu  perkembangan secara menyeluruh bagi siswa. Temuan ini juga menekankan pentingnya lembaga pendidikan dalam membekali siswa dengan karakter yang baik, sehingga siswa siap dalam menghadapi tantangan masa kini dengan bijak. Hasil penelitian ini mendorong pembuat kebijakan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk program pendidikan karakter, menekankan pengembangan karakter menjadi komponen penting dalam kurikulum disemua jenjang pendidikan.

References

Abdussamad, H. Z., & Sik, M. S. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.

Agung, M. Z. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Religius dalam Pembinaan Akhlak Peserta Didik di SMA Negeri 1 Tanjung Bintang. UIN Raden Intan Lampung.

Aini, F. Q., Yuli, R., Hasibuan, A., & Gusmaneli, G. (2024). Pendidikan Karakter sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. 3(4), 54–59.

Ardina Khoirunnisa, Fauzan, Ulva Rahmi, A. (2024). Penanaman Karakter Religius Melalui Program Tahfidz di MTsN 1 Lima Puluh Kota. 1(4), 205–216.

Ayudia, I., Bhoke, W., Oktari, R., Carmelita, M., Salem, V., Khairani, M., Mamontho, F., & Setiawati, M. (2023). Pengembangan Kurikulum. PT. Mifandi Mandiri Digital.

Dawam, A. (2024). Dampak Program Tahfidz Al-Qur ’ an terhadap Pengembangan Karakter Siswa di MA Darul Ishlah The Impact of the Tahfidz Al-Qur ’ an Program on Student Character Development at Ma Darul Ishlah JIIC : Jurnal Intelek Insan Cendikia. 1(November), 4909–4917.

Depdiknas. (2003). UU SISDIKNAS 2003 (p. H.5). Sinar Grafika.

Fathurrohman, M. (2015). Budaya Religius dalam Peningkatan Mutu Pendidikan: Tinjauan Teoritik dan Praktik Kontekstualisasi Pendidikan Agama di Sekolah. Kalimedia.

Fauzi, A., & Hasanah, A. (2024). Landasan Pendidikan Karakter dalam Pandangan Teori Perkembangan Moral Kognitif. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 7(1), 34–41.

Gunawan, H. (2022). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. In A. Saepulrohim (Ed.), Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1). Alfabeta.

Harahap, M. N. (2021). Analisis Data Penelitian Kualitatif Menggunakan Model Miles dan Hauberman. Manhaj-Stai Uisu Pematangsiantar, 18(2), 2643–2653.

Hasanah, A., Arifin, B. S., Daryaman, D., Firdaus, J., & Kameswara, D. (2021). Landasan Teori Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam. Bestari: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 18(1), 31. https://doi.org/10.36667/bestari.v18i1.637

Luthfiyah, R., & Zafi, A. A. (2021). Penanaman Nilaikarakter Religius Pendidikan Islam. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 5(02), 513–526.

Mahagiyani, M., & Sugiono, S. (2024). Buku Ajar Metodologi Penelitian. Poltek LPP Press.

Nazarudin, Nazarudin. (2020). Implementasi Fungsi Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Negeri se Kota Palembang.

Nelliraharti, N., Fajri, R., & Fitriliana, F. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik di Era Digital. Journal of Education Science, 9(1), 46. https://doi.org/10.33143/jes.v9i1.2883

Nizamuddin, S., Kurniawan, B., & SUbhan, M. (2024). Bambang Kurniawan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Syaifudin Jambi. Journal of Student Research (JSR), 2(1), 106–120.

Noza, A. P., & Wandira, R. A. (2024). Pentingnya Metode Belajar dalam Proses Pembelajaran. 8(4), 158–164.

Nur, M., Arsyad, A., Alang, S., & Shabir U, M. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter pada Peserta Didik di SMA Negeri 3 Takalar. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 76–93. https://doi.org/10.24252/idaarah.v8i1.42659

Pridayani, M., & Rivauzi, A. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Program Penguatan Pendidikan Karakter Religius Terhadap Siswa. An-Nuha, 2(2), 329–341. https://doi.org/10.24036/annuha.v2i2.188

Puspitasari, A., Muslimah, M., & Lutfi, S. (2024). Muhadhoroh sebagai Training Public Speaking dalam Meningkatkan Self-Confidence Siswa. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1276–1283. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1106

Rahayu, F. S. (2024). Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 130–134. https://doi.org/10.30653/001.202481.359

Rahmani, R., Putri, S., M. Isa Rani, & Hambali, H. (2021). Upaya Pembentukan Karakter Cinta Tanah Air Melalui Upacara Bendera pada Siswa SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa, 8(1), 42–52. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v8i1.1350

Rasyid, R., Fajri, M. N., Wihda, K., Ihwan, M. Z. M., & Agus, M. F. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Basicedu, 8(2), 1278–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i2.7355

Rifai, A., & Rusdiati. (2021). Pembinaan Karakter Melalui Kegiatan Malam Bina Iman dan Taqwa di SDIT An-Nahl Tabalong Ahmad. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 104–118.

Rukhmana, T., Mulyapradana, A., Baruno, Y. H. E., Karsim, K., Franchitika, R., & Ikhlas. (2024). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital Untuk Masa Depan Siswa Sekolah Dasar. Journal On Education, 06(03), 15795–15800.

Rusuli, I. (2022). Psikososial Remaja: Sebuah Sintesa Teori Erick Erikson dengan Konsep Islam. Jurnal As-Salam, 6(1), 75–89. https://doi.org/10.37249/assalam.v6i1.384

Safitri, Y. D., Karomi, I., & Faridl, A. (2024). Dampak Globalisasi terhadap Moralitas Remaja di Tengah Revolusi Digital. Jurnal …, 1(4), 72–80.

Shoumi, P. N., & Yuris, E. (2024). Peran Lingkungan Sekolah Dalam Pembentukan Karakter Siswa di SD Al Washilyah 15 Medan. 2(September), 84–88.

Sobihah, Z. (2020). Pendidikan Karakter (Akhlak) Menurut Perspektif Islam. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 4(1), 78–90.

Sofannah, I. A., Amrullah, M., & Wardana, M. D. K. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Budaya Sekolah. JPK: Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 115–125.

Sofia, A. R., Fadillah, I., Armayani, N., Lestari, S. I., & Khadija. (2022). Upaya Guru dalam Menanamkan Karakter Anak Usia Dini Di RA Al-Ghazali. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3), 1415–1424.

Solehudin Azmi, H., Suryana, N., & Hanafi, J. (2023). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian Terhadap Peserta Didik di SDN 1 Parakannyasag Kota Tasikmalaya). Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(1), 2023–2071.

Waruwu, F. (2024). Peran Pendidikan Karakter dalam Membentuk Sikap Positif terhadap Belajar Anak di Sekolah. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 11002–11008.

Wibowo, Y. R., Ayunira, L. M., & Rahelli, Y. (2024). Integrasi Teori Belajar Konstruktivisme dan Nilai-Nilai Pendidikan Islam. JIPI: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(4), 247–271.

Yusuf, A. S. (2023). Pembimbingan Karakter Religius pada Masyarakat Melalui Jam’iyah Tahlil di Dusun Tawangsari Desa Wotanngare Kecamatan Kalitidu Kabupaten Bojonegoro. IAIN Ponorogo.

Yusuf, N. M., & Ahsan, A. A. (2023). Gambaran Karakteristik Siswa Melalui Keteladanan Guru. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(4), 441–452.

Zahroh, S., & Na’imah, N. (2020). Peran Lingkungan Sosial terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini di Jogja Green School. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i1.6293.

Published
2025-05-30
How to Cite
Rahmawati, A., & Yekti, S. (2025). Strategi Guru dalam Memperkuat Karakter Religius Siswa Melalui Program Sekolah di MTs 05 Kalikuning Tulakan. Borneo Journal of Islamic Education, 5(1), 63-77. https://doi.org/10.21093/bjie.v5i1.10296