Persepsi Mahasiswa terhadap Pelayanan Administrasi Tata Usaha di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
Abstract
Abstrak
Penelitian ini dilakukan di Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda tepatnya di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Penelitian ini di dasari boleh beberapa keresahan dari mahasiswa mengenai pelayanan administrasi tata usaha yang ada di FTIK UINSI Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan mewawancarai 40 mahasiswa dari berbagai program di FTIK UINSI Samarinda dan semester yang berbeda Selain itu, penelitian ini bermaksud untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pelayanan administrasi tata usaha serta membantu memberikan solusi untuk kekurangan yang masih ada. Fokus penelitian ini adalah pelayanan dalam administrasi tata usaha yang memberikan persepsi tersendiri terhadap mahasiswa FTIK UINSI Samarinda dalam penerimaannya Sehingga diperolehlah hasil mengenai hal ini yaitu dalam pelayanan administrasi tata usaha di FTIK UINSI Samarinda dalam kacamata mahasiswa bisa dikatakan sudah baik namun masih banyak hal-hal yang perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi. Baik itu dari segi profesionalitas pegawainya dalam melayani, kondisi ruangan tata usaha, jumlah loket, pengadaan sarana dan prasarana serta penyampaian informasi mengenai administrasi kepada mahasiswa.
Kata Kunci: administrasi, tata usaha, pelayanan dan mahasiswa
References
“Administrasi Ketatausahaan Sekolah (1).” n.d.
Amiruddin. 2017. “Kinerja Pegawai Tata Usaha Dengan Mutu Layanan Administrasi.” Al-Idarah : Jurnal Kependidikan Islam 7 (1): 126–45.
Ardiana, Sri, and Bambang Suratman. 2020. “Pengelolaan Arsip Dalam Mendukung Pelayanan Informasi Pada Bagian Tata Usaha Di Dinas Sosial Kabupaten Ponorogo.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9 (2): 335–48. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p335-348.
Dr (C). Ijrus Indrawan, S,Pd,I, dkk. 2021. ADMINISTRASI PENDIDIKAN. Edited by M.Pd dan Tim Qiara Media Dr. H. Kasful Anwar Us. Pasuruan, Jawa Timur: CV. Penerbit Qiara Media.
Elviera, Chyntia Dewi, Dedi Irawan, and Dwitya Nafa Syafrina. 2019. “Pengembangan Tata Usaha Sekolah Berbasis Teknologi Informasi.” MUKADIMAH: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial 3 (1): 1–6. https://doi.org/10.30743/mkd.v3i1.676.
Febriani, Reszyi. 2014. “Persepsi Guru Terhadap Pelayanan Administratif.” Jurnal Administrai Pendidikan 2 (1): 606–13.
Indahsari, Nur, M. Amin Jamaluddin, and Syamsul Huda. 2021. “PENINGKATAN PROFESIONALISME TENAGA KEPENDIDIKAN DI MTs PONDOK KARYA PEMBANGUNAN AL-HIDAYAH KOTA JAMBI.” JMiE (Journal of Management in Education) 5 (1): 11–16. https://doi.org/10.30631/jmie.2020.51.11-16.
Kurniawan, Muhammad Nur dan Syahrani. 2021. “Pengadministrasi Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Lembaga Pendidikan.” Adiba: Jurnal Of Education 1 (1): 70.
Nurussalami. 2020. “Kompetensi Kepala Tata Usaha Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Pendidikan.” Jurnal Intelektualita: Kajian Pendidikan, Manajemen, Supervisi Kepemimpinan, Psikologi Dan Konseling 9 (2): 110–24.
Said, Wildana Rahma, and Syamsurijal Basri. 2022. “Manajemen Layanan Ketatausahaan Di Sekolah Menengah Atas Negeri.” Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P) 3 (1): 23. https://doi.org/10.26858/jak2p.v3i1.9771.
Setiawardani, Maya. 2018. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Politeknik Negeri Bandung.” Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi 4 (1): 40. https://doi.org/10.35697/jrbi.v4i1.991.
Sulistyawati, Ni Made. 2015. “Kepuasan Pelanggan Restoran Indus.” E- Jurnal Manajemen Unud 4 (8): 2318–32. http://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/jbsuta/article/viewFile/959/667.
Sumarni, Yenti. 2019. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Akademik Dan Kemahasiswaan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Iain Bengkulu.” Jurnal BAABU AL-ILMI: Ekonomi Dan Perbankan Syariah 3 (1): 71–91. https://doi.org/10.29300/ba.v3i1.1474.
Yusa, Mochammad, Asep Sofwan F Alqap, Helmizar, and Nurul Hidayati. 2021. “Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Pelayanan Akademik Di Fakultas Teknik Universitas Bengkulu.” Jurnal Bisnis , Manajemen, Dan Informatika 18 (II): 103–18. https://doi.org/10.26487/jbmi.v18i2.14104.
Zakhiroh, Rufqotuz. 2013. “Pengaruh Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah Terhadap Kualitas Layanan Administrasi Non Akademik.” Didaktika 19 (2): 59–70.
Zurni Zahara Samosir. 2005. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Perpustakaan USU.” Jurnal Studi Perpustakaan Dan Informasi Vol 1 (No 1): 28–36.