Implementasi Metode Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Capaian Belajar Siswa Materi Surah Al Bayyinah di MDTA Baabussalam
Abstract
Abstract
Within the context of Islamic education, educators assume a pivotal role in fostering an engaging and culturally suitable learning environment for students. However, the implementation of Quranic education frequently encounters obstacles, particularly in achieving optimal learning outcomes. Focus of this study is to enhance the learning outcomes of fifth-grade at MDTA Baabussalam in relation to the surah Al-Bayyinah. The approach employed is the TGT, with a snakes and ladders game serving as the medium. The impetus for this study stems from the underperformance of students in comprehending the contents of the surah. The methodology employed is Classroom Action Research, comprising two cycles, each encompassing planning, implementation, observation, and reflection stages. The assessment instruments consist of 10 multiple-choice and 5 essay. The analysis employed a combination of qualitative and quantitative techniques to comprehensively describe the results. The findings indicated a substantial enhancement in students' learning outcomes, with a transition from 10% in the pre-cycle to 50% in Cycle I and an escalation to 95% in Cycle II. These finding serves to substantiate the efficacy of the TGT method in enhancing students' comprehension of the Qur'anic text, particularly Surah Al-Bayyinah.
Keywords: Student Learning Outcomes, Surah Al Bayyinah, Teams Games Tournament
Abstrak
Dalam konteks pendidikan Islam, pendidik memegang peran sentral dalam menghadirkan lingkungan belajar yang menarik dan sesuai dengan budaya bagi siswa. Namun, implementasi pendidikan Al-Quran seringkali menghadapi hambatan, terutama dalam mencapai capaian belajar yang optimal. Fokus penelitian ini adalah untuk meningkatkan capaian belajar siswa kelas lima di MDTA Baabussalam terkait surah Al-Bayyinah. Pendekatan yang digunakan adalah TGT, dengan permainan ular tangga sebagai media. Dorongan untuk penelitian ini berasal dari kinerja siswa yang kurang memuaskan dalam memahami isi surah Al-Bayyinah. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari 2 siklus, masing-masing meliputi tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Alat penilaian terdiri dari 10 pertanyaan PG dan 5 pertanyaan esai. Analisis menggunakan kombinasi teknik kualitatif dan kuantitatif untuk menggambarkan capaian secara komprehensif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang besar dalam capaian nilai siswa, dengan persentase yang meningkat dari 10% pada pra-siklus menjadi 50% pada Siklus I dan meningkat menjadi 95% pada Siklus II. Temuan ini menunjukkan bahwasanya pendekatan TGT, menggunakan bentuk permainan ular tangga, dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap Surah Al Bayyinah.
Keywords: Capaian Pembelajaran Siswa, Surah Al Bayyinah, Teams Games Tournament
References
A.A. Oka Suciati. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Visual Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Iiic Sd Tunas Harapan Jaya Denpasar. Widya Accarya, 11(2), 216–230. https://doi.org/10.46650/wa.11.2.983.216-230
Annisah Kurniati, Nurul Jannah, D. F. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments terhadap Pemahaman Konsep Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 051–062. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v4i1.11334
Apit Dulyapit, S. L. (2024). Metode Ceramah Dalam Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah: Analisis Literatur Tentang Implementasi Dan Dampaknya. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 45–56. https://doi.org/https://doi.org/10.47498/ihtirafiah.v4i2.4249
Butar-Butar, N., Nurmawati, N., & Ananda, R. (2023). Pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berbasis kontekstual untuk meningkatkan capaian hasil belajar. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(2), 792. https://doi.org/10.29210/1202323179
Handayani, L. P., & Nurlizawati, N. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Sosiologi Kelas Xl IPS 1 SMAN 1 Lubuk Basung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 363–368. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.57
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hasani, M., Helandri, J., & Yunus, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Pai Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas XI Di SMA Ar-Risalah Kota Lubuklinggau. Ej, 5(2), 249–270. https://doi.org/10.37092/ej.v5i2.491
Hasidin, F., & Ridwan, M. (2024). Problematika Guru dalam Mengelola Pembelajaran Al-Qur ’ an Hadits. Taksonomi: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 4(1), 45–53. https://doi.org/https://doi.org/10.35326/taksonomi.v4i1
Husna, R., Zulmuqim, Z., & Zalnur, M. (2022). Pendidikan Diniyah: Dinamika TPQ-TQA dan MDT (Awu) dan Sejenisnya Dalam Pengembangan Pendidikan Islam di Indonesia. Jurnal Kawakib, 3(1), 23–31. https://doi.org/10.24036/kwkib.v3i1.33
Irawan, L. A. dan dodi. (2023). Pentingnya Mengenalkan Alqur’an Sejak Dini Melalui Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia(PJPI), 1(1), 13–20. https://doi.org/10.00000/pjpi.xxxxxxxx
Khaulah, S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Ketika Bumi Berhenti Berputar Pada Siswa Kelas VI SDN Maron Kidul I Kecamatan Maron Kabupaten Proboinggo Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pembelajaran Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 445–454. https://doi.org/10.28926/jpip.v2i4.577
Laila Nursafitri, Arif Mahya Fanny, M. Haris Hermanto, Ikhsan Irsyadi, Asfah Nur Halimah, &
Syarifatul Hidayah. (2023). Pengembangan Media Ular Tangga Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Bagi Siswa Sekolah Dasar Di Lampung Timur. Inventa, 7(1), 90–101. https://doi.org/10.36456/inventa.7.1.a7978
Machali, I. (2022). Bagaimana Melakukan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru? Indonesian Journal of Action Research, 1(2), 315–327. https://doi.org/10.14421/ijar.2022.12-21
Mamonto, S. (2025). Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament ( Tgt ) Pada Materi Shalat Gerhana , Istiska Dan Jenazah Di Kelas VIII B SMP Negeri 4 Sang Tombolang. Al-Minhaj: Jurnal Pendidikan Islam, 6(4), 609–620. https://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/alminhaj/article/view/6152%0A
Maryati, Y. S., Saefullah, A. S., & Azis, A. (2025). Landasan normatif religius dan filosofis pada pengembangan metodologi pendidikan agama islam. Qolamuna : Keislaman, Pendidikan, Literasi Dan Humaniora, 1(2). https://doi.org/http://jurnal.qolamuna.id/index.php/elbadr
Masdalova, D. (2020). Impelementasi Metode Card Short Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an Hadits pada Siswa Kelas III MDTA Nurul Huda Desa Sungai Kuning Kecamatan Singingi. Jom Ftk Uniks, 1(2), 145–152. https://ejournal.uniks.ac.id/index.php/JOM/article/view/659
Najamudin, N. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PAI Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Siswa Kelas VII A SMP Negeri 1 Woha Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 5(6). https://doi.org/10.58258/jupe.v5i6.1641
Novia Kusumaningrum, & Bambang Ismanto. (2023). Implementasi Model Tgt Berbantu Media Gayang Sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Ipas Kelas V Sekolah Dasar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(04), 2532–2542. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i04.1852
Noviana, ’Aina. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar PAI. Gunung Djati Conference Series, 10, 375–384. https://conferences.uinsgd.ac.id/index.php/
Nur Khasanah, F., & Aditia Rigianti, H. (2023). Upaya Guru Dalam Menghadapi Peserta Didik Yang Mengalami Kebosanan Saat Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Renjana Pendidikan Dasar, 3(4), 266–269. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/507%0A
Nur Maghfiroh, Wirawati, B., & Suliyastuti, N. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Materi Perkalian Melalui Model Kooperatif tipe Teams Games Tournament ( TGT ) Siswa Kelas IV-A SDN Pakis 1 Surabaya. Jurnal Arjuna: Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(6), 84–96. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i6.1308
Nurhikmawati, A. P., Alfan, I., & Ratnawati, E. (2024). Inovasi Pembelajaran Ips Melalui Metode Team Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JSPH : Jurnal Sosial Politik Humaniora, 1(2), 1–7. https://doi.org/https://doi.org/10.59966/jsph.v1i2.1310
Putri Lailiyatul Azizah, S. H., & Sifa Ikhsaniandita Rizqiyah, M. Makbul, N. A. F. (2024). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Menggunakan Metode Teams Games Tournament Pada Mata Pelajaran PAI. Al-Mau’izhoh, 6(1), 634–643. https://doi.org/10.31949/am.v6i1.9560
Rahayu, S., Fatmaryanti, S. D., & Ngazizah, N. (2025). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Teams Games Tournament ( TGT ) dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 461–472. https://doi.org/https://doi.org/10.58230/27454312.1833
Saefullah, A. S. (2024). Penerapan Program Taḥqik (Taḥfīdẓ, Qirā’Ah, Kitābah) Pada Pembelajaran Al-Qur’an Di Sdit Al-Hikmah Kota Cirebon. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 3108–3122. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.13746
Sirajuddin Saleh. (2023). Mengenal Penelitian Kualitatif: Panduan Bagi Peneliti Pemula (1st ed.). Agma.
Siti Kurniawati, Santi Lisnawati, S. (2023). Pengaruh Metode Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI. Jurnal Dirosah Islamiyah Volume, 6(3), 704–713. https://doi.org/10.17467/jdi.v6i3.2399
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D (26th ed.). Alfabeta.
Titin Yuniartin, Imas Masru’ah, Ahmad Jauhari, J. (2024). Penerapan Metode Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Mis Nurul Amal. Jurnal Tahsinia, 5(8), 1198–1208. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v5i8.605
Verawati, R. Y., Mastur, M., & Sufyadi, S. (2024). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi melalui Model Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Bamboozle. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 2128–2136. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6591
Yudin Citriadin. (2019). Pengantar Pendidikan (1st ed.). Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Mataram.